x

5 Calon Pengganti Carlo Ancelotti di Bayern Munchen

Jumat, 29 September 2017 06:02 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Carlo Ancelotti.

Baru semusim melatih Bayern Munchen, Carlo Ancelotti harus menerima kenyataan pahit. Dirinya baru saja dipecat oleh Munchen usai memberikan penampilan yang buruk pasca lakoni pertandingan kedua di babak grup Liga Champions 2017/18.

Pada pertandingan tandang di markas Paris Saint-Germain, Kamis (28/09/17), anak asuh Ancelotti harus menerima kekalahan menyakitkan 0-3. Usai performa buruk tersebut, pihak Die Bayern pun mengambil keputusan untuk memecat pelatih mereka dari kursi kepelatihan.

Penampilan yang tidak sesuai dengan ekspektasi pihak klub pun membuat CEO Munchen, Karl-Heinz Rummenigge mengambil keputusan memecat Don Carlo. Tidak hanya pria berusia 58 tahun saja yang didepak, beberapa staf lainnya seperti Davide Ancelotti, Giovanni Mauri, Francesco Mauri, dan Mino Fulco terpaksa harus pergi dari Allianz Arena.

Kepergian Ancelotti pun membuat kursi kepelatihan menjadi kosong. Meskipun saat ini pihak klub sudah menunjuk asisten pelatih Willy Sagnol untuk mengemban tanggung jawab itu, namun hanya bersifat sementara saja.

Baca Juga

Menilik hal itu, kini INDOSPORT merangkum lima pelatih mana saja yang berpotensi mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Carlo Ancelotti di Bayern Munchen.


1. Thomas Tuchel

Thomas Tuchel.

Mantan pelatih Borussia Dortmund, Thomas Tuchel dikabarkan menjadi kandidat pengganti Carlo Ancelotti di Bayern Munchen, sebagaimana diberitakan Sportskeeda (28/09/17).

Saat ini, Tuchel sendiri tidak menjabat sebagai pelatih di klub mana pun usai dirinya dipecat oleh BVB di akhir musim 2016/17 kemarin. Menurut laporan, pelatih berusia 44 tahun itu sebelumnya dikaitkan dengan Chelsea untuk mengganti Antonio Conte. Namun, Conte hingga saat ini masih menjabat statusnya di Stamford Bridge.

Ada pula tim West Ham United yang menjadi klub terakhir yang dihubungkan dengan Tuchel. Namun, pria asal Jerman itu dikabarkan memberikan penolakan.

Kini, mantan pelatih Mainz 05 itu pun diisukan bisa mengisi posisi yang tinggalkan oleh Ancelotti di Munchen usai dipecat. Sebab, pihak klub mempunyai keinginan untuk menunjuk manajer yang mempunyai banyak pengalaman di Bundesliga Jerman.

Meskipun Tuchel sendiri tidak mempunyai kenangan manis dengan Die Borussen, nyatanya dirinya mampu menampilkan beberapa pemain dengan bakat luar biasa dan juga berjuang dengan tim yang mempunyai pemain 'terbatas'.


2. Mauricio Pochettino

Pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino.

Pelatih Tottenham Hotspur ini juga dikabarkan bisa menjadi sosok yang menggantikan Carlo Ancelotti. Hal itu bisa dilihat dari kemampuannya melatih Harry Kane dkk dan mengubah tim Spurs menjadi tim yang hebat.

Menilik dari catatan Liga Primer Inggris musim lalu, Pochettino mampu membawa tim asuhannya menduduki posisi kedua dan membuntuti sang jawara Chelsea. Sementara di musim ini, The Lilywhites berada di peringkat keempat usai mengumpulkan 11 poin, hasil dari tiga kemenangan, dua hasil imbang, serta satu kekalahan.

Untuk di babak penyisihan grup Liga Champions 2017/18 sendiri, Spurs menjadi tim perkasa di Grup H. Mereka mampu mengamankan posisi runner up dan membuntuti Real Madrid dengan poin enam sama.

Kehebatan tangan dingin Pochettino dalam mengarsiteki klub yang bermarkas di Wembley Stadium itu pun menjadikan dirinya masuk dalam daftar calon pengganti Ancelotti di Munchen.

