x

Termasuk Van Persie, 4 Pemain Man United Balik Ke Klub Masa Kecilnya

Sabtu, 20 Januari 2018 15:28 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
4 Eks Manchester United yang kembali ke klub masa kecilnya. Siapa saja mereka?

Mantan penyerang Manchester United dan Arsenal Robin van Persie akhirnya memutuskan untuk berpisah dengan klub Fenerbahce. Dirinya bahkan telah menentukan masa depan kariernya.

Masa depan yang dipilih oleh Van Persie bukanlah untuk gantung sepatu, melainkan dirinya akan segera bergabung dengan klub masa kecilnya di Belanda, yakni Feyenoord.

Robin van Persie kala berseragam Manchester United.

Pengumuman masa depan Van Persie sendiri, resmi diutarakan oleh Feyenoord melalui situs resmi klub. Pemain kelahiran 6 Agustus 1983 ini akan bertemu dengan pihak Feyenoord pada Senin (22/01/18).

Sekadar informasi, Van Persie pernah memperkuat Feyenoord selama tiga tahun. Dari tiga tahun tersebut, Van Persie pernah meraih satu gelar juara UEFA Cup (2001/2002).

Sang pemain sendiri mengawali perjalanan karier sepakbola profesionalnya bersama Feyenoord (1999-2004). Lalu pindah ke Arsenal (2004-2012), Manchester United (2012-2015), dan Fenerbahce (2015-2018).

Baca Juga

Berangkat dari hal tersebutlah INDOSPORT coba merangkum beberapa mantan pemain Manchester United yang kembali ke klub masa kecilnya.


1. Carlos Tevez

Carlos Tevez saat masih berseragam Manchester United.

Pemain asal Argentina Carlos Tevez juga bernasib sama dengan Robin van Persie. Pemain yang 5 Februari ini akan berusia 34 tahun rencananya akan kembali ke klub masa kecilnya Boca Juniors.

Sebab dirinya gagal memenuhi ekspektasi publik Shanghai Shenhua. Dengan gaji yang sangat mahal dan tak sebanding dengan penampilannya, dirinya harus dilepas oleh klub.

Tevez sendiri memulai karier sepakbolanya bersama Boca Juniors sejak tahun 1992-2004. Lalu dirinya membelot ke Chorintians (2005/2006) sebelum diboyong ke klub Liga Primer Inggris West Ham United (2006/2007).

Carlos Tevez tengah mengejar bola saat masih berseragam Manchester United.

Tak hanya sampai disitu, Tevez juga sempat berseragam Manchester United (2007-2009), Manchester City (2009-2013), Juventus (2013-2015), hingga akhirnya kembali ke Boca Juniors (2015/2016), dan Shanghai Shenhua (2017).

Untuk musim depan, Tevez dikabarkan akan menghabiskan kariernya bersama Boca Juniors, klub yang berhasil mengangkat derajatnya.


2. Wayne Rooney

Wayne Rooney saat mengenakan kostum Manchester United.

Legenda Manchester United, Wayne Rooney, kembali ke klub masa kecilnya pasca 13 tahun malang melintang bersama Setan Merah. The Wazza (sebutan Rooney) kembali dengan sosok yang lebih dewasa, dan tentunya pengalaman yang lebih mumpuni.

Pasalnya, di tahun 2004 Rooney pergi meninggalkan kampung halamannya di Goodison Park menuju Old Trafford dengan umur yang terbilang masih belia sebagai seorang pesepakbola profesional, yakni 18 tahun.

Wayne Rooney melakukan tendangan salto kala melawan Manchester City di tahun 2011.

Rooney merupakan salah satu produk asli akademi Everton. Sehingga ketika dirinya sudah tidak dibutuhkan lagi di Mancheseter United, dirinya langsung mantap memilih Everton untuk menghabiskan karier sepakbolanya.


3. Gerard Pique

Gerard Pique saat masih membela Manchester United.

Bek kenamaan Spanyol Gerard Pique juga merasakan hal yang sama dengan Van Persie. Dirinya kembali memilih ke klub masa kecilnya, yakni Barcelona.

Pique sendiri merupakan produk asli akademi Barcelona La Masia. Pemain 30 tahun ini memulai kariernya dengan masuk akademi Barcelona sejak tahun 1997 hingga 2004 lalu.

Kemudian pada tahun 2004, dirinya menerima pinangan Manchester United yang kala itu diarsiteki oleh Sir Alex Ferguson. Akan tetapi selama membela Man United empat tahun, Pique tak mendapat kepercayaan mengawal barisan pertahanan Setan Merah.

Gerard Pique (kiri) merayakan gol bersama Nemanja Vidic (kanan) kala masih memperkuat Manchester United.

Pique sendiri sempat dipinjamkan ke Real Zaragoza pada musim 2006/2007 dan bermain sangat bagus. Tetapi itu tidak cukup di mata sang manajer.

Hingga pada tahun 2008, dirinya menerima pinangan klub masa kecilnya, yakni Barcelona. Pique sendiri menjadi pemain andalan bersama El Barca hingga kini.


4. Paul Pogba

Paul Pogba tampil impresif kontra Stoke City

Pemain termahal keempat dunia, yakni Paul Pogba juga mengalami apa yang dirasakan oleh Robin van Persie. Pogba juga kembali ke klub yang sangat dicintainya sejak kecil, yakni Manchester United.

Pogba sendiri mengawali karier sepakbolanya dengan bermain di klub Roissy-en-Brie (1999-2006). Lalu bergabung ke Torcy (2006/2007), Le Havre (2007-2009), dan berlabuh ke Manchester United (2009-2011).

Jose Mourinho dan Paul Pogba dalam sesi latihan Man United.

Usai tak mendapat kesempatan bermain di klub berjuluk Setan Merah itu, Pogba akhirnya menerima tawaran Juventus. Selama empat tahun di Juventus, pemain 24 tahun ini membuktikan diri kalau Man United salah mengabaikannya.

Hingga manajer Jose Mourinho membesut Man United pada 2016 lalu, Pogba langsung diboyong lagi untuk pulang dan mengabdi bersama Manchester United (2016-sekarang).

Manchester UnitedCarlos TevezWayne RooneyRobin van PersiePaul PogbaGerard PiqueFeyenoordBola Internasional

Berita Terkini