x

Termasuk Hamka Hamzah, Berikut Eks Timnas yang Ambil Kursus Pelatih

Rabu, 22 November 2017 11:40 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

Kapten PSM Makassar, Hamka Hamzah sepertinya sudah mempersiapkan karier masa depannya. Dia bersama sejumlah mantan pemain tim nasional Indonesia turut ambil bagian dalam kursus pelatih lisensi C AFC.

Acara ini resmi dibuka oleh PSSI melalui Direktur Teknik, Danurwindo sejak 18 November kemarin hingga 30 November 2017. Kursus yang telah berlangsung di Sawangan, Depok ini memang diikuti oleh beberapa pesepakbola yang masih aktif. Selain Hamka Hamzah, sebut saja ada Maman Abdurahman, Arif Suyono, Ambrizal, dan Zulkifli Syukur.

Baca Juga

Ikutnya para pesepakbola aktif dalam kursus ini merupakan bentuk kesadaran mereka untuk tetap berkecimpung di dunia sepakbola. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi persepakbolaan nasional, karena regenerasi pelatih di masa depan akan menjadi lebih ketat.

Selain itu, dengan hadirnya mereka menjadi preseden baik bahwa pesepakbola aktif sudah mempersiapkan diri setelah usia produktifnya terlewati.

Pada kursus ini juga dimasukkan kurikulum pembinaan sepakbola Indonesia yang juga menjadi akar dari Filosofi sepak bola Indonesia (Filanesia), dengan Mundari Karya yang menjadi instruktur dalam kursus lisensi C AFC kali ini.

Danurwindo dalam memberi pembekalan kepada pesepakbola ini memang tidak bekerja seorang diri. Dia ditemani oleh Bambang Nurdiansyah sebagai asisten dan Emral Abus menjadi mentornya.

Pelatih Danurwindo.

Tak hanya itu, Danur juga memilikiharapan khusus kepada para peserta kurus kali ini. Dimana nantinya mereka dapat meresap akan filosofi sepakbola Indonesia yang telah digaungkan.

“Saya berharap yang mengikuti kursus ini bisa menyerap pembelajaran dari Kurikulum Sepak Bola Indonesia dengan baik, sebagai dasar dari pembentukan Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia). Dalam kursus ini pula kami turutkan buku pedoman kurikulum agar langsung menjadi duta Filanesia dan menerapkan sepulangnya dari sini,” ucap Danurwindo.

Kursus pelatih memang sudah digenjot sejak awal tahun 2017 untuk menambah jumlah dan kualitas pelatih di Indonesia, mulai dari level terbawah D nasional hingga A AFC. Terakhir, kursus serupa digelar di tempat yang sama 20 Februari hingga 4 Maret dan 13 hingga 25 Mei silam.

Daftar Calon Peserta Kursus Lisensi C AFC:

1. Benyamin V B – PS TNI, eks pelatih kiper Timnas

2. Hermansyah – Madura United, eks pelatih kiper Timnas

3. Jandri Chriestian Pitoy – Perseka Kaimana, eks kiper Timnas

4. Markus Horison  – eks kiper Timnas

6. Feri Rotinsulu –Sumsel, eks kiper Timnas

7. Ahmad Fauzi – Persija Jakarta

8. Barry Sidik

9. Rochmat Setiawan

10. Arif Suyono – Arema, eks Timnas

11. Zulkifli Syukur – PSM Makassar, eks Timnas

12. Ambrizal – Gresik United, eks Timnas

13. Hamka Hamzah – PSM Makassar, eks Timnas

14. Joko Kuspito – Eks Timnas

15. Sudana Sukri – Patriot, eks Timnas

16. Supardi – Persib Bandung, eks Timnas

17. Maman Abdurahman – Persija Jakarta, eks Timnas

18. Syamsudin Umar – PPLP Makassar, eks asisten pelatih Timnas

19. Zulkarnaini – Padang

20. Wawan Hermawan – Tangerang, eks Timnas

21. Tri Mur Vedhayanto – Semarang, eks Timnas

22. Muhammad Kurdinal – Balikpapan

23. Muhni

24. Ade Suhendra – Pesikad Depok

Hamka HamzahDanurwindoSupardiLiga Indonesia

Berita Terkini