x

Catat Sejarah, Vietnam Lolos ke Final Piala Asia U-23

Selasa, 23 Januari 2018 21:10 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Joko Sedayu
Vietnam U-23 lolos ke final Piala Asia U-23.

Persepakbolaan Vietnam U-23 baru saja mengukir sejarah baru di turnamen Piala Asia U-23. Secara mengejutkan, mereka berhasil lolos ke partai puncak setelah mengalahkan Qatar U-23 dengan cara dramatis.

Vietnam berhasil mendapatkan tempat di partai puncak usai menyingkirkan Qatar lewat drama adu penalti. Padahal, mereka sempat tertinggal dua kali pada 90 menit laga normal. Namun dengan kerja keras para pemain, Vietnam berhasil memupuskan mimpi Qatar untuk menjuarai turnamen tersebut.

Baca Juga

Tim besutan Park Hang-seo tersebut harus tertinggal lebih dulu setelah Qatar mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-39. Akram Hassan Afif pun berhasil menjalankan tugasnya dengan sebagai eksekutor penalti dan mengubah skor menjadi 1-0.

Tertinggal satu gol membuat Vietnam menampilkan permainan terbuka di babak kedua. Mereka pun berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat bintangnya, Quang Hai Nguyen pada menit ke-69.

Bintang Vietnam, Quang Hai Nguyen (depan).

Vietnam kembali tertinggal pada menit ke-87 lewat gol Ali Abdulla. Hebatnya, Vietnam berhasil membalasnya secara kontan satu menit berselang. Lagi-lagi, Quang Hai berhasil menyelematkan asa Vietnam pada laga tersebut lewat gol fantastisnya dari luar kotak penalti.

Berkat gol indah tersebut membuat kedua tim terpaksa melanjutkan pertandingan hingga babak adu penalti. Pada babak tersebut, Vietnam berhasil unggul 4-3 dan berhak lolos ke babak final Piala Asia U-23.

Pada laga final, Vietnam akan berhadapan dengan Uzbekistan U-23, yang mengalahkan Timnas Korea Selatan U-23 dengan skor 4-1 melalui babak tambahan waktu. Laga final akan dimainkan di Changzhou Olympic Sports Centre, Sabtu (27/01/18).

QatarVietnamBola InternasionalPiala Asia U-23

Berita Terkini