x

Pindah ke Kuala Lumpur FA, Ini Fakta Menarik Achmad Jufriyanto

Sabtu, 27 Januari 2018 16:27 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Abdurrahman Ranala
Achmad Jufriyanto resmi tinggalkan Persib Bandung.

Bek senior Persib Bandung, Achmad Jufriyanto, berpamitan kepada rekan-rekannya di Persib dan para Bobotoh di laga terakhirnya kemarin melawan PSM Makassar (26/01/18).

Jupe, sapaan akrabnya, akan bermain untuk salah satu klub Malaysia, Kuala Lumpur FA. Jupe juga menuturkan tawaran dari Malaysia dan Thailand sudah ada sejak Liga 1 2017 berakhir.

Baca Juga

Sebelumnya Jupe juga pernah meninggalkan Persib Bandung di tahun 2015 lalu dan bergabung bersama Sriwijaya FC. Namun hanya bertahan semusim, Jupe kembali ke Bandung.

Achmad Jufriyanto resmi tinggalkan Persib Bandung.

Ayah dua anak ini ternyata pernah tak dipercaya keluarganya akan menjadi pesepakbola andal seperti sekarang. Selain itu, Jupe juga merupakan penggemar Gado-Gado dan Tahu Petis. Dilansir dari berbagai sumber, berikut INDOSPORT merangkum beberapa fakta menarik lainnya tentang Achmad Jufriyanto.


1. Waktu Kecil, Keluarga Tak Yakin Jupe Akan Jadi Pemain Bola

Caption

Dalam wawancara Jupe dengan Pandit Football, ia pernah menyebut jika waktu kecil keluarganya sempat tak percaya bahwa dirinya akan menjadi pesepakbola.

Tinggi badan yang pas-pasan juga membuat keluarga tak optimistis akan karier Jupe. Namun ayah dua anak ini dengan semangat membuktikan, bahwa omongan keluarganya adalah salah.

Waktu kecil mas, badan saya itu kecil, pendek. Malah, keluarga saya sempet bilang kalau saya tidak bakal jadi seorang pesepakbola,” kenangnya. “Terus, sejak itu saya mulai banyak makan, uang hasil ikutan turnamen Soeratin sama Bogasari dikumpulin untuk beli vitamin. Akhirnya, pas saya dewasa badan saya jadi tinggi. Karena badan tinggi inilah, pelatih sering nempatin saya menjadi seorang bek."

Memang, tinggi badan Jupe yang mencapai kurang lebih 1,8 meter membuat dirinya ideal menjadi seorang bek. Selain bek, ternyata Jupe juga handal untuk menjadi bek kiri, kanan, ataupun gelandang bertahan. Namun, dirinya mengungkapkan bahwa ia sudah nyaman menjadi seorang bek.


2. Sudah Masuk Skuat Timnas Sejak 2005

Achmad Jufriyanto dan Febri Hariyadi

Keahlian Jupe dilapangan hijau memang tak diragukan lagi. Terbukti, sejak tahun 2005 silam, dirinya sudah berhasil berseragam Timnas Indonesia U-21.

Jupe juga menjadi bagian skuat Garuda Muda U-23 dibawah asuhan Ivan Kolev yang berlaga di Sea Games 2007 di Thailand. Lalu, sejak tahun 2013 Jupe sudah rutin membela Timnas Indonesia senior. 


3. Pecinta Gado-Gado dan Tahu Petis

Achmad Jufriyanto (kiri) kawal Rafid Lestaluhu.

Pemain kelahiran Tangerang ini ternyata pernah mengungkapkan dua makanan favoritnya kepada Kompas, saat kembali bela Persib setelah hijrah ke Sriwijaya FC selama setahun.

"(Kangen) gado-gado, tahu petis di depan. Kadang kalau malam enggak ada makanan cuma ada itu, dia tinggal dipanggil nanti diantar ke atas (di Mes Persib)," ujar Jupe .


4. Sudah Pernah Perkuat 5 Klub

Achmad Jufriyanto dan Vladimir Vujovic Pemain Persib Bandung

Dilansir dari transfermarkt.com, Jupe pernah memperkuat lima klub dalam negeri sebelum memutuskan bergabung dengan Kuala Lumpur FA di awal tahun 2018 ini.

2008 : Jupe memutuskan pindah dari Persita Tangerang dan bergabung dengan Arema FC.

2009 : Dari Arema FC dia pindah dan bergabung dengan Pelita Jaya.

2010 : Bergabung dengan Sriwijaya FC.

2013 : Bergabung dengan Persib Bandung.

2016 : Kembali bergabung dengan Sriwijaya FC.

2017 : Kembali memperkuat Persib Bandung.


5. Dua Kali Membawa Persib Juara

Pemain Persib Bandung, Achmad Jufriyanto

Saat bergabung dengan Persib, Jupe, sapaan akrabnya ini berhasil membawa Persib juara di Indonesia Super League 2014 dan Piala Presiden 2015.

Setelah berhasil bawa Persib juara, Jupe mengepak koper dari Bandung menuju Palembang untuk bermain bersama Sriwijaya FC. Namun hanya semusim bersama Laskar Wong Kito, Jupe kembali lagi ke Bandung ditahun 2016.

Persib BandungPersita TangerangSriwijaya FCAchmad JufriyantoPiala PresidenTimnas IndonesiaLiga IndonesiaPiala Presiden 2018

Berita Terkini