x

3 Pemain Muda yang Bakal Dipertahankan Persebaya jika Tampil di Liga 1

Sabtu, 18 November 2017 12:16 WIB
Editor: Agus Dwi Witono

Persebaya Surabaya tengah menapaki langkah untuk bisa kembali ke jajaran kasta teratas di sepakbola Indonesia. Saat ini Bajul Ijo tengah menjalani babak 8 besar Liga 2, yang dilangsungkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung.

Sabtu (18/11/17) ini, Persebaya akan menghadapi lawan kuat, PSPS Riau, dalam laga kedua babak 8 Besar Liga 2. Kedua tim sama-sama meraih kemenangan dalam laga pertama. Bedanya, Persebaya menang 1-0 sementara PSPS mengungguli PSMP Mojokerto dengan skor 3-1.

Kemenangan jelas menjadi target Persebaya untuk bisa memastikan diri tampil di babak semifinal yang akan semakin membuka peluang mereka tampil di Liga 1 musim depan.

Dalam daftar skuat Persebaya musim ini, ada sejumlah pemain muda yang tampil cukup gemilang. Usia muda tak menghalangi mereka untuk bisa jadi andalan Bajul Ijo. Di antaranya ada 3 pemain muda yang musim ini menunjukkan talenta luar biasa yang mereka miliki.

Ketika Persebaya akhirnya berhak tampil di Liga 1 musim depan, dapat dipastikan ketiga pemain muda ini akan dipertahankan. Selain karena kariernya yang masih sangat panjang, talenta mumpuni yang mereka miliki diyakini bakal menjadi pilar Bajul Ijo di masa depan.

Berikut INDOSPORT beberkan tiga pemain muda yang bakal jadi andalan Persebaya di Liga 1.

Baca Juga

1. Miswar Saputra

Miswar Saputra (Persebaya Surabaya).

Awalnya, Miswar Saputra diplot sebagai kiper nomor dua di skuat Persebaya Surabaya setelah Dimas Galih. Dalam perkembangannya, pelatih Angel Alfredo Vera malah lebih mempercayai Miswar untuk mengawal gawang Persebaya.

Kiper kelahiran Lueng Putu, Nanggroe Aceh Darussalam, 21 tahun yang lalu ini pun membalas kepercayaan pelatih dengan penampilan yang gemilang. Gaya bermain Miswar menunjukkan bahwa dia adalah tipe kiper modern. Tidak hanya fokus di area penalti, tapi juga bisa menjadi sweeper saat dibutuhkan.

Salah satu penampilan apik Miswar terjadi ketika Persebaya bertemu PSIS Semarang di laga pembuka 8 Besar Liga 2, Rabu (15/11/17). Eks kiper Persiraja Banda Aceh ini tampil gemilang dengan melakukan sejumlah saves penting. Di antaranya ketika memblok tendangan Aldaier Makatindu dari jarak dekat menjelang pertandingan berakhir.

Sepanjang Liga 2 2017 ini, kiper setinggi 188 cm ini sudah tampil dalam 13 laga dan hanya 5 kali kebobolan. Total, Miswar sudah bermain sepanjang 1.231 menit. Bukti nyata bahwa, Miswar adalah pemain muda yang patut dipertahankan Bajul Ijo.

Baca Juga

2. Irfan Jaya

Irfan Jaya (Persebaya Surabaya).

Pesona Irfan Jaya sudah terlihat di ajang Indonesia Soccer Championship U-21 2016. Saat itu, Irfan masih berkostum PSM U-21. Tak kurang dari 14 gol yang dicetak pemain kelahiran Bantaeng, Sulawesi Selatan,  21 tahun yang lalu tersebut. Menjadikan Irfan sebagai top skor di ajang tersebut.

Ketajamannya bersama PSM U-21 itulah yang membuat Persebaya kepincut. Pucuk dicinta, Irfan pun berkeinginan untuk membela Persebaya. Dia bahkan rela meninggalkan panggilan untuk bergabung dengan tim utama PSM Makassar, demi berkostum Bajul Ijo.

Toh putusan Irfan berbuah manis. Striker yang dijuluki The Sniper ini menjadi goal getter Persebaya sepanjang Liga 2. Total, Irfan sudah terlibat dalam 12 gol yang dicetak Persebaya, terdiri dari 7 gol dan 5 assists. Semuanya diraih dalam 18 kali penampilan atau sepanjang 1.453 menit. Irfan pun dikenal sebagai spesialisasi tendangan bebas bagi Persebaya.

Gol terakhirnya pun menunjukkan kelasnya sebagai striker ulung. Gol ke gawang PSIS Semarang di babak 8 Besar Liga 2 itu memberi harapan besar bagi para Bonek untuk melihat Persebaya tampil di Liga 1 musim depan.

Baca Juga

3. Rachmat Irianto

Kapten Timnas Indonesia U-19, Rachmat Irianto.

Gaya bermain Rachmat Irianto saat mengawal lini pertahanan Persebaya Surabaya maupun Timnas U-19 terlihat seperti Bejo Sugiantoro. Wajar, pemain yang karib disapa Rian ini memang putra sulung dari legenda Green Force tersebut. Usianya baru menginjak 18 tahun pada 2017 ini.

Masih sangat muda, tapi manajemen Persebaya Surabaya begitu percaya jika talenta Rian sangat patut untuk dipertahankan. Bukti nyata, kini dia adalah kapten dari Timnas U-19 yang akan tampil di ajang Piala Asia U-19 tahun depan.

Rian memang belum banyak tampil bersama Persebaya di Liga 2 musim ini. Dia memang tengah difokuskan untuk membela Timnas U-19. Namun, bukan berarti posisi di lini belakang Bajul Ijo tak akan didapatkannya.

Ketika Persebaya tampil di Liga 1 musim depan, akan menjadi kesempatan bagi Rian untuk unjuk kemampuan sebenarnya. Kemampuan yang membuat Bajul Ijo mau mengontraknya dalam jangka panjang.

Baca Juga
Persebaya SurabayaLiga IndonesiaLiga 2Rachmat Irianto

Berita Terkini