x

4 Calon Teman Persegres yang Bakal Turun Kasta ke Liga 2

Kamis, 26 Oktober 2017 20:57 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
Logo Liga 1.

Persegres Gresik United harus mengakhiri musim Gojek Traveloka Liga 1 lebih cepat. Tim kebanggaan warga Gresik ini dipastikan bakal menjadi penghuni Liga 2 musim depan.

Hingga pekan ke-31 saja, Persegres baru mengemas 10 poin. Satria Tama dan kawan-kawan bahkan hanya mencatat 2 kali kemenangan dan 4 kali imbang, sisanya bisa ditebak sendiri.

Kiper Gresik United, Satria Tama.

Namun, Persegres tidak akan sendiri untuk menahan malu usai terlempar dari kasta tertinggi sepakbola Indonesia. Masih ada 2 jatah tersisa bagi klub pesakitan yang bisa saja tergelincir dari Liga 1 musim depan.

Sama seperti persaingan gelar juara musim ini, persaingan menghindar dari ajakan Persegres turun ke Liga 2 juga makin menggila. Setidaknya ada 4 klub yang masih mencoba keluar dari cengkraman degradasi musim ini.

Baca Juga

Berikut sejumlah klub yang terancam menemani Persegres turun ke Liga 2 musim depan, hasil rangkuman INDOSPORT:


1. PS TNI

Selebrasi pemain PS TNI, Sansan Fauzi (kanan) usai mencetak gol kedua ke gawang Mitra Kukar.

PS TNI sempat menjadi salah satu klub yang menjadi pemuncak klasemen Liga 1. Namun inkonsistensi menjadi permasalahan utama skuat yang kini ditangani oleh Rudy Eka Priyambada tersebut.

Padahal di masa pelatih Laurent Hatton, PS TNI menjadi tim yang terkalahkan. Namun hal itu tidak cukup dan membuatnya terpaksa melepaskan jabatan untuk diberikan kepada Ivan Kolev.

PS TNI dalam Jumpa pers.

Kolev yang juga lama berkarier di Indonesia sebagai pelatih, tak dinyana gagal mempertahankan harmonisasi permainan The Army. Hasilnya, PS TNI terseok di putaran kedua Liga 1 dan akhirnya membuatnya ikut dipecat.

Pun hingga laga ke-31, PS TNI kini tidak bisa dibilang dalam zona yang tidak terancam degradasi. Meski menghuni posisi ke-14, namun Hong Soon-hak dan kawan-kawan baru mengumpulkan 36 poin yang masih mungkin dikejar oleh Semen padang di posisi ke-16.

Hong Soon-hak (PS TNI)

Pada tiga laga sisa, PS TNI akan menghadapi Persegres di pekan ke-32. Mereka lalu akan menjamu Persipura Jayapura di pekan ke-33.

Pada laga terakhir, laga melawan Semen Padang akan menjadi pembuktian terakhir dan penentu nasib mereka di Liga 1. Paling tidak 2 laga harus bisa dimenangkan oleh PS TNI jika ingin posisinya di Liga 1 tak tergeser.


2. Perseru Serui

Skuat Perseru Serui.

Perseru Serui baru saja mendapatkan modal cukup bagus untuk tetap menapak di Liga 1 musim depan. Klub berjuluk Cenderawasih Jingga ini mampu mengalahkan Persipura Jayapura di pekan ke-31.

Tapi perjuangan mereka untuk aman belum berhenti. Pada laga selanjutnya, Semen Padang yang juga bersikeras bertahan di Liga 1 akan menjadi lawannya.

Selebrasi pemain Persija Jakarta, Willian Pachecho (tengah) usai mencetak gol ke gawan Perseru Serui.

Lawatan ke markas Semen Padang menjadi salah satu hal yang dipercaya bakal menyulitkan bagi Perseru. Namun di dua laga tersisa mereka bisa sedikit memperingan langkah karena bermain di kandangnya.

