x

Melangkah ke Final AFC, Kapten Vietnam U-23 dapat Suntikan Semangat

Jumat, 26 Januari 2018 12:30 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Xuan Truong, kapten Timnas Vietnam U-23.

Sama sekali tidak diunggulkan, secara mengejutkan Tim nasional Vietnam U-23 berhasil melaju ke partai final Piala Asia U-23 2018 yang berlangsung di Tiongkok. Tim Naga Emas sukses mengalahkan Qatar lewat adu pinalti untuk kemudian menantang Uzbekistan pada partai final yang akan digelar Sabtu (27/01/18).

Mencatatkan diri sebagai negara Asia Tenggara Pertama yang bisa menembus partai final kejuaraan junior sepak bola Asia tersebut, membuat publik Vietnam menggelar perayaan dengan luar biasa.

Selepas mengalahkan Qatar, hampir seluruh masyarakat Vietnam serempak memadati jalan diberbagai sudut kota Hanoi dan Ho Chi Minh. Jalanan penuh dengan orang yang berjalan berinringan, menyanyi sambil mengibarkan bendera negara Vietnam. Jalan raya seakan menjadi lautan merah. 

Masyarakat Vietnam melakukan konvoi usai Timnasnya lolos ke final Piala Asia U-23.

Perayaan luar biasa masyarakat Vietnam tersebut, nyatanya dilihat Kapten Vietnam, U-23 Luong Xuan Truong sebagai motivasi tambahan guna menghadapi partai Final.

“Saya kagum, semua orang di Vietnam 'menggila', dan itu merupakan suntikan motivasi terbaik untuk pemain yang ada di Tiongkok," ungkapnya seperti dilansir halaman resmi Asian Football Confederation (AFC). 

“Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka, dan kami akan mencoba meberikan mereka hadiah terbaik dibabak final nanti," tambah pemain Gangwon FC ini.

Sementara itu, pelatih Vietnam asal Korea Selatan, Park Hang-seo menyatakan bahwa pencapaian mereka sampai saat ini merupakan hasil dari keringatdan usaha semua pemain.

Baca Juga

"Saya mengatakan kepada seluruh pemain untuk lebih berjuang agar tidak mengecewakan rakyat Vietnam, jangan buat mereka kecewa," ungkap mantan assisten Guss Hiddink ini.

VietnamAFC CupBola InternasionalPiala Asia U-23

Berita Terkini