x

Punya 4 Kiper, Siapa yang Jadi Penjaga Gawang Utama Persib Musim Depan?

Sabtu, 30 Desember 2017 15:18 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Abdurrahman Ranala
4 Kiper Persib

Menjelang kompetisi sepakbola Indonesia yang akan berlangsung tahun depan tampaknya membuat sejumlah klub berlomba-lomba untuk bisa mengamankan pemain idaman dan juga mengamankan pemain kunci musim lalu.

Tak terkecuali klub yang menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat, yakni Persib Bandung. Demi mengembalikan habitat asli klub di papan atas, Persib merekrut pelatih anyar asal Argentina Roberto Carlos Mario Gomez.

Mario Gomez (kiri), Fernando Soler, (Heri Setiawan), dan jajarannya.

Dirinya didatangkan karena memiliki prestasi mentereng kala membawa klub asal Malaysia Johor Darul Ta'zim merengkuh dua gelar bergengsi, yakni AFC Cup dan Liga Super Malaysia pada tahun 2015.

Usai resmi menahkodai Persib Bandung, Mario Gomez baru-baru ini mempromosikan kiper muda Persib U-19 yakni Aqil Savik. Kehadiran dirinya tentu membuat posisi penjaga gawang Maung Bandung semakin gemuk.

Imam Arief Fadillah, Muhammad Natshir, dan I Made Wirawan saat jalani latihan.

Selain itu Persib Bandung sendiri telah memiliki tiga kiper yang telah bersusah payah untuk menjadi pilihan utama. Tiga kiper tersebut adalah, I Made Wirawan, Imam Arief, dan Muhammad Natshir.

Jika ditotal, Persib Bandung telah memiliki empat kiper yang siap saling sikut untuk memperebutkan posisi utama skuat. Mereka tentunya akan melakukan yang terbaik agar dipercaya Mario Gomez.

Baca Juga

Berangkat dari hal tersebutlah, INDOSPORT coba menjelaskan kepada pembaca, kira-kira siapa yang akan menjadi penjaga gawang utama Persib Bandung dalam mengarungi musim depan.


1. I Made Wirawan

I Made Wirawan.

Pemain asal Bali ini telah memperkuat Persib Bandung sejak tahun 2012 lalu. Bahkan dirinya selalu menjadi andalan Persib Bandung setiap laga dan juga kerap kali menjadi langganan Tim Nasional Indonesia

Kiper berusia 36 tahun ini diprediksi tetap menjadi andalan Mario Gomez untuk mengawal gawang Persib musim depan. Pasalnya mantan kiper Persiba Balikpapan itu masih memiliki reflek yang sangat bagus.

I Made Wirawan bersama Timnas senior pada saat latihan di lapangan Sekolah Pelita Harapan.

Selain itu dirinya juga sangat andal dalam menenpis tendangan penalti. Dirinya mampu membaca arah bola yang ditendang oleh sang algojo.

Hal itu yang kemungkinan membuat dirinya akan terap dipercaya menjaga gawang Persib Bandung musim depan. Apalagi dirinya sudah sangat paham dengan penyerang Indonesia.

Baca Juga

Akan tetapi usia I Made Irawan sudah tidak muda lagi, sehingga dirinya diperkirakan akan gampang sekali menderita cedera. Namun pengalamannya bisa dituangkan ke kiper-kiper Persib lainnya.


2. Muhammad Natshir

Kiper Persib Bandung, Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby

Selanjutnya ada nama Muhammad Natshir. Mantan kiper Arema Indonesia ini telah berseragam Persib Bandung sejak 2014 lalu. Selain itu dirinya juga sempat mengawal gawang Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Baca Juga

Ketika I Made Wirawan berhalangan untuk tampil, dirinya selalu dapat memenuhi kepercayaan yang diberikan pelatih. Bahkann pemain 24 tahun itu memiliki reflek yang lebih baik dari seniornya.

Bola-bola yang dilesakkan dari luar maupun dalam kotak penalti sering bisa diamankan olehnya. Selain itu pemain kelahiran Bandung ini juga memiliki ketenangan yang sangat diperlukan dalam menjaga gawang klub sebesar Persib.

Kiper Persib Bandung, Muhammad Natshir.

Sehingga Natshir berpeluang besar menggeser posisi I Made Wirawan untuk musim depan. Karena Natshir sendiri kemungkinan akan menjadi kiper masa depan Maung Bandung.


3. Imam Arief Fadillah

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar (kiri) berjabat tangan dengan kiper anyar, Imam Arief Fadillah.

Pria yang akhirnya kembali ke klub pertamanya ini, siap menjadi pengrusak keharmonisan dalam urusan menjadi penjaga gawang utama Persib Bandung musim depan.

Kiper Anyar Persib Bandung, Imam Arief Fadillah

Walaupun dirinya pada musim lalu hanya menjadi kiper ketiga, akan tetapi pria 28 tahun ini siap menjadi yang pertama untuk musim depan. Dirinya akan membayar kepercayaan manajemen yang telah memperpanjang masa baktinya.

Baca Juga

Dalam sesi latihan pun dirinya sempat dipuji oleh Mario Gomez. Hal itu mengindikasikan kalau Imam Arief siap menjalani debutnya di kompetisi teratas Liga Indonesia.


4. Muhammad Aqil Savik

Kiper Timnas U-19, Muhammad Aqil Savik.

Nama Muhammad Aqil Savik muncul ketika dirinya tampil gemilang bersama Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19. Dirinya dipercaya Mario Gomez untuk dipromosikan ke tim utama.

Tampaknya kemampuan Aqil ingin dilihat langsung oleh sang pelatih di kompetisi Liga 1 2018 mendatang. Hal itu kemungkinan demi mempersiapkannya untuk menjadi kiper masa depan Persib Bandung.

Aqil Savik kiper Timnas Indonesia U-19.

Namun, jika melihat target Pangeran Biru musim depan, tampaknya pemuda 19 tahun ini kemungkinan tidak akan diturunkan langsung dari menit pertama oleh Mario Gomez.

Baca Juga

Target Maung Bandung sendiri untuk musim depan adalah bermain di kompetisi Asia sekaligus menjadi juara Liga 1. Hal itulah yang membuat Aqil kesulitan untuk bisa langsung menembus skuat utama.

Persib BandungI Made WirawanM. NatshirLiga IndonesiaImam Arief FadillahLiga 1Muhammad Aqil SavikRoberto Carlos Mario Gomez

Berita Terkini