x

5 Gol Terbaik Timnas Indonesia ke Gawang Kamboja

Rabu, 4 Oktober 2017 14:56 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Yohanes Ishak
Rochi Putiray, Febri Haryadi, dan Bambang Pamungkas.

Timnas Indonesia akan melakoni laga persahabatan melawan Kamboja di Stadion Patriot, Bekasi, pada Rabu (04/10/17) mulai pukul 18:30 WIB.

Namun sayang, pertandingan uji coba kali ini tidak masuk dalam agenda FIFA. Itu artinya, apapun hasil pertandingan nanti, tidak akan berpengaruh terhadap ranking FIFA. 

"Awalnya, Timnas akan memainkan laga FIFA Matchday lawan Mauritania. Kami sudah kirimkan datanya untuk registrasi ke FIFA," kata kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI Gatot Widakdo.

"Tapi ternyata, pihak Mauritania membatalkan laga uji tanding. Makanya kami mencari lawan lain dan mendapatkan Kamboja tapi tidak dapat respons dari FIFA," tambahnya.

Indonesia vs Kamboja
Baca Juga

Bermain dengan mayoritas pemain muda, anak asuh Luis Milla lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan pada laga malam ini. Dari head to head yang dilansir Soccerway, Kamboja belum pernah sekalipun meraih kemenangan atas Skuat Garuda dari enam laga terakhir pertemuan kedua tim.

Selain selalu sukses meraih kemenangan, gawang Indonesia juga belum sekalipun berhasil dibobol oleh para pemain Kamboja. 

Head to Head Indonesia vs Kamboja

Tak heran, perbedaan kualitas kedua tim acap kali menghasilkan hujan gol dan juga skor mencolok untuk kemenangan Timnas Indonesia. Bukan hanya di laga uji coba, dibeberapa turnamen lainnya, gawang Kamboja juga kerap menjadi bulan-bulanan para pemain Indonesia.

Gol-gol indah pun sering diciptakan oleh para pemain Skaut Garuda tiap kali bersua Kamboja. Berikut INDOSPORT rangkum 5 gol terbaik Timnas Indonesia ke gawang Kamboja:


1. Ansyari Lubis

Ansyari Lubis, legenda Timnas Indonesia.

Bermain di Stadion Gelora Bung Karno dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 1998 pada 6 April 1997, Timnas Indonesia bermain nyaris sempurna. Bagaimana tidak, bak seperti baru belajar bermain bola, Kamboja berhasil dilibas dengan skor 8-0 tanpa balas. 

Ketika pertandingan baru dimulai, Indonesia berhasil membuka keunggulan melalui gol Widodo Cahyono Putro pada menit pertama, serta gol Ansyari Lubis lima menit berselang.

Hingga jelang turun minum babak pertama, Indonesia sudah unggul 6-0 tanpa balas. Memasuki babak kedua, sebuah gol Inddah tercipta melalui kaki Ansyari Lubis pada menit ke-52 melalui tendangan voli. 

Gol tersebut membuatnya mencetak brace di laga tersebut. Hingga wasit meniup peluit panjang, Indonesia berhasil melumat Kamboja dengan skor 8-0.


2. Rochy Putiray

Rochy Putiray saat memperkuat Timnas Indonesia.

Tak hanya Ansyari Lubis yang berhasil mencetak gol indah saat Timnas Indonesia membantai Kamboja dengan skor 8-0 di babak Kualifikasi Piala Dunia 1998, ada pemain lainnya yang juga mencetak gol indah ke gawang Kamboja.

Adalah Rochy Putiray yang menjadi aktornya. Dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno pada 6 April 1997, dirinya berhasil mencetak hattrick di laga tersebut.

Rochy yang kala itu berusia 27 tahun mampu menutup pesta gol Indonesia dengan gol indah. Berawal dari umpan silang yang dilepaskan pemain sayap Timnas, Rochy mampu mengecoh dua bek Kamboja yang mengawalnya, dan melepaskan tendangan salto nembus jala gawang Kamboja.

Meski akhirnya tak mampu mengantarkan Indonesia ke Piala Dunia, Rochy yang selalu terlihat khas dengan warna-warni rambutnya, menjadi striker yang cukup disegani di kalangan Asia kala itu. 

Pemain kelahiran Ambon 26 Juni 1970 ini kerap kali mendapatkan pujian dari pelatih-pelatih asing yang dimiliki negara-negara Asia.


3. Patrich Wanggai

Patrich Wanggai saat selebrasi gol.

Tak hanya Timnas senior Indonesia yang berhasil membantai Kamboja. Di ajang SEA Games Jakarta 2011 lalu, Timnas U-23 Indonesia juga berhasil menang dengan skor telak yakni 6-0 tanpa balas.

Seperti yang diperkirakan sebelumnya, timnas Indonesia langsung tampil menyerang lini pertahanan Kamboja.

Bermain tak seimbang, tuan rumah berhasil unggul lebih dulu melalui gol Titus Bonai pada menit ke-27. Kemudian dua menit berselang, penyerang asal Papua lainnya yakni Patrich Wanggai berhasil mencetak gol dengan indah di menit ke-29. 

Melalui tendangan bebas terukur, Patrich mampu menjebol gawang Kamboja dengan indah. 

Tak mengendurkan serangan, Timnas justru berhasil menambah gol jelang turun minum, melalui Gunawan Dwi Cahyo menit ke-37, serta gol kedua dari Patrich Wanggai menit ke-40.

Sementara gol tambahan di babak kedua dicetak oleh dua pemain pengganti yaitu Andik Vermansyah dan Ramdani Lestaluhu.


4. Febri Haryadi

Febri Hariyadi melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya.

Gol indah di ajang SEA Games ke gawang Kamboja juga kembali terjadi. Adalah Febri Haryadi yang menjadi aktornya.

Saat itu, Indonesia berhasil lolos ke semifinal cabang olahraga sepak bola di ajang SEA Games 2017, usai menundukkan Kamboja 2-0 di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia, Kamis (24/8/2017).

Gol Indonesia dicetak oleh Ezra Walian dan Febri Haryadi. Masing-masing di menit 56 dan 69. Dua gol itu membuat suporter Timnas bergemuruh di Stadion.

Apalagi Febri Haryadi mencetak gol dari luar kotak penalti. Tendangan kerasnya tak mampu dihentikan kiper Kamboja.


5. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas

Timnas Indonesia kembali mencatatkan kemenangan besar atas Kamboja dalam event Piala Kemerdekaan yang digelar 21 Agsutus 2008, dengan skor 7-0.

Indonesia membuka keunggulan melalui sang kapten, Charis Yulianto di menit ke-7. Kemudian tiga menit berselang, Budi Sudarsono berhasil mencatatkan namanya di papan skor. 

Bermain di Stadion Gelora Bung Karno, Budi Sudarsono menjadi bintang dalam laga tersebut. Dirinya berhasil mencetak quatrick, semuanya dicetak pada babak pertama.

Di babak kedua, Indonesia kembali menambah gol menjadi 7-0 melalui gol M Ilham pada di menit ke-50 dan gol indah Bambang Pamungkas dua menit jelang berakhirnya pertandingan.

Gol Bambang Pamungkas menjadi salah satu gol indah yang tercipta di laga tersebut. Legenda hidup Timnas itu mampu mencetak gol dengan gaya khasnya yakni sundulan yang disertai dengan lompatan.

Bambang PamungkasKambojaTimnas u-19Timnas Indonesia U-23Rochy PutirayPatrich WanggaiTimnas IndonesiaFebri HariyadiLiga IndonesiaAnsyari Lubis

Berita Terkini