x

3 Alasan yang Buat Persib Jadi Opsi Pas Bagi Egy Maulana

Selasa, 19 September 2017 18:33 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
Egy Maulana Vikri.

Penampilan gemilang Egy Maulana di Piala AFF U-18 2017 yang baru saja selesai membuat namanya banyak dibicarakan publik sepak bola nasional. Aksi-aksinya saat menggiring bola maupun mencetak gol menjadi tema yang banyak dibahas. Dari mulai di warung kopi hingga cafe, bahasannya sama saja: soal aksi-aksi hebat Egy di atas lapangan.

Tapi tema yang paling panas soal Egy saat ini adalah mengetahui klub yang akan dijadikan tempat mengasah kemampuannya. Sejumlah klub elite Indonesia sudah terang-terangan menyatakan ketertarikan untuk mendapatkan pemain kelahiran Medan, 7 Juli 2000 itu. Seperti Bali United dan Persib Bandung yang sudah menyiapkan kontrak menggiurkan untuk mengikat salah satu taleta muda yang dimiliki Indonesia tersebut.

Jika membandingkan antara Bali United dengan Persib Bandung, INDOSPORT cenderung lebih menyarankan Egy untuk bergabung dengan klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat tersebut. Kenapa? Berikut 3 alasan yang akan membuat Egy lebih cocok bergabung dengan Persib.

Baca Juga

1. Pembinaan Pemain Muda Persib yang Tertata

Pertemuan pertama Persib Bandung U-19 vs Persija Jakarta U-19 yang berakhir dengan skor 2-1.

Bisa dibilang, Persib adalah satu-satunya klub LIga 1 yang punya pembinaan pemain muda secara berjenjang. Diklat Persib yang telah disempurnakan sejak 2013 itu punya pembinaan pemain di kategori U-14, U-15, U-17, U-19, dan U-21. Jebolan dari Diklat Persib ini sudah banyak yang menjadi andalan di sejumlah klub Liga 1 maupun Liga 2. Sebut saja Saeful Anwar (Borneo FC), Hanif Sjahbandi (Arema), Asep Berlian (Madura United), atau Sutanto Tan (Persija).

Bahkan Persib pun membentuk tim Maung Anom yang menjadi sarana bagi tim muda mereka untuk mengasah kemampuan dan mental bertanding. Maung Anom saat ini menjadi salah satu peserta Liga 3 dan mampu lolos ke babak 8-besar. Skuat Maung Anom sepenuhnya diisi para pemain binaan Diklat Persib. Terutama di kategori U-21 yang siap naik kelas menjadi pemain profesional.

Kalaupun Egy tidak langsung dimasukkan ke dalam daftar pemain tim utama Persib, ada tim junior yang bisa menjadi sarana meningkatkan kemampuan dan kematangan sebagai pemain. Tidak harus berlama-lama duduk di bangku cadangan.

Baca Juga

2. Egy Bisa Bermain dalam Banyak Skema Permainan Persib

Egy Maulana Vikri tengah mengeksekusi bola depan gawang Brunei.

Gaya bermain Egy dinilai bakal cocok dengan skema permainan Persib. Gaya individualnya saat menggiring bola pun mirip dengan yang diperagakan Febri Hariyadi bersama tim utama Maung Bandung. Powerfull dan sangat mengandalkan kecepatan penuh dalam melakukan penetrasi.

Terlebih Persib termasuk tim yang memang doyan memulai serangan dari sisi sayap. Para pemain bertipe winger selalu ada dalam skuat Persib setiap musim. Bahkan musim ini setidaknya ada empat pemain winger yang ada di daftar tim utama Persib. Musim ini Persib memiliki Febri, Atep, Tantan, dan Shoei Matsunaga yang berposisi sebagai winger.

Egy yang kerap beroperasi di sektor sayap adalah tambahan sempurna bagi gaya bermain Persib. Apalagi, dia pun bisa bermain di sisi kiri maupun kanan. Bahkan ketika dibutuhkan, Egy bisa menjadi false nine yang sempurna bagi Persib.

Artinya akan selalu ada tempat bagi Egy untuk terus mengembangkan talenta istimewa yang dimilikinya bersama Persib. 

Baca Juga

3. Kesempatan Bermain di Tim Utama Cukup Besar

Egy Maulana Vikri melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya.

Persib dan beberapa tim peserta Liga 1 termasuk yang konsisten memberi kepercayaan kepada pemain muda yang mereka miliki. Bahkan setelah PT Liga Indonesia Baru mencabut aturan memainkan pemain U-21 ke bawah, Persib tetap konsisten menurunkan pemain muda.

Selain Febri Hariyadi di lini depan, Maung Bandung juga berani mempercayakan pos lini belakang kepada Henhen. Selain itu, bagi pemain muda yang punya performa apik seperti Billy Keraf pun masih diberikan kesempatan tampil meski menit bermainnya lebih sedikit dibanding dua pemain muda andalan Persib tersebut.

Egy, dengan segala talenta yang dimilikinya, tentu akan sangat sayang jika hanya sering duduk di bangku cadangan. Dengan kata lain, peluang Egy untuk tampil bersama tim utama Persib cukup besar. Apalagi, pemain winger lain seperti Tantan dan Atep mulai digerogoti usia sehingga tidak bisa selalu dijadikan andalan di tiap pertandingan.

Baca Juga
Persib BandungTimnas u-19Liga IndonesiaEgy Maulana Vikri

Berita Terkini