x

Bukan Hanya Sanchez, Deretan Pemain Bintang Ini Pernah Dilepas Arsenal

Kamis, 25 Januari 2018 08:46 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Mantan pemain Arsenal tertunduk lesu.

Arsenal sejak beberapa tahun ke belakang terkenal sebagai klub yang menjadi gudang pembelian para pemain bintang oleh klub-klub rival mereka di Liga Primer Inggris. Kondisi tersebut membuat The Gunners kerap disebut berperan sebagai pemasok yang menjual bakat-bakat bertaraf internasional.

Predikat mereka sebagai penjual pemain bintang semakin meningkat di setiap musim. Terlebih ketika para rival mereka di liga domestik berencana akan menghabiskan dana besar dengan menjarah pemain berkualitas mereka. Arsene Wenger tampaknya terlalu puas membiarkan pemain terbaiknya pergi, terutama ke duo Manchester.

Alexis Sanchez resmi ke Man United.

Yang terbaru, klub yang bermarkas di Emirates Stadium ini baru saja menjual pemain bintangnya, Alexis Sanchez ke Manchester United. Sebuah kondisi yang sedikit memprihatinkan, mengingat pemain asal Chile tersebut sudah menjadi andalan Arsenal di setiap pertandingan.

Baca Juga

Sebagai klub yang dianggap menantang dalam perburuan gelar liga dalam beberapa dekade terakhir, kebiasaan Arsenal ini dirasa sangat membingungkan. Banyak pihak yang mempertanyakan berapa banyak kekayaan dan prestasi Arsenal kini, jika mereka lebih berusaha mempertahankan pemain bintang mereka selama bertahun-tahun.

Sebelum Alexis Sanchez, Arsenal sudah melepaskan para pemain dalam daftar yang berhasil INDOSPORT rangkum berikut ini:


1. Robin van Persie

Robin van Persie saat memperkuat Manchester United.

Pemain tim nasional Belanda ini meninggalkan Arsenal setelah melakoni musim 2011/12 yang sangat impresif di Emirates Stadium. Sayangnya Van Persie memilih untuk meninggalkan Arsenal untuk bergabung dengan Manchester United di awal musim 2012/13, untuk merasakan gelar juara liga.

Van Persie sendiri memang pantas untuk mendapatkan apa yang ia inginkan, terlebih dirinya adalah seorang pemain bintang yang telah mencatat 26 gol dalam 38 penampilannya di ajang Liga Primer Inggris kala itu.


2. Samir Nasri

Samir Nasri saat masih memperkuat Manchester City.

Setelah beberapa musim yang cemerlang di Arsenal, playmaker asal Prancis ini mulai meledak di musim 2010/11 Liga Primer Inggris. Saat itu ia berhasil mengukir prestasi indah dengan catatan 10 gol dalam 30 penampilannya sebagai gelandang Arsenal.

Sayangnya Arsenal tak mampu menahan hasrat Nasri untuk berpindah klub di jendela transfer musim panas 2011. Nasri akhirnya bergabung dengan Manchester City dengan nilai transfer sekitar 25 juta poundsterling (Rp470 miliar).

Bersama The Citizens, Nasri pun bisa merasakan rasanya menjadi seorang juara, sesuatu yang sebelumnya tidak ia rasakan ketika memperkuat Arsenal. Di Man City, Nasri sukses meraih dua gelar juara Liga Primer Inggris, satu gelar juara Community Shiel, dan satu gelar juara Piala Liga Inggris.


3. Cesc Fabregas

Cesc Fabregas saat bermain untuk Chelsea.

Transfer Fabregas ke Chelsea menjadi sebuah hal yang sangat memuakan bagi para suporter The Gunners. Mantan kapten Arsenal ini menjadi pemain kunci yang menggantikan peran Patrick Vieira saat usianya baru menginjak 18 tahun.

Di jendela transfer musim panas 2011, Fabregas meinggalkan The Gunners untuk kembali ke klub masa kecilnya, Barcelona. Sayangnya Arsene Wenger tak mampu untuk membujuk gelandang asal Spanyol ini untuk kembali ke Emirates Stadium di tahun 2014. Sebaliknya, Fabregas justru memilih untuk bergabung dengan klub London lainnya, Chelsea.

Bersama Chelsea sendiri, Fabregas akhirnya merasakan satu gelar juara yang sebelumnya tidak pernah ia rasakan, yakni mengangkat trofi juara Liga Primer Inggris pada musim 2014/15 dan 2016/17.

ArsenalCesc FabregasRobin van PersieSamir NasriAlexis SanchezLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini