x

4 Fakta Mencengangkan Kedah FA, Klub yang Sukses Gaet Andik Vermansah

Jumat, 9 Februari 2018 05:59 WIB
Editor: Lanjar Wiratri

Foto-foto Andik yang mengenakan seragam Kedah FA mengindikasikan jika ia telah resmi bergabung dengan klub Liga Super Malaysia tersebut. Meski belum ada pernyataan resmi, namun nampaknya berita tersebut mendekati kebenaran.

Andik nampak didampingi oleh pengurus klub tersebut, yakni Haris Che Mat dan telah berada di Alor Ketar untuk segera bergabung dengan Kedah FA. Sebelumnya, santer disebutkan jika gelandang lincah berusia 26 tahun tersebut akan merapat ke Persib.

Baca Juga

Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomez, juga telah mengungkapkan jika saat ini pihaknya tengah melakukan negosiasi dengan mantan pemain Selangor FA tersebut bahkan Gomez mengklaim Andik akan segera diumumkan sebagai pemain anyar Maung Bandung.

“Mungkin saja minggu depan. Kita masih ingin mendatangkan pemain lokal dan saya tahu kualitas Andik, dia pemain yang sangat bagus," kata pelatih asal Argentina ini di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Sabtu (03/02/2018).

Namun alih-alih bergabung ke Persib, Andik justru merapat ke Kedah FA saat ini. Jika resmi bergabung dengan Kedah FA, maka eks pemain Persebaya itu memilih untuk kembali berkarier di Negeri Jiran setelah di musim lalu memperkuat Selangor FA.

Berikut INDOSPORT sajikan beberapa fakta mencengangkan Kedah FA sebelum akhirnya ‘resmi’ disebut merekrut Andik Vermansah.


1. Sempat Ikuti Turnamen Suramadu Cup 2018

Andik Vermansah resmi gabung Kedah FA?

Kedah FA sempat berlaga di ajang Suramadu cup 2018 yang telah digelar di Madura Januari lalu. Mengikuti Turnamen Suramadu Cup 2018, Kedah FA menjadikan ajang tersbeut sebagai pemanasan sebelum menghadapi Liga Super Malaysia.

Di ajang Suramadu Cup 2018, tim berjuluk Hijau-Kuning itu menjajal kekuatan klub-klub Indonesia seperti Persija, Madura United, dan Persela Lamongan. Meski pada akhirnya Kedah Fa tak berhasil meraih gelar juara karena Madura United yang sukses merebutnya.

Ajang Suramadu Cup 2018 yang diikuti Kedah FA juga menjadi bagian dari turnamen untuk menambah pengalaman bagi para pemain muda yag perlu menambah jam terbang mereka.


2. Punya Tradisi Unik Beri Instruksi di Bench

Skuat Kedah FA.

Ada hal unik yang juga terkuak dari Kedah FA saat mengikuti ajang Suramadu Cup 2018. Umumnya, di dalam sepakbola ketika jeda turun minum maka kedua tim yang bertanding akan memasuki ruang ganti.

 Entah untuk mengganti jersey atau yang terpenting mengatur strategi untuk babak kedua.  Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku bagi Kedah FA. Dalam gelaran turnamen Suramadu Super Cup (SSC), klub asal Malaysia tersebut mendapat perhatian media karena memiliki kebiasaan yang tak lazim, yaitu mendiskusikan taktik langsung di lapangan, tepatnya di depan bench pemain.  

“Kebiasaan ini sebenarnya dibawa oleh sang pelatih, Ramon Marcote. "Kami selalu melakukannya di sini. Ya, di atas lapangan yang menjadi tempat pertandingan," ucap Pelatih Kedah FA tersebut.

Ramon pun membeberkan alasannya terkait tradisi unik yang dilakukan Baddrol Bakhtiar dkk itu. Menurutnya, akan lebih baik mendinginkan kondisi pemain untuk cepat beradaptasi dengan cuaca, ketimbang masuk ke ruang ganti dengan temperatur yang berbeda.

 "Kenapa Anda bertanya kenapa saya melakukannya di atas lapangan? Karena cuaca di lapangan begitu bagus," kata Pelatih Kedah FA tersebut.
 


3. Sudah Lama Incar Andik Vermansah?

Marcel Sacramento terus ditempel ketat oleh bek Kedah, Mohamad Hidhir Idris

Sebelum akhirnya disebut-sebut telah resmi mengontrak Andik, Kedah FA memang telah lama membidik beberapa pemain Indonesia. Ajang Suramadu Cup lalu sekaligus menjadi sesi pemantauan klub Negeri Jiran itu untuk menandai pemain-pemain Tanah Air mana yang akan mereka rekrut.

Kedah memang tak berhasil menjadi yang terbaik dalam turnamen pramusim pertama mereka di Indonesia. Namun, tim berjulukan Elang Merah itu mengakui sudah mendapatkan satu nama pemain asal Indonesia yang sedang dijajaki untuk diboyong ke Malaysia.

"Ya, ada pemain asal Indonesia yang saya lihat bagus. Mungkin saja bisa saya bawa," ujar sang pelatih, Ramon Marcote, Januari lalu.

Daftar gaji yang tersebar di media sosial

Marcote neggan menyebut nama pemain Indonesia yang menjadi incarannya, namun jika sekarang Andik benar-benar resmi bergabung dengan Kedah FA, maka bisa jadi itulah jawabannya. Kedah FA memang sebelumnya mengakui untuk membuka peluang merekrut pemain asal Indonesia, jika dinilai punya kualitas bagus sepanjang turnamen Suramadu Super Cup.

 Apalagi, format di Liga Super Malaysia juga turut berubah dengan komposisi 2 pemain bebas federasi, dan 2 lainnya berasal dari Asia dan Asia Tenggara. 
 

Kedah FAAndik VermansahLiga Super MalaysiaLiga Indonesia

Berita Terkini