x

Mitra Kukar, Klub yang Hobi Gaet Alumni Liga Inggris

Jumat, 5 Januari 2018 11:05 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Matheus Elmerio Giovanni

Naga Mekes akhirnya resmi mengumumkan perekrutan pemain baru mereka, Danny Guthrie. Mantan pemain Liverpool dan Newcastle ini akan membela Mitra Kukar di Liga 1 Indonesia musim 2018. Guthrie menandatangani kontrak satu musim dengan klub asal Tenggarong, Kalimantan Timur, pada hari Kamis (04/01/18).

Baca Juga

Guthrie memiliki segudang pengalaman di Liga Inggris bersama Liverpool, Southampton, Fulham, dan Newcastle. Itu diharapkan bisa menambah kekuatan lini tengah Mitra Kukar, sebab musim depan mereka menargetkan tembus posisi lima besar Liga 1 Indonesia.

Danny Guthrie saat berseragam Newcastle.

Menariknya, Tim berjuluk Naga Mekes ini sepertinya memang doyan mendatangkan pemain-pemain jebolan Liga Primer Inggris. Mengingat sebelummnya mereka sudah pernah mendatangkan beberapa pemain yang pernah mencicipi sengitnya kompetisi tersebut.

Berikut INDOSPORT membeberkan 3 pemain jebolan Liga Primer Inggris yang pernah membela Mitra Kukar.


1. Marcus Bent

Marcus Bent

Marcus Bent sempat merumput di Indonesia dan bergabung dengan Mitra Kukar pada musim 2011/12. Kala itu, Naga Mekes masih ditukangi Simon McMenemy, pelatih Bhayangkara FC saat ini. 

Bent datang ke Mitra Kukar sebagai pemain Marquee Player. Berlabel jebolan Liga Primer Inggris, ia sempat menjadi perhatian banyak orang. Sayang, eks striker Crystal Palace dab Blackburn Rovers ini hanya bertahan setengah musim di liga Indonesia, kala itu masih bernama ISL. Sejumlahkalangan berpendapat jika, ia gagal memahami cara bermain teman satu timnya.

Marcus Bent saat berseragam Everton.

Marcus Nathan Bent, lahir di Hammersmith, London, 19 Mei 1978. Ia adalah pemain sepakbola berkebangsaan Inggris yang berposisi sebagai penyerang. Bent pernah bermain di beberapa klub top Liga inggris, di antaranya Sheffield United, Everton, Wigan Athletic, Birmingham City, Quenn Park Rangers, dan Wolverhampton Wanderers.


2. Roy O'Donovan

Roy O'donovan saat bermain di Sunderland.

Mantan striker Sunderland, Roy O'Donovan pernah menjadi bagian dari Mitra Kukar awal tahun 2015 silam. O'Donovan didatangkan dari klub Brunei Darussalam, yang berlaga di S.League (Liga Singapura), DPMM FC.Namun mantan pemain Timnas U-21 Inggris ini tidak terlalu lama berseragam Naga Mekes. Kabar terkait kepindahannya pun masih simpang siur.

Saat ini O'Donovan diketahui bermain di Newcastle Jets, klub A League (Australia). Sebelummya, ia sempat bergabung dengan Central Coast Mariners FC setelah dari Mitra Kukar. 

Pemain yang memikiki paspor Irlandia ini pernah membela Sunderland (2007-2010), Blackpool (2009, pinjaman), Southend United (2009, pinjaman), Hartlepool (2010, pinjaman), dan Coventry City (2010-2013).


3. Mohamed Sissoko

Mantan pemain Liverpool, Mohamed Sissoko resmi gabung Mitra Kukar FC.

Sissoko merupakan pemain gelandang bertahan yang pernah bermain bersam Liverpool, Juventus, dan PSG. Sissoko didatangkan Mitra Kukar sebagai pemain berstatus marquee player pada tahun 2017 lalu. Sayangnya eks pemain Juventus itu tak mampu membawa Mitra Kukar menjadi juara. Klub asal Kalimantan itu terpuruk di posisi 10 klasemen akhir Liga 1 Indonesia.

Oleh karena itu, Sissoko meninggalkan Mitra Kukar dan bergabung dengan klub Meksiko, Atletico San Luis. Sissoko bermain di Mitra Kukar selama satu musim. Selama bermain di Liga 1 musim 2017, Sissoko tampil sebanyak 26 kali dengan mencetak lima gol dan dua asisst.

Mohammed Sissoko cetak gol ke gawang Persegres Gresik United.

Sebelumnya, pemain tengah berusia 32 tahun itu bermain di Eropa dan Asia. Saat di Benua berada di benua biru, Sissoko pernah berseragam Auxerre, Valencia, Liverpool, PSG, Juventus, Fiorentina, dan Levante. Setelahnya, ia pergi ke China untuk membela Shanghai Shenhua dan melanjutkan kariernya di klub India, Pune City. Pada 2017, Sissoko sempat kembali ke Italia dan membela klub kasta Serie B, Ternana sebelum berlabuh ke Mitra Kukar tahun lalu.

Mitra KukarMohamed SissokoMarcus BentLiga Indonesia

Berita Terkini