x

2018, Indonesia Gelar 7 Agenda Besar di Ajang Sepakbola

Senin, 20 November 2017 20:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Joko Sedayu
Pemain Timnas Indonesia saat mengheningkan cipta. Herry Ibrahim/INDOSPORT

Pencinta sepakbola nasional tampaknya harus mulai bersiap-siap dari sekarang, pasalnya pada 2018 mendatang Indonesia akan kebanjiran agenda di cabang si kulit bundar. Setidaknya ada tujuh agenda besar yang dipastikan akan digelar di Tanah Air selain Asian Games dan juga Piala Asia U-19 yang sebelumnya sudah disetujui.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, menjelaskan akan ada event mulai dari Piala AFF Futsal, AFF Futsal Klub, Piala AFF U-16 dan U-19, Piala AFF Women U-16 dan Senior, hingga Soccer Beach. Hal itu pun sudah disetujui oleh komite kompetisi federasi sepakbola Asia Tenggara, AFF.

"Jadi ini sangat penting bagi Indonesia di tahun 2018. Ada tujuh event AFF yang konfirmasi di komite kompetisi AFF dan ada beberapa berlangsung di Indonesia. Mulai dari AFF Futsal Club Championship 2018 pada bulan Mei, AFF Futsal, kemudian sepakbola wanita U-16 dan senior, Piala  AFF U-16, dan U-19, kemudian ada Soccer Beach," tutur Joko Driyono, Senin (20/11/17).

Baca Juga

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Jokdri itu menyatakan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah pada tujuh event tersebut nanti akan memberikan dampak positif dalam membangun sepakbola nasional terutama dari sektor perkembangan industri. 

"Indonesia akan memanfaatkan ini untuk beberapa kepentingan. Pertama football development sendiri, tidak hanya dari aspek teknis tapi juga pengelolaan event dan SDM event, serta perangkat lain kita manfaatkan," urai pria berkaca mata tersebut.

"Kita memaksimalkan seluruh pecinta sepakbola ini bahwa akan ada pertandingan di 2018. Kita ingin momentum itu kita pakai. Kita ingin sepakbola di indonesia juga bisa menjadi event men-drive industri dan ini menjadi tantangan sendiri," tutupnya.

Stadion Utama Gelora Bung Karno akan menjadi salah satu venue event sepakbola pada 2018.

Selain tujuh event AFF tersebut, PSSI dan pemerintah juga akan menggelar ajang sepakbola di Asian Games dan juga Piala Asia U-19. Artinya pecinta sepakbola Tanah Air akan dimanjakan sepanjang tahun dengan banyaknya pertandingan baik pria maupun wanita, ditambah lagi satu agenda lain yang ditunggu-tunggu yakni Piala AFF (sepakbola senior) yang akan digelar dengan format baru yakni tandang kandang mulai tahun depan.

PSSIJoko DriyonoAsian Games 2018Piala Asia U-19Piala AFF 2018Piala Asia U-19 2018

Berita Terkini