x

5 Alasan Barcelona Lebih Dijagokan Menang Ketimbang Chelsea

Rabu, 14 Februari 2018 20:59 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Lanjar Wiratri
Barcelona vs Chelsea.

Chelsea akan menjalani laga sulit saat kembali bersaing Liga Champions Eropa musim 2017/18. Tim yang memiliki julukan The Blues tersebut akan menghadapi raksasa La Liga Spanyol Barcelona di babak 16 besar.

Laga yang akan dilangsungkan pada pekan depan tersebut, tentunya akan menjadi mudah bagi Barcelona. Mengingat tim asal Catalan tersebut memiliki performa yang sangat baik di liga domestik musim ini.

Baca Juga

Tim besutan Ernesto Valverde tersebut belum menelan satu pun kekelahan dalam tujuh laga terkahir mereka di semua kompetisi. Mereka mampu meraih lima kemenangan dan dua kali hasil imbang.

Catatan itu pun berbanding terbalik dengan apa yang dialami Chelsea pada musim ini. Dalam beberapa pekan terakhir, tim yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut meraih hasil buruk dengan dua kekalahan kontra tim papan bawah. Parahnya, mereka menelan kekalahan dengan selisih tiga gol.

Chelsea lesu saat harus kalah 3-0 dari Bornemouth.

Namun Chelsea juga memiliki catatan yang manis saat berhadapan dengan Barcelona. Tim yang kini dibesut Antonio Conte tersebut pernah menyingkirkan Barcelona di semifinal Liga Champions musim 2011/12.

Namun kali ini situasinya berbeda. Barcelona lebih dianggap memiliki peluang besar pada laga nanti. Berikut beberapa alasan mengapa Barcelona diunggulkan pada laga kontra Chelsea.


1. Hazard Bertarung Sendirian

Eden Hazard (kiri) mencoba mempertahankan bola dari pemain Leicester City

Chelsea saat ini hanya bergantung kepada Eden Hazard dalam urusan mencetak gol. Pasalnya, beberapa publik menilai hanya Hazard seorang yang mampu merepotkan lini pertahanan lawan.

Hal itu terbukti ketika Hazard mencetak lebih dari setengah gol yang disarangkan Chelsea dalam enam laga terakhir. Terhitung, Hazard mampu menorehkan enam angka dari 10 gol yang disematkan Chelsea.


2. Serangan Barcelona Sangat Efektif

Lionel Messi dan Luis Suarez.

Pada musim 2017/18 ini, Barcelona merupakan tim yang paling produktif di La Liga Spanyol. Mereka memiliki jumlah 60 gol dari 23 penampilannya di kasta tertinggi sepakbola Negeri Matador tersebut.

Hal itu menunjukkan bahwa serangan Barcelona cukup produktif. Lionel Messi merupakan pemain yang memberikan kontribusi paling banyak dalam perolehan gol Barcelona. Terhitung, dirinya telah mencetak 26 gol pada musim ini.

Sementara itu, pertahanan Chelsea saat ini terbilang cukup rapuh. Sepertinya kekalahan dengan selisih tiga gol di tiga laga terkahir mereka kontra tim papan bawah, sudah cukup menjelaskan betapa rapuhnya pertahanan Chelsea.


3. Conte Tak Bisa Memainkan Skuat Terbaiknya

Antonio Conte, pelatih Chelsea.

Antonio Conte diprediksi tidak bisa memainkan starter terbaiknya pada laga nanti. Pasalnya, Conte belum bisa memastikan gelandang yang bisa menemani N’Golo Kante.

Conte sendiri terlihat cukup ragu dengan komposisi pemain yang dia miliki saat ini. Hal tersebut terbukti ketika mantan pelatih Juventus dan Timnas Italia itu melakukan beberapa pembelian di Januari lalu.

Conte secara mengejutkan membajak Oliver Giroud dari Arsenal sebelum jendela transfer musim dingin ditutup. Keputusan itu diambil mengingat penyerang tengah Chelsea saat ini, Alvaro Morata, belum menampilkan performa terbaiknya.


4. Barcelona Unggul di Lini Tengah

Andres Iniesta dijaga ketat Toni Kross di leg 1 Piala Super Spanyol.

Selama Andres Iniesta masih berada di dalam skuat Barcelona, maka lini tengah klub asal Catalan tersebut masih terbilang cukup aman. Pemain asli Spanyol tersebut merupakan mesin yang menjalankan beberapa serangan Barcelona.

Dengan ditemani Ivan Rakitic, maka bisa dapat dipastikan Barcelona akan memenangi duel di lini tengah. Pasalnya seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Chelsea masih belum menentukan pasangan yang tepat untuk menemani Kante.


5. Performa Saat Ini

Selebrasi pemain Barcelona merayakan kemenangan atas Juventus.

Tim berjuluk Blaugrana tersebut masih mendominasi La Liga Spanyol pada musim 2017/18 ini. Mereka sama sekali belum menelan kekalahan sekali pun di liga domestik. Barcelona puin menjadi satu-satunya tim Spanyol yang belum menelan kekalahan.

Sedangkan Chelsea saat ini telah menelan enam kekalahan di Liga Primer Inggris. Performa tidak konsisten yang diperlihatkan Chelsea pun akan berpengaruh besar pada babak 16 besar mendatang.

ChelseaBarcelonaLiga Champions

Berita Terkini