x

Terungkap! PSSI Pernah Tawarkan Persib Pakai Stadion GBK Sebagai Homebase

Jumat, 22 Desember 2017 06:58 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
Pemotretan stadion Gelora Bung Karno dari pintu gerbang.

Sepanjang Liga 1 2017, Persib Bandung menggunakan dua stadion sebagai homebase. Di putaran pertama menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Memasuki putaran kedua, Maung Bandung pindah atau kembali menjamu lawan di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Sebelum kedua stadion tersebut dibangun, homebase Persib adalah Stadion Siliwangi. Stadion milik Kodam III Siliwangi itu kapasitasnya tak lebih dari 20.000 penonton. Padahal, Bobotoh yang ingin menyaksikan langsung pertandingan Persib selalu melebihi kapasitas stadion.

Stadion Siliwangi.

Alhasil, penonton yang datang ke Stadion Siliwangi pun selalu luber. Bahkan sering sampai masuk ke area lari yang ada di pinggir lapangan.

Kondisi ini pun sempat membuat PSSI menawarkan Stadion Gelora Bung Karno untuk dijadikan homebase bagi Persib. Hal ini terjadi saat Persib masih tampil di Divisi Utama era Perserikatan. Tepatnya saat PSSI dipimpin Kardono di era 1983-1991.

Baca Juga

Seperti dilansir laman Pikiran Rakyat, pada 21 Desember 1989, PSSI menawarkan Stadion GBK sebagai homebase bagi Maung Bandung. GBK dianggap sebagai satu-satunya stadion yang paling mampu menampung puluhan ribu Bobotoh yang selalu menonton di setiap laga yang dilakoni Persib di kandang sendiri.

Kardono menyampaikan tawaran tersebut kepada Persib ketika berada di Medan. Tawaran ini diajukan setelah Persib diganjar hukuman setahun dengan masa percobaan tiga bulan akibat kerusuhan yang terjadi di Stadion Siliwangi kala itu. Penonton mengamuk saat Persib menjamu Persita Tangerang dan Persija Jakarta.

"Bila bermain di Stadion Siliwangi Bandung, jumlah penonton hendaknya dibatasi sesuai kemampuan kapasitas stadion. Keamanan pun harus diperketat," ucap Kardono kala itu.

Laga final Divisi Utama 1985 antara Persib vs PSMS di Stadion Gelora Bung Karno.

Selain itu, PSSI juga berkaca kepada laga saat PSMS Medan bertemu Persib di putaran pertama. Di putaran kedua, Persib akan menjamu balik PSMS. Lalu juga akan meladeni PSDS dan Bengkulu di kandang sendiri. Pertandingan-pertandingan itu berpotensi menarik banyak penonton ke stadion.

Selama masa percobaan, Persib harus bisa mengendalikan penonton di setiap laga kandang. Jika terjadi lagi kerusuhan, Persib terancam hukuman menggelar pertandingan dengan jarak minimal 100 km dari homebase asli mereka. Karena itulah, PSSI menawarkan Stadion Gelora Bung Karno sebagai opsi bagi Persib.

Persib BandungStadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Stadion Gelora Bandung Lautan ApiStadion Si Jalak HarupatMaung BandungStadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)Liga IndonesiaStadion Siliwangi

Berita Terkini