x

5 Fakta Guyana yang Tak Boleh Disepelekan Timnas Indonesia

Jumat, 24 November 2017 13:44 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
Guyana Football Team

Tim Nasional Indonesia akan menghadapi Tim Nasional Guyana dalam laga uji coba di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Sabtu (25/11/17). Pertandingan kontra Guyana ini adalah laga ketiga dari rangkaian uji coba di bulan November yang digelar oleh PSSI. Sebelum Guyana, Indonesia telah menghadapi Timnas Suriah U-23. 

Mungkin banyak dari masyarakat Indonesia yang masih awam terhadap sepakbola Guyana ketimbang Suriah. Untuk itulah berikut ini akan disajikan sejumlah fakta seputar Guyana dan Sepakbolanya. Peringkat 2 dan 4 mungkin akan membuat Anda terkejut. 

Baca Juga

1. 1. Terletak di Amerika Selatan, Namun Masuk Zona CONCACAF

Logo Concacaf

Ditilik secara geografis, Guyana terletak di Amerika Latin, lebih tepatnya berbatasan dengan Brasil. Namun, mereka justru memilih untuk masuk ke dalam Konfederasi Sepak Bola Amerika Tengah, Utara, dan Kepulauan Karibia (CONCACAF) dan bukan bergabung di zona Amerika Latin (COMEBOL). Mereka adalah satu dari tiga negara Amerika Latin yang juga masuk CONCACAF. Dua negara lainnya adalah French Guiana dan Suriname. 

Baca Juga

2. 2. Timnas Guyana Pernah 5 Tahun Tak Bertanding

Guyana Football

Guyana pernah tak memainkan satu laga pun selama lima tahun. Lawan pertama mereka setelah masa lima tahun itu adalah Suriname dalam ajang kualifikasi Piala CONCACAF 1971.

Timnas mereka juga sempat dua tahun tak bermain pada November 2012-Oktober 2014. Saat itu, mereka sama sekali tak memainkan laga internasional karena tidak ada lapangan memadai. 

Baca Juga

3. 3. Rekor

Guyana national football team

Mereka pernah mencatatkan kemenangan fantastis pada 16 April 1998 lalu menghadapi Anguilla, Guyana menang 14-0. Selain kemenangan, mereka juga pernah mengalami rekor kekalahan besar. pada 2 Desember 1987, mereka kalah dari Meksiko 9-0.

Baca Juga

4. 4. Timnas Guyana Baru Cetak Satu Gol di Tahun 2017

Sheldon Holder.

Pertandingan melawan Timnas Indonesia akan menjadi pertandingan persahabatan ketiga yang dijalani timnas Guyana sepanjang 2017. Sebelumnya, timnas Guyana menghadapi Trinidad dan Tobago dan Grenada. Dari dua laga itu mereka hanya mencetak satu gol ke gawang Trinidad dan Tobago melalui salah satu pemainnya, Sheldon Holder.

Baca Juga

5. 5. Peringkat FIFA

Skuat Timnas Guyana.

Peringkat terbaik Guyana di FIFA adalah di tahun 2010. Saat itu Guyana sempat duduk di posisi ke-86. Namun sekarang, mereka ada di peringkat 165. Uniknya, sebelum rilis peringkat terbaru FIFA kemarin, Guyana dan Timnas Indonesia sempat sama-sama menempati urutan ke-165. Indonesia sendiri kini naik 11 peringkat ke posisi 154.

Baca Juga
FIFATimnas IndonesiaGuyana

Berita Terkini