x

Piala Presiden 2018 dan Klub-klub yang Bernostalgia di Stadion Manahan Solo

Jumat, 2 Februari 2018 06:00 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Prio Hari Kristanto
Stadion Manahan Solo.

Piala Presiden 2018 telah memasuki babak delapan besar. Pada babak tersebut sejumlah tim akan memulai pertandingannya pada 3 dan 4 Februari 2018. Mereka akan bermain pada sora dan malam hari

Pihak penyelenggara kompetisi menunjuk Stadion Manahan Solo sebagai tempat untuk menggelar pertandingan bergengsi ini. Dipilihnya Stadion Manahan karena letaknya yang berada di pusat Kota Solo.

Konferensi pers drawing babak 8 besar Piala Presiden 2018

Selain itu Stadion Manahan menjadi tempat yang netral untuk semua klub yang mencapai babak delapan besar. Hal itu demi menghindari kecemburuan sosial bagi sebagian suporter.

Apalagi stadion tersebut memiliki kapasitas 25.000 kursi penonton. Selain itu stadion ini juga telah mengalami renovasi, dari penggantian rumput, permukaan tanah, hingga sistem drainase lapangan.

Stadion Manahan, Solo.

Akan tetapi Stadion Manahan Solo memiliki kisah tersendiri bagi sejumlah klub yang berpartisipasi dalam ajang Piala Presiden kali ini. Bagaimana tidak, pada babak ini sejumlah tim akan bermain habis-habisan demi lolos ke babak final.

Jika diingat kembali, pada turnamen pramusim Piala Presiden 2017 lalu, delapan tim mulai dari Borneo FC, Madura United, Persib Bandung, Mitra Kukar, Semen Padang, Bhayangkara FC, Arema FC, dan Sriwijaya FC bertarung babak perempat final di Stadion Manahan.

Baca Juga

Lalu pada Piala Presiden 2018, beberapa dari klub tadi juga mampu mencapai babak ini. Oleh karena itu INDOSPORT coba bernostalgia akan kiprah klub yang dimaksud di Stadion Manahan Solo. Siapa saja klub yang dimaksud? 


1. Mitra Kukar

Logo klub Mitra Kukar

Pada Piala Presiden 2017 lalu, Mitra Kutai Kartanegara (Kukar) tergabung dalam Grup 1 bersama Persegres Gresik United, Persipura Jayapura, dan PSS Sleman.

Bahkan Mitra Kukar berhasil menjadi jawara Grup 1 Piala Presiden 2017 dan melenggang ke babak perempat final di Stadion Manahan Solo. Di babak tersebut Mitra Kukar langsung bertemu dengan Persib Bandung. Namun sayang langkah mereka harus terhenti usai kalah 3-2 dari Persib.

Selebrasi pemain Mitra Kukar.

Pada Piala Presiden 2018 kali ini Mitra Kukar akan menghadapi Persija Jakarta, Minggu (04/02/18) di Stadion Manahan Solo juga. Akankah Mitra Kukar kembali gagal melaju ke babak selanjutnya seperti tahun lalu? Mari saksikan bersama.


2. Madura United

Logo Madura United.

Madura United pada pagelaran piala Presiden 2017 lalu juga mampu sampai ke babak delapan besar. Sebelumnya klub berjuluk Laskar Sapeh Kerrab ini menjadi runner up klasemen Grup 5.

Pada babak delapan besar ini, Madura United berhadapan dengan Borneo FC tanggal 25 Februari 2017 lalu. Akan tetapi perjuangan mereka kandas usai kalah 5-4 di babak adu penalti setelah selama 90 menit bermain tanpa gol.

Para pemain Madura United melambaikan tangan kepada suporter.

Pada Piala Presiden 2018, Madura United berhadapan dengan Bali United, Sabru (03/02/18). Apakah langkah Madura United kali ini bisa lebih jauh dari musim lalu?


3. Sriwijaya FC

Caption

Piala Presiden 2017 babak perempat final berlangsung di Stadion Manahan Solo. Sriwijaya FC pada ajang tahun lalu lolos ke babak delapan besar usai berada di posisi dua klasemen Grup 4.

Namun pada babak tersebut mereka langsung berhadapan dengan Arema FC. Bahkan, perjalanan Sriwijaya FC hanya sampai di perempat final saja karena kalah tipis 1-0 dari Arema FC.

PSMS Medan vs Sriwijaya FC

Digelaran Piala Presiden 2018, Sriwijaya FC kembali berhadapan dengan Arema FC di stadion yang sama. Laga ini tentu saja menjadi ajang pembalasan bagi klub berjuluk Laskar Wong Kito terhadap Singo Edan.


4. Arema FC

Logo Arema FC

Di Piala Presiden 2017 lalu, Arema FC keluar sebagai jawara di Grup 2 dengan mengemas tujuh poin. Lalu mereka melaju ke babak perempat final yang digelar di Stadion Manahan Solo.

Di babak tersebut, Arema FC berhadapan dengan Sriwijaya FC. Klub berjuluk Singo Edan ini berhasil mengandaskan harapan Laskar Wong Kito ke babak selanjutnya usai menang dengan skor tipis 1-0. Adam Alis menjadi pencetak gol satu-satunya dalam laga ini.

Hendro Siswanto dan Purwaka Yudhi saat adu kaki berebut bola dengan pemain Bhayangkara FC

Kemenangan bagi Arema FC terus berlanjut ketika memasuki babak semifinal, di mana mereka mampu menundukan Semen Padang dengan skor 5-3. Pertandingan tersebut dimainkan dua babak atau laga kandang-tandang.

Melaju ke babak final Piala Presiden 2017, Arema FC sudah ditunggu oleh Borneo FC. Akan tetapi, Singo Edan mampu memupuskan harapan Borneo FC dengan skor 5-1 dan menjadi juara.

Baca Juga

Di edisi kali ini, Arema FC kembali berhadapan dengan Sriwijaya FC di babak perempat final Piala Presiden 2018. Bermain di stadion yang sama pada musim lalu, dapatkah Arema FC kembali memenangkan laga nanti?

Mitra KukarSriwijaya FCPiala PresidenLiga IndonesiaArema FCMadura FCPiala Presiden 2018

Berita Terkini