Apalagi Arthur Bonai dan kawan-kawan menjadi salah satu jagoan kandang di musim ini. Borneo FC dan Sriwijaya FC bisa menjadi potensi peraup angka bagi mereka di 2 laga sisa.

Perseru dipercaya bisa memenangi 2 laga sisa dan menambah poin mereka menjadi 6 di akhir musim. Ini artinya, mereka akan mengemas 37 angka di klasemen akhir Liga 1, sebuah angka yang bisa saja menjadi penyelamat mereka dari degradasi.


3. Semen Padang

Delfi Adri dan Novrianto, Semen Padang.

Tak ada yang menyangka sebelumnya, jika Semen Padang bakal menjadi penghuni dasar klasemen sebelumnya. Namun, rentetan hasil buruk di paruh kedua Liga 1 menjadi persoalan yang tak bisa diselesaikan oleh tim kebanggaan warga Sumatera Barat tersebut.

Kini bahkan Kabau Sirah, julukan Semen Padang terpuruk di posisi ke-16 klasemen sementara. Posisi terakhir yang bisa menarik kaki mereka ke Liga 2 musim depan.

Caretaker Delfi Adri pimpin latihan Semen Padang di Lamongan.

Pencapaian Semen Padang di jurang degradasi pun membawa korban bagi sang pelatih. Nilmaizar harus lengser dari posisinya usai rangkaian laga tanpa kemenangan.

Kini di 3 pertandingan pamungkas, nasib Semen Padang harus diselesaikan. Memiliki poin 29 hingga pekan ke-31 wajib membuat seluruh penggawa asuhan Delfi Adri tak bisa tidur pulas.

Pada pekan ke-32 nanti, Semen Padang bakal menjalani laga 'antidegradasi' melawan Perseru Serui. Kemenangan dipastikan kedua tim bakal bertukar posisi di klasemen sementara.

Semen Padang saat sedang latihan.

Sementara dua laga sisa lainnya, Semen Padang bakal menghadapi Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Laga pamungkas Kabau Sirah akan menjamu PS TNI yang juga tengah berjuang menghindari turun kasta.

Dari daftar 3 sisa laganya, nampaknya Semen Padang punya kans untuk tetap bertahan di Liga 1. Mereka bisa saja meraih 6 angka dan meraih 35 poin di akhir musim.


4. Persiba Balikpapan

Pelatih Persiba Balikpapan, Hariyadi.

Persiba Balikpapan mungkin yang paling di titik nadir nasibnya jelang akhir Liga 1 musim ini. Klub berjuluk Beruang Madu ini kini hanya satu strip di atas Persegres pada klasemen sementara. 

Persiba baru mengantungi 23 angka, hasil dari 6 kemenangan, 5 hasil imbang, dan 20 kekalahan sepanjang musim. Mereka terpaut 8 angka dari Perseru Serui  yang berada di posisi ke-15 klasemen sementara.

Latihan Persiba Balikpapan tampak dihiasi dengan canda tawa.

Hasil ini tak membuat Persiba bisa bernapas lega dalam 3 laga terakhirnya. Pada pekan ke-32, Madura United sudah menantinya di Stadion Batakan, Balikpapan.

Usai itu, mereka harus dijamu Persela Lamongan, di Stadion Suryajaya, Lamongan. Sementara pada laga terakhir, mereka akan menjamu Mitra Kukar di markasnya.

Jadwal ini membuat posisi Persiba semakin terjepit, bahkan bisa dikatakan sulit untuk ditolong lagi. Jika melihat performa mereka dan posisi di klasemen sementara, mereka diprediksi hanya bisa meraup 4 angka.

Artinya, pada akhir musim jumlah poin maksimal yang bisa mereka dapatkan hanya 27 poin. Jumlah ini dipercaya tidak cukup untuk membawa Stadion Batakan kembali menjadi tempat pertarungan mereka di Liga 1 musim depan.

Perseru SeruiPersegres Gresik UnitedSemen PadangPersiba BalikpapanPS TNILiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini