x

Gunung Agung Erupsi, 5 Pertandingan Sepakbola Ini Sempat Tertunda

Minggu, 26 November 2017 16:22 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi

Baru-baru ini Gunung Agung yang terletak di Bali kembali erupsi. Bahkan suara meletusnya Gunung Agung terdengar hingga radius 12 kilometer.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menginstruksikan kepada warga yang berada disekitar kawasan tersebut untuk mengungsi. Selain itu warga diimbau untuk menggunakan masker dalam beraktivitas.

Sepakbola wanita di Gunung Kilimanjaro.

Meletusnya sebuah gunung berapi memang sangat berbahaya. Bagaimana tidak, semua aktivitas bisa berhenti. Tak terkecuali pertandingan sepakbola.

Dalam dunia sepakbola, jika ada bencana alam seperti meletusnya sebuah gunung, tentu dapat mengganggu jadwal pertandingan. Selain itu agenda yang telah ditetapkan bisa langsung berubah seketika.

Baca Juga

Berangkat dari hal tersebut, INDOSPORT coba merangkum beberapa pertandingan sepakbola yang terganggu oleh kejadian gunung yang meletus.


1. Barcelona vs Manchester United Liga Champions 2011

Ernesto Valverde (tengah) saat sedang melatih Barcelona.

Pada Final Liga Champions 28 Mei 2011 lalu, yang mempertemukan Manchester United dengan Barcelona harus mengalami kendala non-teknis. Karena sebuah gunung yang masih aktif di Islandia telah mengeluarkan abu.

Oleh sebab itu, perjalanan Barcelona ke Inggris pun bermasalah. Pasalnya Otoritas Penerbangan Sipil Inggris menyebut kondisi tersebut dapat membahayakan dunia penerbangan.

Keluarnya abu tersebut bahkan sudah menyelimuti Irlandia, Irlandia Utara, hingga ke utara Inggris. Sehingga perjalanan Barcelona dimajukan demi menghindari bahaya tersebut.

Terlepas dari bencana alam tersebut, Barcelona berhasil menggasak Manchester United dengan skor 3-1. Kemenangan itu terasa layak didapat karena sepanjang laga Barca tampil lebih dominan dibandingkan Man United.


2. Santos vs Penarol Copa Libertadores 2011

Trofi Copa Libertadores.

Copa Libertadores yang mempertemukan klub asal Brasil, Santos melawan klub asal Uruguay, Penarol terancam ditunda. Pasalnya ada sebuah letusan gunung berapi di Chile pada tahun 2011 silam.

Pada saat itu Gunung Puyehue-Cordon Caulle telah aktif dalam beberapa hari terakhir. Akibatnya abu vulkanik yang keluar dari gunung tersebut mengganggu banyak penerbangan di Amerika Selatan.

Penerbangan ke Argentina pada saat itu mengalami gangguan, bahkan bandara utama negara tersebut telah ditutup demi keselamatan bersama. Namun pertandingan tetap berlangsung.

Pada pertemuan pertama Penarol dan Santos bermain dengan hasil imbang 0-0. Lalu pada perjumpaan kedua Santos berhasil mengalahkan Penarol dengan skor 2-1 dan keluar sebagai juara Copa Libertadores.


3. Islandia vs Turki Kualifikasi Piala Eropa 2016

Skuat Turki ketika mengheningkan cipta di laga persahabatan melawan Yunani, November 2015.

Pada saat itu Timnas Turki tengah mengincar kemenangan penuh dalam laga pembuka Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2016 melawan Islandia (09/09/14).

Akan tetapi Timnas Turki mengalami isu penundaan jadwal pertandingan akibat kondisi alam di Islandia. Dikarenakan aktivitas Gunung Berapi Bardarbunga di negara tersebut terus meningkat.

Akibat bencana di luar dugaan tersebut, UEFA dan federasi sepakbola Turki tetap terus memantau aktivitas gunung tersebut. Baru kemudian menetapkan jadwal yang tepat.

Akan tetapi Turki gagal merengkuh kemenangan atas tuan rumah Islandia. Turki kalah tiga gol tanpa balas. Lalu dibalas 1-0 pada pertandingan terakhir Kualifikasi Piala Eropa 2016.


4. Inter Milan vs Barcelona Liga Champions 2010

Para pemain Barcelona saat merayakan gol.

Barcelona juga pernah mengalami kejadian serupa kala melawan Inter Milan. Gunung yang meletus adalah Gunung Berapi Eyjafjallajokull yang berada di Islandia.

Akibat muntahnya gunung tersebut, awan debu langsung menyelimuti daratan Eropa. Sehingga mengganggu jadwal penerbangan di benua biru, termasuk perjalanan Barcelona.

Imbasnya Barcelona harus menempuh jalur darat untuk sampai ke Milan, Italia. Kemudian Azulgrana harus menderita kekalahan 1-3 atas tuan rumah Inter Milan.


5. Bali United vs Arema FC Liga 1 2017

I Made Andika di laga Bali United vs Arema FC.

Beberapa waktu lalu laga antara Bali United melawan Arema FC di kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1 2017 mengalami gangguan. Pasalnya saat itu status Gunung Agung berpotensi meletus.

Akan tetapi Bali United bakal tetap menggelar pertandingan melawan Singo Edan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (08/11/17) malam. Laga tersebut tidak diundur melainkan tetap dengan sesuai jadwal.

Partai tersebut berhasil membuat Bali United mencukur Arema FC dengan skor sangat mengcolok, yakni 6-1. Gol Bali United disumbang oleh Irfan Bachdim, Sylvano Comvalius (dua), Stefano Lilipaly (dua), dan Miftahul Hamdi. Sedangkan Arema FC dicetak oleh Esteban Vizcarra.

Manchester UnitedBarcelonaInter MilanSantosIslandiaTurkiPenarolBali UnitedBola InternasionalLiga IndonesiaArema FC

Berita Terkini