x

Pertama Kalinya, 5 Klub Inggris Warnai 16 Besar Liga Champions

Kamis, 7 Desember 2017 09:02 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Logo Liga Champions.

Babak penyisihan grup untuk menuju babak 16 besar Liga Champions musim 2017/18 telah berakhir. Sejumlah klub besar dari negara-negara besar di Eropa akan siap bersaing memperebutkan trofi Liga Champions. 

Sejumlah tim yang tergabung dalam Grup E-H sudah menyelesaikan pertandingan pada Kamis (07/12/17) dini hari WIB. Dengan begitu, 16 tim sudah dipastikan lolos ke babak gugur di kompetisi tahunan ini.

Baca Juga

Dengan sejumlah klub dari Grup E-H yang telah menyelesaikan rangkaian laga mereka, otomatis akan segera menyusul klub-klub dari Grup A-D yang telah lebih dulu menyelesaikan babak grup Liga Champions.

Sepanjang babak grup Liga Champions selalu menyisakan kisah menarik, baik dari momen-momen menegangkan hingga persaingan sengit antar klub beda negara di Eropa untuk memperebutkan posisi di babak selanjutnya.

Trofi Liga Champions 

Satu hal yang menarik dari babak grup Liga Champions musim ini adalah jumlah klub Inggris yang akan mewarnai babak 16 besar. Ada apa dengan klub-klub Inggris di Liga Champions?

Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Liga Champions, Inggris menjadi negara dengan jumlah klub paling banyak yang mampu menembus babak 16 besar ajang turnamen sepakbola ternama Eropa tersebut.

Terdapat lima klub Inggris yang berhasil menembus babak 16 besar Liga Champions musim ini. Berikut INDOSPORT berhasil merangkum perjalanan lima klub raksasa Inggris yang akan bersaing dengan klub-klub raksasa dari negara-negara besar Eropa lainnya: 


1. Manchester United

Selebrasi para pemain Man United usai membobol gawang Newcastle United.

Manchester United berhasil menjadi kampiun Grup A usai memuncaki klasemen sementara grupnya di Liga Champions. Melalui sejumlah rangkaian laga melawan klub-klub besar yang ada di grupnya, skuat asuhan Jose Mourinho tersebut meraih 15 poin.

Mereka berhasil mengungguli Basel yang keluar sebagai runner up Grup A, tertinggal tiga poin dari Man United. Klub yang bernaung di Old Trafford tersebut berhasil mempertahankan tren positif sepanjang laga grup.

Tercatat satu kekalahan yang harus ditelan oleh Manchester United adalah ketika harus berhadapan dengan FC Bale. United berhasil ditekuk 1-0 dalam laga pertemuan kedua mereka, meski di pertemuan pertama, Bale berhasil dibantai habis tanpa balas dengan skor 3-0.

Namun untuk lima laga lainnya, United berhasil mendulang kemenangan gemilang. Ia bahkan mampu mengubur impian CSKA Moskow untuk melanjutkan perjalanan mereka ke babak selanjutnya usai ditekuk 2-1 dalam laga terakhir mereka kemarin. 


2. Manchester City

Manchester City

Klub asuhan Pep Guardiola ini menjadi skuat yang paling getol menebar ancaman di Grup F Liga Champions. Manchester City menjadi salah satu klub Inggris yang mampu lolos ke babak 16 besar dari empat klub senegaranya. 

CIty berhasil menjadi pemuncak klasemen sementara Grup F usai melalui rangkaian laga melawan klub-klub segrupnya, dengan raihan 15 poin. Sama seperti klub seareanya, Man United, City berhasil mendulang kemenangan dalam lima laga mereka, dengan sekali kekalahan.

Mereka berhasil menungguli Shakhtar dua poin dan membuat klub tersebut berakhir sebagai runner up Grup F. Meski begitu dalam laga pamungkas menghadapi Shakhtar, City harus ditekuk secara mengejutkan dengan skor 2-1.

