x

Terpuruk, 5 Pelatih Ini Siap Gantikan Zidane di Real Madrid

Minggu, 5 November 2017 11:43 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Zinedine Zidane tertunduk lesu.

Raksasa La Liga Spanyol dan juga Eropa, Real Madrid, dapat dikatakan tengah mengalami masa terburuknya dalam dua hingga tiga tahun belakangan. Hal tersebut tak lepas dari hasil-hasil pertandingan yang didapatkan Los Blancos di musim ini.

Di ajang La Liga Spanyol, klub kebangaaan Ibu Kota Madrid itu ‘terdampar’ di posisi empat klasemen sementara dengan hanya meraup 20 poin. Tertinggal 11 poin jauhnya dari Barcelona yang berada di peringkat pertama dengan belum terkalahkan.

Baca Juga

Sebagai jawara bertahan La Liga, tentunya menjadi hal yang malu bila klub bertabur bintang ini berada di bawah sang rival sekota, Atletico Madrid, dan juga Valencia, yang secara mengejutkan kembali beringas di musim ini.

Di ajang Liga Champions pun, Cristiano Ronaldo dkk dikejutkan dengan tangguhnya perlawanan yang diberikan oleh tim asal Inggris, Tottenham Hotspur. Berada di ‘kubang’ yang sama, Grup H, Madrid tidak bisa mengalahkan Spurs di Santiago Bernabeu, dan menelan kekalahan di Wembley dengan skor 1-3.

Pertanyaan-pun muncul di benak para pemerhati sepakbola dunia, terutama para penggemar Real Madrid. Apa yang salah dengan tim pemecah rekor juara bertahan Liga Champions di era modern tersebut?

Christian Eriksen merayakn golnya ke gawang Real Madrid.

Banyak yang beranggapan mandulnya Ronaldo di La Liga menjadi salah satu faktor utama menurunnya performa Madrid. Di ajang La Liga, megabintang asal Portugal itu baru mencetak satu gol dan assist saja dari enam laga yang telah dilakoninya. Tajam di Liga Champions, namun mandul di kompetisi lokal.

Namun, banyak pula yang beranggapan bahwa taktik yang telah digunakan sang pelatih Zinedine Zidane sudah tak mumpuni lagi. Keberhasilan taktik yang digunakan oleh pria asal Prancis itu dalam beberapa tahun belakangan banyak dianggap sudah tidak berlaku lagi.

Pelatih utama Real Madrid, Zinedine Zidane.

Banyak rumor pemberitaan pun beredar, bahwa Zidane akan digantikan dalam kurun waktu dekat bila performa Madrid tak kunjung pulih. Banyak pelatih-pelatih kawakan pun siap menggantikan posisinya, untuk menakhodai Sergio Ramos dkk.

Melihat hal itu, INDOSPORT pun mencoba merangkum beberapa kandidat pelatih yang pantas untuk melatih Real Madrid, bila benar Zidane nantinya hengkang.


1. Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti.

Sang allenatore asal Italia ini tentunya bukan pria yang asing bagi manajemen Madrid dan para pemain Madrid saat ini. Mantan pelatih AC Milan ini berpotensi kembali ke Santiago Bernabeu, bila Zidane hengkang.

Datang ke Madrid pada Juli 2013, Ancelotti memberikan masing-masing satu gelar Liga Champions, Copa del Rey, Piala Dunia Antarklub, dan juga Piala Super UEFA. Rekor melatihnya di Madrid pun bagus, dengan catatan 89 kali kemenangan, 14 kali imbang, dan 16 kali kalah dari 119 laga yang telah ia lalui.

Terlebih, statusnya saat ini adalah pengangguran pasca mengalami pemecatan dari Bayern Munchen. Besar kemungkinan dirinya akan kembali ke Madrid untuk melatih Ronaldo dkk.


2. Leonardo Jardim

Pelatih AS Monaco, Leonardo Jardim.

Pelatih asal Portugal ini juga menjadi salah satu kandidat kuat untuk melatih Real Madrid. Kepiawaiannya dalam meracik pemain biasa menjadi luar biasa, telah dibuktikannya dalam klub AS Monaco.

Tentu kita familiar dengan nama-nama Kylian Mbappe, Benjamin Mendy, Bernardo Silva, Anthony Martial, Geoffrey Kondogbia, Layvin Kurzawa, hingga Tiemoue Bakayoko. Nama-nama tersebut merupakan berlian yang diasah oleh tangan dingin Jardim di Stade Louis-II sejak 2014 silam.

Bila ke Madrid, maka akan banyak ‘berlian-berlian’ lainnya yang siap ia asah dari Real Madrid Castilla. Belum lagi, beberapa pemain muda Madrid seperti Vinicius Junior dan Martin Odegaard juga siap dijadikannya sebagai pemain bintang dunia kelak.

Keberhasilannya membawa Monaco mematahkan dominasi Paris Saint-Germain di musim lalu, dengan menjadi jawara Ligue 1 Prancis tampaknya menjadi pusat perhatian manajemen Madrid untuk memborongnya ke Santiago Bernabeu.


3. Laurent Blanc

Laurent Blanc.

Hingga saat ini, pelatih berkebangsaan Prancis itu tengah menganggur pasca kontraknya tidak diperpanjang oleh Paris Saint-Germain pada 22 Juni 2016 silam. Seperti yang kita ketahui, pria berusia 51 tahun ini banyak menghabiskan masa kepelatihannya bersama PSG.

Didatangkan sejak 25 Juni 2013 silam, setelah memutuskan mundur dari pelatih Timnas Prancis, Blanc memberikan banyak penghargaan untuk klub kebanggaan Kota Paris tersebut.

Tercatat, empat gelar Ligue 1 Prancis dan Piala Prancis, serta dua Coupe de France dan tiga Piala Super Prancis berhasil ia persembahkan kepada Les Parisiens.

Sejatinya, namanya mulai tenar ketika membawa Bordeaux keluar sebagai jawara Ligue 1 Prancis di musim 2008/09. Di musim yang sama, dirinya juga berhasil memenangkan Piala Prancis dan Piala Super Prancis kepada Bordeaux.

Bukan tidak mungkin bila nantinya manajemen Madrid akan menggunakan Blanc hingga akhir musim, bila Zidane hengkang di bulan Januari nanti.


4. Massimiliano Allegri

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri.

Juventus tentunya akan kehilangan sosok Allegri, bila Madrid mengeluarkan uang banyak untuk memboyongnya ke Bernabeu. Allegri memang dikenal sebagai salah satu pelatih asal Italia yang memiliki taktik baik di Juventus saat ini.

Sejak didatangkan pada bulan Juli 2014 lalu, Allegri secara keseluruhan telah memberikan masing-masing tiga gelar Serie A Italia dan Coppa Italia, serta satu Piala Supercoppa Italia. Sementara saat menaungi AC Milan, satu gelar Serie A Italia dan Supercoppa Italia pun dipersembahkannya kepada para Milanisti.

Allegri sendiri saat ini memiliki kemungkinan untuk hengkang dari luar Italia, untuk menambah jam terbang kepelatihannya selama ini. Dan, bukan tidak mungkin juga bila kita melihat dirinya berada di pinggir lapangan, memberikan komando kepada Ronaldo dkk.


5. Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino, pelatih Tottenham Hotspur.

Dan tentunya, pelatih Tottenham Hotspur ini digadang-gadang akan menggantikan Zinedine Zidane nantinya. Pelatih asal Argentina itu berhasil membawa Tottenham menjadi salah satu tim yang ditakuti di Inggris, maupun Eropa.

Pada musim lalu, Pochettino berhasil membawa klub asal London tersebut nangkring di posisi dua klasemen akhir Liga Primer Inggris. Pada musim ini? Jangan ditanya.

Harry Kane dkk berhasil menahan imbang Madrid di Bernabeu dalam ajang Liga Champions dengan skor akhir 1-1. Sementara di Wembley, mereka memperlihatkan dominasinya dengan membantai sang jawara bertahan tersebut dengan skor telak, 3-1.

Di ajang Liga Primer Inggris pun, mereka kini menempati posisi ketiga, di bawah Manchester United dan Manchester City. Tentu kita ingat ketika Spurs membantai Liverpool dengan skor 4-1 di Wembley Stadium.

Manajemen Madrid kemungkinan besar akan menggunakan Pochettino untuk melatih Real Madrid di musim depan. Ditambah lagi hubungan baik dirinya dengan sang penyerang, Harry Kane, menjadi nilai lebih Madrid bila berhasil mendatangkan pria asal Argentina tersebut.

Real MadridZinedine ZidaneLaLiga SpanyolLiga ChampionsLiga SpanyolBola Internasional

Berita Terkini