x

Persija vs Persib, Bobotoh Akan Terus Sebarkan Virus Perdamaian

Rabu, 1 November 2017 05:59 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi

Pertandingan kandang Persija Jakarta menghadapi Persib Bandung pada laga lanjutan Gojek Traveloka Liga 1 2017 akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jumat (03/11/17). Sebelum memilih Solo, Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi sudah disiapkan oleh Panpel.

Laga El Clasico Indonesia ini terpaksa dipindahkan ke markas Persis Solo, karena pihak Panpel Persija terkendala perizinan dengan alasan keamanan. Pasalnya, pada beberapa pertandingan ke belakang, duel kedua kesebelasan ini selalu berlangsung panas.

Baca Juga

Selain itu, hubungan suporter kedua kesebelasan memang selalu menjadi perhatian pihak keamanan, karena Bobotoh dan The Jakmania dikenal tidak harmonis. Namun, virus perdamaian kedua suporter ini beberapa bulan ke belakang mulai disebarkan oleh kedua belah pihak.

Ketua Umum Bobotoh Maung Bandung Bersatu (Bomber), Asep Abdul menuturkan, pihaknya bersama Ketua Umum The Jakmania, Tauhid Indrasjarief sudah berkomitmen akan menyebarkan virus perdamaian. Namun, untuk sampai ke akar rumput butuh proses yang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Bung Ferry menghadiri perayaan ulang tahun Bomber.

"Kalau kita sama The Jak dalam hal ini untuk perdamaian, kita saling membuktikan saja niatan baik kita, karena kita lebih ke ikhtiarnya. Karena untuk menju perdamaian itu butuh proses, apalagi ini sudah mengakar jadi butuh proses dan intinya kita bisa menertibkan anggota kita," ucap ‎Asep Abdul saat dihubungi INDOSPORT, Selasa (31/10/17).

"Kami juga menitip pesan agar bisa membuktikan niatan baiknya, agar lebih baik ke depannya," tambahnya.

Pindahnya venue pertandingan ke Solo, menurut Asep Abdul bukan masalah, karena hal itu merupakan wewenang Panpel Persija dan pihak Kepolisian.

"Sebelum pihak kepolisian memutuskan main di Patriot mungkin mereka juga memiliki berapa pertimbangan, mereka lebih tahu kalau masalah itu," kata Asep.

Skuat Persib Bandung melakukan sesi foto dengan mengenakan no 1 Choirul Huda sebelum kick off.

Bomber sendiri menurut Asep dipastikan tidak akan datang ke Stadion Manahan, hal itu seusai dengan kesepakatan pada putaran pertama saat The Jakmania tidak hadir ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung.

"Kalau dari Bomber dan Bobotoh lainnya kan sudah berkomitmen seperti sebelumnya The Jak gak datang (ke Bandung), kita semua juga mengharapkan agar Bobotoh gak datang ke Solo. Lebih baik kita nonton bareng di daerahnya masing-masing dan harapannya Persib bisa menang," pungkasnya. 

Persib BandungPersija JakartaBobotohLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini