x

Ini Pembelaan Koeman Perihal Kritik Mourinho terhadap Everton

Senin, 18 September 2017 14:26 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Ronald Koeman dan Jose Mourinho.

Pelatih Jose Mourinho berpikir bahwa Everton seharusnya bisa menduduki peringkat empat besar. Pernyataan yang diklaim oleh pelatih Man United itu berdasarkan pada aktivitas yang dilakukan The Toffees dalam bursa transfer musim panas kemarin.

Pasalnya pada jendela transfer kemarin, Everton sudah menghabiskan dana mencapai 140 juta poundsterling atau sekitar Rp2,5 triliun untuk membeli beberapa pemain dari klub lain. Dana besar yang sudah dikeluarkan oleh pihak klub itu sejatinya bisa membangkitkan kekuatan skuat asuhan Ronald Koeman.

Jose Mourinho saat laga melawan Everton.

Oleh sebab itu, berdasarkan pengeluaran yang dilakukan oleh The Blues, Mourinho pun mengumbar Ronald Koeman seharusnya bisa memberikan target empat besar.

Pernyataan dari Mourinho pun mendapatkan tanggapan dari Koeman sendiri. Sebagaimana diberitakan Sportskeeda (18/09/17), pelatih asal Belanda itu mengumbar bahwa pendapat dari Mourinho tidaklah sejalan dengan pemikirannya.

Ronald Koeman dalam jumpa pers.

"Setiap manajer mempunyai keraguan dalam kehidupannya. Tidak ada yang tidak mempunyai keraguan dalam sepakbola, terlebih yang merupakan seorang manajer," ucap pelatih berusia 54 tahun itu.

"Jika Anda tidak menang dan Anda mempunyai pemain besar di skuat Anda, Anda mempunyai keraguan mengenai sistem. Namun hal itu normal. Saya bertanya kepada diri sendiri, jika Mkhitaryan mendapatkan satu tahun untuk beradaptasi di Liga Primer Inggris, mungkin saya akan memberikan delapan pemain saya satu musim untuk beradaptasi," jelas mantan pelatih Southampton tersebut.

Baca Juga

"Itu bagus karena saya membaca program United dan rekan saya (Mourinho) membicarakan tentang Everton, menghabiskan 140 juta pounds, dan kami harus masuk dalam empat besar."

"Maaf, tapi jika ada orang yang melihat (klaim Mourinho) sebagai sesuatu yang realistis dan mungkin bagi Everton, silakan datang. Jadilah realistis. Mari berbicara di akhir musim. Saya tidak senang dengan bagaimana kami memulai musim ini, tapi tetaplah realistis mengenai Everton. Itu dimulai dari semua orang, fans, media-kami membutuhkan waktu," tutup mantan pemain Timnas Belanda itu.

Para pemain Everton tepuk tangan sebagai bentuk apresiasi kepada para fans.

Memang, di awal musim ini, The Toffees belum mampu menorehkan rekor yang positif. Hal tersebut terlihat dalam lima pertandingan di Liga Primer Inggris, Wayne Rooney dkk baru mencatat satu kemenangan. Sementara satu laga lainnya diakhiri dengan hasil imbang dan sisanya kekalahan.

Torehan buruk itu membuat anak asuh Koeman baru mengumpulkan empat poin dan membuat peringkat mereka terpuruk di posisi ke-18 pada klasemen sementara Liga Primer Inggris 2017/18.

Manchester UnitedJose MourinhoRonald KoemanEvertonLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini