x

5 Calon Pengganti yang Pantas bila Maitimo Hengkang dari Persib

Kamis, 23 November 2017 11:00 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Raphael Maitimo.

Bisa dikatakan bahwa para pendukung Persib Bandung saat ini tengah mengalami masa-masa ‘pundung’ mereka. Pasalnya, manajemen Maung Bandung hingga kini belum menentukan siapa pelatih baru mereka untuk musim depan.

Belum diumumkannya pelatih baru, secara otomatis juga membuat mereka tidak melakukan bursa transfer dalam waktu dekat. Seperti yang dikatakan oleh manajemen Persib di situs resmi mereka, pembelian pemain hanya akan dilakukan bila telah menemukan pelatih baru nantinya.

Baca Juga

Selain itu, ‘pundungnya’ para penggemar Persib adalah rumor akan hengkangnya beberapa penggawa mereka di bursa transfer Liga Indonesia kali ini. Salah satu penggawa yang dikabarkan kuat meninggalkan Kota Bandung adalah gelandang andalan mereka, Raphael Maitimo.

Pemain kelahiran Belanda tersebut sebenarnya memiliki kontrak opsi perpanjangan satu tahun bersama Maung Bandung. Namun pihak klub hingga saat ini belum melakukan kontak dengannya, mengingat kursi kepelatihan Persib masih kosong.

Raphael Maitimo.

Gelandang serang yang juga dapat menjadi gelandang bertahan itu sendiri masih ingin menunggu dan mempertimbangkan pilihannya di musim mendatang. Karena saat ini masih terlalu dini membahas klub mana yang akan ia bela pada Liga 1 2018 nanti.

“Saya masih belum tahu bagaimana ke depannya. Kontrak saya (hanya) satu tahun di sini dan memiliki ospi perpanjangan,” ujar mantan pemain Arema tersebut.

Gelandang Persib Bandung, Raphael Maitimo.

Bila benar Maitimo hengkang nantinya, maka para Bobotoh seharusnya tak perlu kecewa. Memang benar, pada kompetisi Liga 1 lalu Maitimo tampil sebanyak 28 laga dengan mencetak sembilan gol. Namun, di umurnya yang telah menginjak 33 tahun tersebut sudah selayaknya pria berambut perak itu diganti oleh pemain yang baru.

Melihat hal ini, INDOSPORT mencoba merangkum beberapa pemain yang memiliki kemungkinan untuk menggantikan Maitimo di Persib Bandung nantinya, bila benar sang pemain hengkang dari Maung Bandung.


1. Vendry Mofu

Vendry Mofu ketika melawan PS TNI.

Gelandang lincah milik Semen Padang, Vendry Mofu ini kerap digembar-gemborkan akan hengkang dari Kabau Sirah di musim depan. Pasalnya, Semen Padang pada musim depan akan berlaga di Liga 2, dan dengan kemampuannya banyak klub-klub Liga 1 menginginkan jasa Mofu.

Pada kompetisi Liga 1 lalu, Vendry Mofu tampil sebanyak 32 laga, dan mencetak 11 gol. Hal tersebut menjadikan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak Kabau Sirah. Persib pun memiliki kemungkinan mendatangkannya untuk menggantikan Maitimo bila hengkang nantinya.


2. Makan Konate

Makan Konate.

Benar adanya bila Makan Konate saat ini tengah merapat ke kubu klub kebanggaan Kota Palembang, Sriwijaya FC. Namun, segala hal mungkin saja terjadi sebelum pihak Laskar Wong Kito memustukan peresmian sang pemain.

Para Bobotoh tentunya sangat senang bila Konate datang kembali untuk membela Maung Bandung. Konate memiliki momen-momen indah bersama Persib, salah satunya adalah menjuarai Piala Presiden bersama Djajang Nurdjaman di tahun 2015 silam.

Namun untuk mendatangkan Konate, setidaknya manajemen Persib harus bergerak cepat untuk menentukan siapa pelatih kepala mereka di musim depan. Pasalnya selain Sriwijaya FC, Konate juga sempat ketahuan bertemu dengan pemilik Borneo FC, Nabil Husein.


3. Irsyad Maulana

Irsyad Maulana

Pemain bintang Semen Padang lainnya adalah Irsyad Maulana, yang dapat menjadi andalan Persib Bandung nantinya untuk menggantikan Rapahel Maitimo. Bila Vendry Mofu bermain lebih menyerang, maka Irsyad merupakan gelandang tengah yang mengatur akan pola permainan.

Pada musim lalu, Irsyad menjadi andalan Kabau Sirah dengan tampil sebanyak 31 laga, dengan total mencetak lima gol. Di usianya yang masih muda, 24 tahun, Irsyad dapat menjadi salah satu opsi terbaik Maung Bandung bila Maitimo hengkang.


4. Ryutaro Karube

Pemain Perseru Serui asal Jepang, Ryutaro Karube.

Gelandang penyelamat Perseru Serui dari jurang degradasi, Ryutaro Karube, cocok untuk menggantikan Maitimo di Persib Bandung nantinya. Berusia 24 tahun. Gelandang asal Jepang ini berhasil mempermalukan Maung Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, pada laga pamungkas Liga 1 beberapa pekan yang lalu.

Masih muda dan mencatat performa apik di paruh kedua musim Liga 1 membuatnya harus bersiap menerima banyak pinangan dari klub lain. Bukan tak mungkin Ryu akan berseragam klub-klub besar di musim depan, dengan Persib Bandung salah satunya.

Tendangan ‘geledek’nya di laga pamungkas melawan Persib, dapat menjadi lecutan manajemen Persib nantinya untuk memborong sang pemain ke Kota Bandung suatu saat nanti.


5. Adam Alis

Adam Alis.

Terakhir adalah Adam Alis, mantan pemain Arema FC. Setelah dipastikan pergi meninggalkan Singo Edan, pemain berusia 24 tahun itu kini berstatus tanpa klub, yang artinya dirinya dapat menerima pinangan dari klub manapun yang ia mau.

Persib Bandung memiliki modal untuk menggaetnya, dengan nama besar yang mereka miliki. Namun, manajemen Persib lagi-lagi harus bergerak cepat untuk mencari siapa pelatih baru mereka, dan meyakinkan Adam untuk bergabung bersama Michael Essien dkk.

Pada musim lalu, Adam tampil sebanyak 31 laga dengan mencetak satu gol. Perannya dalam tubuh Singo Edan sangat layak untuk digunakan di Persib Bandung, bila Maitimo benar-benar hengkang.

Bursa TransferPersib BandungRaphael MaitimoMakan KonateIrsyad MaulanaVendry MofuAdam Alis SetyanoLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini