x

4 Skenario agar Argentina Lolos ke Piala Dunia 2018

Rabu, 6 September 2017 10:08 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Lionel Messi (kiri) dan Mauro Icardi.

Jalan terjal harus ditapaki oleh Timnas Argentina untuk melaju ke Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia. Hal ini terjadi tak lepas dari hasil yang mereka dapatkan dalam pertandingan melawan Venezuela beberapa menit yang lalu.

Ya, Lionel Messi dan kawan-kawan baru saja ditahan imbang oleh Venezuela dengan skor 1-1 dalam laga tersebut. Ironisnya lagi, mereka justru sempat tertinggal lebih dulu dan gol penyama kedudukan bahkan terjadi karena gol bunuh diri.

Situasi ini membuat mereka harus puas berada di urutan kelima klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL dengan torehan 24 poin dari 16 pertandingan.

Baca Juga

Posisi kelima merupakan posisi terakhir untuk tim yang bisa melaju ke Piala Dunia 2018, hanya saja mereka harus kembali berjibaku di babak play-off.

Skuat Timnas Argentina.

Pastinya, tim besutan Jorge Sampaoli ini lebih memilih langkah mudah dengan lolos secara otomatis ke Piala Dunia, ketimbang harus melalui babak play-off.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan dan didoakan oleh Tim Tango untuk bisa bermain di ajang empat tahunan tersebut.

Berikut ini INDOSPORT merangkum beberapa skenario yang bisa membuat Timnas Argentina lolos ke Piala Dunia 2018:


1. Wajib Menang

Gonzalo Higuain dikawan ketet pemain Peru.

Zona CONMEBOL tinggal menyisakan dua pertandingan lagi. Mereka akan melawan penghuni posisi keempat klasemen sementara, Peru yang juga memiliki poin yang sama, yakni 24 namun Peru unggul dalam selisih gol atas Argentina.

Laga ini akan digelar pada tanggal 5 Oktober 2017 mendatang, setelah itu pada tanggal 11  Oktober 2017, mereka akan melawan Ekuador di posisi kedelapan yang memegang 20 poin.

Dua pertandingan ini tentu sangat, sangatlah penting. Mengingat kedua lawan Argentina ini juga membutuhkan kemenangan untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2018.

Di atas kertas, Argentina memang sangatlah diunggulkan jika dibandingkan kedua negara tersebut. Namun perlu diingat lagi, ini adalah pertandingan sepakbola, di mana segalanya bisa saja terjadi.

Berkaca pada laga-laga sebelumnya, Argentina sempat ditahan imbang oleh non-unggulan seperti Paraguay dengan 0-0 (14/10/15), takluk dari Bolivia dengan skor 0-2 (29/03/17).

Bahkan, mereka juga pernah dikalahkan oleh Ekuador dengan skor 0-2 (09/10/15) dan ditahan imbang Peru dengan skor 2-2 (07/10/16) pada pertemuan pertama.

Artinya, Tim Tango harus benar-benar tampil maksimal dan wajib mengakhiri pertandingan dengan kemenangan dalam dua laga sisa demi meraih tiket Piala Dunia 2018.


2. Tiga Negara di Bawahnya Kalah

Situasi pertandingan Argentina vs Paraguay.

Jika berhasil menang, dalam dua laga terakhir, maka Argentina tentu harus berharap tiga negara di urutan bawah mereka gagal menang.

Ketiga negara itu adalah Chile, Paraguay, dan Ekuador. Setidaknya, ketiganya harus kalah minimal satu kali demi memudahkan langkah Argentina lolos ke babak selanjutnya.

Hanya saja, cara ini merupakan cara paling terakhir agar Argentina lolos ke Piala Dunia 2018 dengan melalui jalur babak play-off.

Dengan kata lain, mereka mempertahankan posisi kelima untuk mengambil langkah aman. Kemudian berjuang mati-matian di babak play-off melawan negara-negara lain dari zona lain yang juga berada dalam babak yang sama.


3. Tiga Negara di Atasnya Tidak Meraih Poin Penuh

Selebrasi Radamel Falcao bersama pemain Kolombia usai mencetak gol.

Jika ingin tiket Piala Dunia 2018 dengan langkah yang aman, maka selain memetik dua kemenangan pada dua laga sisa dan berharap tiga negara di bawahnya takluk, maka Argentina juga tentunya berharap keajaiban lain.

Keajaiban itu adalah tiga negara di atasnya, seperti Uruguay yang menempati urutan kedua dengan torehan 27 poin, Kolombia yang di urutan ketiga dengan torehan 26 poin, serta Peru yang berada di urutan ke 24 poin gagal meraih kemenangan.

Setidaknya, ketiganya hanya meraih hasil imbang dalam dua laga sisa, demi memudahkan mereka masuk ke posisi empat besar.

Dalam hal ini, tentu sangat sulit jika mengharapkan hal tersebut. Satu-satunya cara yang paling aman adalah mereka harus bisa meraih kemenangan atas Peru dan berharap Peru kembali gagal pada laga pamungkas saat melawan Kolombia.


4. Fokus pada Diri Sendiri

Skuat Timnas Argentina.

Tidak ada salahnya memang jika berharap para pesaing lawan tumbang demi memudahkan langkah kita untuk melaju ke kompetisi yang diinginkan.

Begitulah sepertinya hal yang juga tertanam pada beberapa penggawa Timnas Argentina pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL ini.

Namun, tentu lebih baik jika fokus pada diri sendiri. Artinya, Argentina harus benar-benar bisa fokus untuk meraih kemenangan pada dua laga tersisa.

Masalah lolos secara otomatis atau harapan kandidat yang lain agar gagal harus dikesampingkan dulu. Sebab, jika mereka memikirkan hal tersebut, pastinya konsentrasi menjadi terganggu.

Setidaknya, jika Argentina mampu meraih dua kemenangan pada dua laga terakhir, maka mereka akan meraih 30 poin di akhir klasemen.

Jumlah poin yang pastinya memungkinkan mereka untuk lolos ke Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia.

ArgentinaPiala DuniaKualifikasi Piala Dunia 2018Bola Internasional

Berita Terkini