Namun kekalahan tersebut tak merusak tren positif Manchester City dan tetap mampu menjaga posisi mereka untuk menembus babak selanjutnya, guna menghadapi klub-klub raksasa lainnya di Liga Champions 2017/2018. 


3. Tottenham Hotspur

Selebrasi para pemain Tottenham Hotspur.

Mauricio Pochettino mampu membawa penggawa-penggawa bintangnya gemilang dalam rangkaian laga grup H Liga Champions. Hingga akhirnya, untuk pertama kalinya, Tottenham keluar sebagai juara grup tersebut.

Momen ketika mereka menekuk Real Madrid menjadi sebuah laga tak terlupakan. Klub sekelas Tottenham berkembang cukup pesat untuk mengalahkan klub raksasa Spanyol yang terkenal gahar sepert skuat asuhan Zinedine Zidane itu. 

Tottenham tercatat belum sama sekali terkalahkan dalam jalani laga antar klub di Grup H. Pertemuan pertama mereka dengan Real Madrid tertahan imbang  1-1, sebelum akhirnya skuat Cristiano Ronaldo tersebut mampu dikalahkan dengan skor 3-1. 

Usai rangkaian laga Liga Champions menuju babak selanjutnya, Tottenham mencatat raihan 16 poin, mengungguli lawan-lawan mereka di Grup H seperti Real Madrid, Borrusia Dortmund, dan APOEL. 


4. Chelsea

Selebrasi para pemain Chelsea.

The Blues menjadi satu-satunya klub yang keluar sebagi runner up Grup C. Skuat asuhan Antonio Conte memang cukup naik turun performanya selama menjalani rangkaian laga di Grup C Liga Champions.

Chelsea menelan dua kekalahan, sekali imbang, dan mendulang tiga kemenangan ketika menekuk Qarabag di dua pertemuan mereka serta pertemuan pertama mereka melawan Atletico Madrid di Wanda Metropolitana, markas skuat Diego Simeone tersebut. 

AS Roma menjadi lawan terberat bagi Chelsea. Dalam laga kandang mereka, Chelsea berhasil diselamatkan lewat gol Eden Hazard yang membuat mereka imbang sementara dengan skor 3-3. Namun nasib kembali menjadi berbeda di pertemua kedua mereka yang memaksa Chelsea harus tunduk tanpa balas 3-0. 

Meski runner up, setidaknya Chelsea menjadi nama klub Inggris yang mampu menembus babak 16 besar Liga Champion dengan berhasil mengumpulkan 11 poin, hanya kalah selisih gol dari juara Grup C, AS Roma. 


5. Liverpool

Selebrasi para pemain Liverpool.

Meski menghadapi pasang surut kala berlaga di liga domestik, namun Liverpool cukup membuktikan bahwa mereka adalah klub yang perlu diperhitungkan ancamannya di tingkat Liga Champions, usai kemarin dipastikan lolos ke babak 16 besar. 

Skuat asuhan Jurgen Klopp hingga kini belum pernah sama sekali mencatat kekalahan dalam rangkaian laga Grup E. Tiga laga berhasil mereka tahan imbang saat melawan Sevilla di dua pertemuan mereka, dan juga saat menghadapi Spartak Moskwa. 

Klub yang dinaungi oleh Philipe Coutinho dkk tersebut sempat melakukan pesta gol di laga melawan Maribor dan mengakhiri laga pertama mereka melawan klub tersebut 7-0, disusul laga kedua mereka dengan skor 3-0. 

Liverpool pun mengakhiri babak ini sebagai juara Grup E dengan raihan 12 poin, unggul tiga poin dari Sevilla yang berada di posisi kedua dan memaksanya keluar sebagai runner up grup tersebut. The Reds kemungkinan besar akan terus melebarkan sayap mereka di laga-laga kedepan, menutup pencapaian mereka yang tak begitu maksimal di Liga Primer Inggris.

Manchester UnitedLiverpoolChelseaManchester CityLiga ChampionsTottenham Hotspur

Berita Terkini