x

Masuk 20 Terpopuler di Dunia, Persib dan Persebaya Ungguli PSG dan Tottenham

Selasa, 24 Oktober 2017 14:17 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Skuat Persib Bandung di laga melawan Bhayangkara FC.

Para pencinta sepakbola Tanah Air boleh sedikit berbangga. Pasalnya dua klub besar Indonesia nan sarat sejarah, Persib Bandung dan Persebaya Surabaya, berhasil mengungguli dua klub besar asal Eropa, Paris Saint-Germain dan Tottenham Hotspur.

Hal tersebut diketahui melalui thetoptens.com, sebuah situs polling yang memberikan kesempatan pada tiap pengunjung dunia maya untuk memberikan suara mereka terhadap segala hal yang mereka sukai, termasuk klub sepakbola.

Baca Juga

Dalam hal ini, thetoptens.com mencatat Persib Bandung sebagai klub terpopuler di dunia dengan peringkat 12, mengungguli Paris Saint-Germain dan Inter Milan. Padahal, kedua klub Eropa tersebut ditaburi oleh para pemain bintang, salah satunya Neymar yang menjadi pemain termahal di dunia.

Walau begitu, kehadiran mantan pemain Chelsea dan AC Milan, Michael Essien, tampaknya masih berpengaruh terhadap popularitas Maung Bandung hingga kini. Namun tingkat popularitas Persib saat ini dapat dibilang menurun, lantaran sebelumnya sempat berada di posisi enam di bulan Maret lalu, mengungguli Juventus dan Arsenal.

Michael Essien, marquee player Persib Bandung.

Sementara Persebaya Surabaya berada di peringkat 17 sebagai klub terpopuler di dunia. Klub kebanggaan Kota Surabaya itu berhasil mengungguli dua tim besar Eropa lainnya, Galatasaray dan juga Tottenham Hotspur.

Di sisi lain, klub terpopuler di dunia masih di tempati oleh Barcelona di peringkat pertama. La Blaugrana disusul oleh Real Madrid di tempat kedua. Manchester United menjadi tim asal Inggris yang berhasil masuk empat besar, dengan duduk di posisi ketiga mengungguli Bayern Munchen di bawahnya. Sementara Chelsea berada di posisi lima, di atas Arsenal dan Juventus.

Berikut 20 klub terpopuler di dunia versi thetoptens.com:

1. Barcelona

2. Real Madrid

3. Manchester United

4. Bayern Munchen

5. Chelsea

6. Arsenal

7. Juventus

8. AC Milan

9. Liverpool

10. Manchester City

11. Borussia Dortmund

12. Persib Bandung

13. Paris Saint-Germain

14. Inter Milan

15. Atletico Madrid

16. Ajax Amsterdam

17. Persebaya Surabaya

18. Galatasaray

19. Porto

20. Tottenham Hotspur

Persebaya SurabayaPersib BandungParis Saint-GermainTottenham HotspurBola InternasionalLiga Indonesia

Berita Terkini