x

5 Striker Anyar Calon Topskor Liga 1 2018

Senin, 29 Januari 2018 20:59 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim

Liga 1 2018 memang belum dimulai. Akan tetapi, sejumlah rekrutan anyar sudah menunjukkan aura bintangnya bersama tim baru. Sebut saja Marko Simic di Persija Jakarta hingga striker gaek, Cristian Gonzales yang tidak lupa caranya mencetak gol meski sudah termakan usia.

Jika musim 2017 ada nama Sylvano Comvalius yang menggila dengan torehan 37 gol, maka kali ini ada sekitar lima nama yang diprediksi akan bersinar serta bersaing menjadi top skor. Karenanya rekrutan anyar itu mulai berlomba-lomba membobol gawang lawan pada ajang pra musim seperti Piala Presiden 2018 hingga turnamen kecil yang diikuti. 

Marquee Player Bali United, Sylvano Comvalius jadi top skor Liga 1 2016.

Menariknya dua nama diantaranya baru kali ini merasakan kerasnya sepakbola Indonesia. Sedangkan tiga lainnya sudah malang melintang di kompetisi Tanah Air, tetapi belum lama bergabung dengan klub baru kecuali Greg Nwokolo yang sudah dua tahun bersama Madura United.

Lantas siapa saja yang akan mengikuti kisah Sylvano Comvalius? Berikut INDOSPORT mencoba memaparkan untuk pembaca setia.


1. Marko Simic (Persija Jakarta)

Penyerang asing Persija Jakarta, Marko Simic.

Setelah kehilangan Bruno Lopes yang pindah ke Liga Malaysia, Persija Jakarta langsung mendapatkan pengganti yang sepadan yakni Marko Simic. Pemain anyar asal Kroasia ini sudah menunjukkan tajinya dengan torehan tiga gol di Piala Presiden 2018.

Sebelumnya, Simic juga mencetak dua gol saat Persija tampil di Suramadu Super Cup. Tak hanya itu, pemain 30 tahun itu juga mengantarkan Persija meraih trofi pra musim, Boost Sportsfix Super Cup 2018, dimana dirinya juga membobol gawang tim Thailand, Ratchaburi FC. 

Dengan catatan enam gol di ajang pra musim ini, tentu bek-bek lawan di Liga 1 harusnya sudah mempelajari gaya bermain Simic jika tidak ingin gawang timnya di bobol. Apalagi, Persija telah melakukan pembelian beberapa pemain untuk mendongkrak performa tim dan juga kinerja Simic.


2. Guy Junior (PSM Makassar)

Guy Junior jalani latihan bersama PSM Makassar.

Pemain yang satu ini memang bukan nama baru di persepakbolaan Indonesia. Namun, keputusannya untuk bergabung bersama PSM Makassar menuju Liga 1 2018 nampaknya cukup tepat. Sejauh ini dirinya sudah tampil dalam beberapa laga pra musim dan sukses mencuri perhatian lewat empat gol yang sudah diciptakan.

Guy mencetak tiga gol di Supercup Asia 2018 sekaligus keluar sebagai top skor. Sedangkan satu gol lainnya ditorehkan saat PSM kalah 1-2 dari PSMS Medan di laga perdana Piala Presiden di grup A.

Kehadiran dan juga ketajaman Guy Junior seolah membuat pendukung PSM Makassar sejenak melupakan penyerang top musim lalu yakni Ferdinand Sinaga yang hijrah ke Liga Malaysia. Selain itu, pemain 31 tahun itu juga telah terbukti kemampuannya dengan mengantarkan Bhayangkara FC menjadi juara Liga 1 2017.

Memang terlalu dini untuk berharap banyak pada ketajaman Guy Junior. Akan tetapi setidaknya, pemain kelahiran Kamerun itu membuktikan ia sudah cocok dengan gaya permainan PSM dan kepelatihan Robert Rene Alberts. Karenanya menarik ditunggu kiprah mantan pemain PSS Sleman itu di kompetisi sebenarnya.


3. Fernando Rodriguez (Mitra Kukar)

Fernando Rodrigues Ortega selebrasi.

Musim ini adalah pertama kalinya pemain berkebangsaan Spanyol itu merumput di Liga Indonesia. Ia didatangkan untuk mengisi lini depan Mitra Kukar sepeninggal striker andalan Marclei Cesar yang memutuskan pindah ke Liga Thailand.

Tak butuh waktu lama bagi Fernando untuk beradaptasi dengan gaya bermain Naga Mekes. Terbukti, sejauh ini dirinya sudah mencetak tiga gol di Piala Presiden 2018 serta satu lainnya di laga uji coba melawan Johor Darul Ta'zim beberapa waktu lalu. Nampaknya, faktor kedekatan dengan pelatih Rafael Berges yang juga satu negara dengannya berjalan sukses.

Sebelum ke Mitra Kukar, Fernando sejatinya adalah mesin gol bagi klub Filipina, Ceres-Negros FC dan mengantarkan klubnya juara di liga utama.  Meski baru ajang pra musim, setidaknya pemain 30 tahun itu sudah membuktikan diri pantas diperhitungkan. Apalagi dalam beberapa tahun belakangan Mitra Kukar dikenal selalu mendatangkan striker haus gol seperti Marlon da Silva, Marclei Cesar hingga Patrick Cruz. 


4. Greg Nwokolo dan Cristian Gonzales (Madura United)

Cristian Gonzales resmi gabung Madura United.

Pemain naturalisasi milik Madura United ini termasuk salah satu striker yang harus diperhitungkan bek-bek lawan. Di ajang Piala Presiden kali ini, Greg sudah mencetak tiga gol dan juga tiga assists. Penampilan mantan pemain Persija Jakarta itu diyakini semakin moncer setelah musim lalu mengoleksi 11 gol.    

Kerja Greg Nwokolo kemungkinan juga akan semakin mudah seiring dengan kehadiran pemain-pemain berkualitas di Madura United seperti Cristian Gonzales, Raphael Maitimo, Marcel Sacramento hingga kapten Timnas Tajikistan, Noureddine Davranov. Kolaborasi mereka sangat mungkin akan membuat tim lawan kewalahan di Liga 1 mendatang.

Khusus Gonzales, namanya juga layak diperhitungkan. Meski tidak muda lagi, Gonzales adalah top skor Piala Presiden musim lalu dengan 11 gol dan sejauh ini sudah mencetak dua gol di Piala Presiden 2018. Sesuatu yang mungkin saja tergolong langka mengingat usianya sudah 41 tahun. 

Persija JakartaMitra KukarCristian GonzalesGreg NwokoloPSM MakassarMadura United FCLiga IndonesiaGuy Junior Nke OndouaLiga 1Marko SimicFernando Rodriguez

Berita Terkini