Seandainya pria berusia 45 tahun benar-benar hengkang ke Allianz Arena, dirinya akan bisa mengelola salah satu klub terbaik di Eropa. Dengan skuat yang baik, ditambah dengan keuangan yang baik pula, Pochettino diperkirakan bisa memperlihatkan hal menarik lainnya bersama Munchen.


3. Jurgen Klopp

Jurgen Klopp, pelatih Liverpool.

Jurgen Klopp sebelumnya menjadi salah satu pelatih yang kerap dikaitkan dengan Bayern Munchen dalam waktu yang lama. Apalagi semenjak pelatih Liverpool itu mampu membawa Borussia Dortmund meraih banyak gelar, seperti Bundesliga Jerman musim 2010/11 dan 2011/12, DFB Pokal 2011/12, serta Piala Super Jerman musim 2013 dan 2014, pihak Munchen selalu memasang mata kepada Klopp.

Sejak tahun lalu, pria berusia 50 tahun itu sudah dihubung-hubungkan dengan Die Bayern pasca Carlo Ancelotti tidak bisa memberikan kepemimpinan yang baik bagi anak asuhnya. Kini, bukan hal yang mustahil bagi pihak Munchen untuk mendatangkan kembali Klopp ke Jerman.

Terlebih lagi, Klopp sendiri pernah menuturkan bahwa dirinya akan berpisah dengan The Reds seandainya ia tidak memenangkan gelar juara dalam waktu tiga tahun.


4. Julian Nagelsmann

Julian Nagelsmann.

Nama berikutnya yang juga bisa menjadi pengganti Carlo Ancelotti ialah pelatih TSG Hoffenheim, Julian Nagelsmann. Pelatih muda berusia 30 tahun ini mempunyai performa yang tidak perlu diragukan lagi.

Pasalnya, Nagelsmann mampu membawa tim asuhannya saat ini keluar dari zona degradasi pada Bundesliga Jerman 2015/16 lalu dengan menempati ranking ke-15. Sementara di musim kemarin, Die Kraichgauer mampu menduduki posisi atas, yaitu peringkat keempat.

Jika melihat dari pola permainan yang sering diterapkan oleh Nagelsmann, taktik itu bisa diterapkan dengan baik di skuat Munchen. Mengutip Sportskeeda (28/09/17), pria asal Jerman itu senang menerapkan taktik 3-5-2 namun juga bisa berubah menjadi 5-3-2.


5. Willy Sagnol

Willy Sagnol.

Asisten pelatih Willy Sagnol juga bisa dikatakan sebagai kandidat pengganti Carlo Ancelotti. Pria asal Prancis ini sebelumnya sudah bergabung di Munchen sejak 2000 sebagai pesepakbola selama sembilan tahun lamanya.

Namun, jika menilik catatan kepelatihannya, pria berusia 40 tahun tersebut memang belum mempunyai banyak pengalaman sebagai seorang manajer di suatu klub. Dirinya hanya pernah mengemban tanggung jawab sebagai seorang pelatih di Timnas Prancis U-21 dan juga Girondins Bordeaux.

Saat mengarsiteki klub yang berlaga di Ligue 1 Prancis itu, dirinya harus berpisah dengan cara yang tidak baik, yaitu dipecat usai mengalami kekalahan 0-4 dari Toulouse.

Meskipun pengalamannya sebagai seorang pelatih masih seumur jagung, bukan tidak mungkin dirinya akan ditunjuk untuk menjadi pelatih kepala Munchen. Sebab, Sagnol sendiri bukan orang asing lagi bagi Die Bayern.

Dirinya yang saat ini ditunjuk sebagai pelatih sementara tentu bisa memanfaatkan kesempatan untuk memperlihatkan performa baik kala melatih Munchen. Sehingga, nantinya Sagnol pun bisa diangkat sebagai pelatih kepala bagi Manuel Neuer dkk.

Bundesliga JermanBayern MunchenCarlo AncelottiJurgen KloppMauricio PochettinoWilly SagnolThomas TuchelLiga JermanJulian Nagelsmann

Berita Terkini