x

3 Aksi Diving Paling Diingat di Laga Chelsea vs Man United

Minggu, 5 November 2017 19:54 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Joko Sedayu
Diving Fernando Torres di laga melawan Man United.

Chelsea akan menjamu Manchester United dalam laga bertajuk Super Sunday, pekan ke-11 di Stamford Bridge pada Minggu (05/11/17).

Menjelang laga reuni antara Jose Mourinho, Juan Mata, dan juga Nemanja Matic, tuan rumah sedikit lebih diunggulkan dalam laga kali ini.

Pasalnya dari 7 pertemuan terakhir kedua tim di berbagai ajang, Chelsea tidak pernah sekalipun kalah dari Man United sejak 2012 lalu.

Baca Juga

Tak heran Chelsea menjadi salah satu tim yang paling sulit di kalahkan oleh Setan Merah. Kuatnya kedua tim juga membuat laga kerap berlangsung sengit. 

Bahkan, sengitnya kedua tim membuat laga kerap disuguhkan dengan permainan-permaina keras menjurus kasar. 

Skuat Chelsea melakukan selebrasi.

Tak sedikit dari permainan keras tersebut membuat para pemain melakukan aksi diving demi mengambil keuntungan, agar mendapat tendangan bebas untuk mencetak gol, atau bahkan penalti.

Setidaknya, ada tiga aksi diving di laga Chelsea vs Man Unied yang paling diingat oleh pecinta sepakboal dunia. Berikut INDOSPORT coba merangkumnya:


1. Fernando Torres

Diving Fernando Torres di laga melawan Man United.

Man United berhasil menaklukan Chelsea di Stadion Stamford Bridge, pada laga lanjutan Liga Primer Inggri musim 2012/13 dengan skor 3-2.

Namun, dalam laga yang sengit itu, terdapat sejumlah keputusan kontroversial yang dilakukan oleh wasit Mark Clattenburg. Clattenburg yang memimpin laga secara mengejutkan memberikan kartu kuning kedua kepada Fernando Torres.

Berawal dari serangan balik, Torres yang mendapat bola berhasil mengelabui Jonny Evans untuk merangsek ke dalam kotak penalti, namun sayang Torres yang sudah unggul langkah memlih untuk menjatuhkan diri. Alih-alih ingin mendapat tendangan bebas, ia justru mendapat hadiah kartu kuning kedua. 

Apa yang dilakukan Torres juga mendapat kritikan dari pelatih United saat itu, Sir Alex Ferguson, menurutnya keputusan wasit sudah tepat dengan mengusir Torres.

"Apakah dia berniat untuk diving? Dia sebenarnya bisa saja terus berlari, tetapi dia ternyata memilih jatuh," kata Ferguson seperti dilansir Thesportreview, (29/10/12).


2. Ashley Young

Branislav Ivanovic saat mendapat kartu merah.

Masih dari pertandingan yang sama, Chelsea kembali harus kehilangan pemainnya akibat kartu merah yang diterima oleh Branislav Ivanovic pada laga lanjutan Liga Primer Inggris musim 2012/13 di Stadion Stamford Bridge, pada Minggu (28/10/12).

Sebelumnya, The Blues sudah harus kehilangan Fernando Torres akibat melakukan diving setelah berkontak fisik dengan Jonny Evans.

Kala itu, bek asal Serbia tersebut harus dikartu merah oleh Mark Clattenburg setelah menjatuhkan Ashley Young, yang menurut banyak orang bukanlah pelanggaran yang keras. Bahkan tak sedikit pula yang menganggap Young telah melakukan diving.

Unggul jumlah pemain, membuat United berhasil menaklukan tuan rumah dengan skor 3-2. Masing-masing gol Setan Merah dicetak oleh Robin van Persie, Javier Hernandez dan gol bunuh diri David Luis. Sedangkan gol balas The Blues dicetak oleh Ramires dan Juan Mata.


3. David Luiz

Rafael saat berbicara dengan David Luiz

Aksi diving yang berbuah kartu merah kembali terjadi ketika Chelsea berhadapan dengan Man United. Kali ini David Luiz yang menjadi aktornya.

Saat pertandingan memasuki menit ke-89, satu duel perebutan bola terjadi di sisi kiri pertahanan The Blues yang melibatkan dua pemain Brasil yakni Rafael dan Luiz.

Rafael yang berusaha untuk merebut bola dari Luiz, nampaknya hilang kesabaran sehingga akhirnya ia menghajar kaki Luiz, yang membuatnya menjatuhkan diri. Akibat aksinya itu, Rafael mendapat ganjaran kartu merah langsung dari wasit Howard Webb. 

Yang mengejutkan, sesaat setelah menunjukkan ekspresi kesakitan, Luiz malah tersenyum dan itu ia lakukan di posisi yang sama, saat ia masih memegangi kaki yang mendapat terjangan dari Rafael, yang membuatnya banyak orang menuduh Luiz telah melakukan aksi diving memalukan.

Pertandingan itu sendiri berhasil dimenangkan oleh Chelsea dengan skor 1-0, melalui gol Juan Mata di menit ke-87.
 

Manchester UnitedChelseaLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini