x

9 Pahlawan Tanah Air yang Diabadikan Menjadi Nama Stadion

Jumat, 10 November 2017 18:47 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
Stadion yang menggunakan nama Pahlawan.

Tepat hari ini, 10 November 2017 di Indonesia diperingati sebagai Hari Pahlawan. Peristiwa ini diperingati lantaran pertempuran hebat yang terjadi di Surabaya antara arek-arek Suroboyo dengan serdadu NICA yang diboncengi Belanda. 

Baca Juga

Pembaca sadar tidak, sih, kalau beberapa nama stadion sepakbola di Indonesia juga menggunakan nama para pahlawan yang sudah sangat berjasa akan kemerdekaan bangsa ini.

Berikut ini INDOSPORT rangkum beberapa pahlawan yang dijadikan nama stadion sepakbola Indonesia.


1. Stadion WR Soepratman

Stadion Wr. Soepratman Purworejo.

Namanya pun dikenang untuk digunakan dalam stadion di daerah Purworejo, bernama Stadion WR Soepratman yang kini digunakan sebagai kandang klub Liga 3, Persekabpur Purworejo.

Diketahui, Stadion WR Soepratman hanya terdapat satu tribun saja yakni tribun timur yang mampu menampung sekitar 1.000 orang di dalamnya. Menjadi hal yang ‘miris’ mengingat nama yang digunakan dalam stadion tersebut merupakan nama tokoh pahlawan nasional.


2. Stadion Utama Gelora Bung Karno

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Stadion ini dinamai untuk menghormati Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama, yang juga merupakan tokoh dalam mencetuskan gagasan pembangunan kompleks olahraga ini. Soekarno sendiri merupakan bapak ploklamator Indonesia.

Pada laga final Perserikatan 1985, pertandingan Persib Bandung melawan PSMS Medan di sini menjadi pertandingan amatir dengan kehadiran terbanyak yaitu 150.000 penonton, pertandingan tersebut akhirnya dimenangkan oleh PSMS Medan dengan skor 3-2.


3. Stadion Hoegeng

Stadion Hoegeng Pekalongan.

Stadion Hoegeng adalah sebuah stadion sepakbola di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, yang juga merupakan markas klub sepak bola Persip Kota Pekalongan. Stadion ini dibangun pada tahun 1986 Kemudian direnovasi tahun 2005. Stadion Hoegeng memiliki kapasitas 20.000 tempat duduk.

Jenderal Hoegeng sendiri salah satu tokoh kepolisian Indonesia yang pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia ke-5 yang bertugas dari tahun 1968 - 1971. Hoegeng juga merupakan salah satu penandatangan Petisi 50.


4. Stadion Si Jalak Harupat

Stadion Si Jalak Harupat.

Stadion ini merupakan markas dari klub yang berkompetisi di Liga 1 Indonesia, yakni Persib Bandung. Markas Maung Bandung ini memiliki 45.000 kursi penonton.

Nama Si Jalak Harupat diambil dari julukan salah seorang pahlawan nasional dari Bojongsoang, Bandung yaitu Otto Iskandardinata. Ia pun diangkat sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 088/TK/Tahun 1973, tanggal 6 November 1973.


5. Stadion Agus Salim

Stadion H. Agus Salim.

Stadion H. Agus Salim adalah sebuah stadion sepakbola di Kota Padang, Sumatera Barat, yang merupakan markas klub dari Semen Padang dan PSP Padang. Stadion ini dibangun untuk persiapan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ-13) tahun 1983 dan memiliki 28.000 kursi.

Agus Salim sendiri merupakan seorang pejuang kemerdekaan Indonesia. Pria yang lahir pada 3 Juli 1947 itu ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 27 Desember 1961 melalui Keppres nomor 657 tahun 1961.


6. Stadion Gelora Soeprijadi

Stadion Gelora Soeprijadi.

Stadion Gelora Soeprijadi adalah sebuah stadion yang terletak di Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Namanya diambil dari nama pahlawan nasional, Soeprijadi. Stadion ini merupakan markas dari klub PSBK Blitar dan mempunyai 15.000 tempat duduk.

Pria bernama lengkap Soedancho Soeprijadi ini merupakan pahlawan nasional dan pemimpin pemberontak pasukan Pembela Tanah Air (PETA). Ia secara resmi dinyatakan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada 9 Agustus 1975 berdasarkan Keputusan Presiden No. 063/TK/1975.


7. Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo.

Stadion ini sekarang menjadi kandang baru bagi klub kebanggaan masyarakat Surabaya, yakni Persebaya Surabaya. Kandang Greenforce ini mampu menampung hingga 55.000 penonton. Stadion ini resmi dibuka pada 6 Agustus 2010.

Pahlawan yang memiliki nama asli Sutomo ini terkenal karena peranannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda melalui tentara NICA, yang berakhir dengan pertempuran 10 November 1945.


8. Stadion Sultan Agung

Stadion Sultan Agung.

Stadion ini merupakan markas klub Persiba Bantul dan memiliki kapasitas 35.000 penonton. Stadion ini diresmikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X pada 24 Juni 2007.

Atas jasa-jasanya sebagai pejuang dan budayawan, Sultan Agung telah ditetapkan menjadi pahlawan nasional Indonesia berdasarkan S.K. Presiden No. 106/TK/1975 tanggal 3 November 1975.


9. Stadion Ahmad Yani

Stadion Ahmad Yani.

Stadion Ahmad Yani adalah sebuah stadion yang dihuni oleh dua klub sepakbola Indonesia, yakni Madura United dan Perssu Sumenep. Stadion ini memiliki kapasitas hingga 1.500 penonton dan terletak di Kabupaten Sumenep.

Ahmad Yani sendiri merupakan komandan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat. Ahmad Yani mendapat gelar pahlawan nasional pada 5 Oktober 1965 dengan SK Presiden No. 111/KOTI/1965.

IndonesiaStadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)StadionStadion Si Jalak HarupatLiga IndonesiaStadion Gelora Bung TomoStadion H. Agus SalimHari Pahlawan

Berita Terkini