x

Waspadalah Persija, Ini 4 Bukti Johor Darul Takzim Tim yang Kejam

Rabu, 14 Februari 2018 15:26 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Johor Darul Ta'zim.

Wakil Indonesia Persija Jakarta akan melakoni laga perdana Grup H Piala AFC 2018 melawan wakil Liga Super Malaysia Johor Darul Ta'zim di Stadion Tan Sri Dato' Haji Hassan Yunos, Johor Bahru, Rabu (14/02/18) malam.

Pertandingan ini tentunya akan sangat krusial. Mengingat Persija Jakarta harus bisa memenangkan laga perdana ini demi menjaga asa menjadi jawara grup dan lolos ke babak selanjutnya.

Jumpa pers Johor Darul Ta'zim dan Persija Jakarta.

Namun jelang pertandingan tersebut Persija Jakarta hanya membawa 18 pemain saja, seperti kiper andalan Andritany Ardhiyasa, Rezaldi Hahenussa, Asri Akbar, hingga Bambang Pamungkas, dan juga termasuk striker anyar Addison Alves.

Sementara itu klub Johor Darul Ta'zim bukanlah klub sembarangan. Pasalnya mereka merupakan klub raksasa yang dimiliki Asia Tenggara saat ini. Klub berjuluk Harimau Selatan ini juga sempat merasakan gelar Piala AFC pada tahun 2015 lalu.

Skuat Johor Darul Ta'zim.

Bahkan Johor Darul Ta'zim memiliki kekuatan finansial yang sangat luar biasa. Mereka juga memiliki banyak pemain berkualitas yang mumpuni dan siap menggulingkan kedigdayaan Persija Jakarta.

Selain itu mereka saat ini tengah berada di posisi dua klasemen sementara Liga Super Malaysia dengan mengemas enam poin dari tiga kali pertandingan. Namun di musim lalu mereka mampu memenangi Liga Super Malaysia dengan terpaut sembilan poin dari posisi runner-up.

Pelatih Johor Darul Takzim Ulisses Morais.

Catatan tersebut tentu saja menjadi sebuah kewaspadaan bagi Persija Jakarta. Pasalnya mereka beberapa kali mampu mengandaskan tim-tim lawan atau rival dengan skor yang cukup telak dan menohok.

Itu merupakan suatu peringatan yang sangat patut dicatat jika Persija Jakarta ingin mengamankan laga pertama di Piala AFC 2018. Apalagi anak asuh Ulisses Morais ini belum lama memenangkan ajang Malaysia Cup 2017.

Baca Juga

Oleh karena itu, INDOSPORT merangkum beberapa pertandingan di mana Johor Darul Ta'zim meraih kemenangan yang sangat telak. Bahkan terlihat dari skornya mereka pantas disebut tim yang kejam.


1. Johor Darul Ta'zim vs Kedah FA (Liga Super Malaysia)

Johor Darul Takzim vs Kedah FA di Liga Super Malaysia.

Pada pekan ke-14 Liga Super Malaysia musim 2016 lalu, Johor Darul Ta'zim menjamu Kedah FA di di Stadion Tan Sri Dato' Haji Hassan Yunos, Sabtu (16/07/16) malam silam.

Pertandingan tersebut berakhir dengan sangat mengesankan, sebab Johor Darul Ta'zim mampu mengandaskan Kedah FA dengan skor telak 5-0 tanpa ampun.

Partai bergengsi tersebut, di babak pertama saja sudah dimiliki oleh klub berjuluk Harimau Selatan ini. Mereka unggul 2-0 lewat dwigol Mohd Safiq Rahim.

Selain itu di babak kedua, mereka tampil sangat ganas. Sebab mereka langsung menguasai pertandingan dan melibas Kedah FA dengan tiga gol tambahan dari Marcos Antoio (66') dan dua gol Pereyra Diaz (80' dan 85').


2. Pahang vs Johor Darul Takzim (Liga Super Malaysia)

Pahang vs Johor Darul Takzim di Liga Super Malaysia.

Di laga sebelumnya, Johor Darul Ta'zim yang bertandang ke markas Pahang juga mampu tampil trengginas dalam mengalahkan Pahang dengan skor 6-0 di Stadium Darulmakmur.

Pertandingan yang berlangsung pada Sabtu (21/05/16) malam itu memang sudah ditakdirkan miliki Johor Darul Ta'zim. Sebab pada laga tersebut terdapat pemain yang mampu mencetak hattrick, yakni Pereyra Diaz (29', 55', dan 77').

Selain itu gol-gol lainnya juga datang dari dwigol Lucero (7' dan 48') serta gol tunggal dari Marcos Antonio (34'). Tentu saja hasil ini bisa menjadi salah satu peringatan bagi Persija Jakarta untuk bermain hati-hati.


3. Johor Darul Takzim vs Melaka United (Liga Super Malaysia)

Johor Darul Takzim vs Melaka United di Liga Super Malaysia.

Selanjutnya pada musim lalu kala Johor Darul Ta'zim menjamu Melaka United di kandang sendiri, mereka bisa melibas tim tamu dengan hasil yang sangat menyakiti suporter lawan.

Pasalnya, Johor Darul Ta'zim berhasil menang dengan skor 7-0 dalam ajang Liga Super Malaysia. Pada pertandingan tersebut juga sang kapten Mohd Safiq Rahim menjadi pemain terbaik dengan mengemas tiga gol (18', 59', dan 81').

Sisanya berasal dari gol-gol tunggal yang dibukukan oleh Guerra (7'), Mohd Amirulhadi (23'), Cabrera (34'), dan Mohd Azammuddin (47'). Padahal saat itu klub Melaka United digawangi oleh penyerang naturalisasi Indonesia Ilija Spasojevic.


4. Johor Darul Takzim vs Kaya FC (AFC Cup)

Johor Darul Takzim vs Kaya FC di AFC Cup.

Terakhir Johor Darul Takzim kembali membuat Persija harus semakin waspada, sebab kemenangan telak ini terjadi dalam ajang AFC Cup musim 2016 lalu. Saat itu klub Harimau Selatan ini berjumpa dengan wakil Filipina, yakni Kaya FC.

Pertandingan yang berlangsung dihadapan publik sendiri, Johor Darul Takzim berhasil melumat Kaya FC dengan skor mencolok 7-2. Laga ini terjadi pada Rabu (25/05/16) waktu setempat.

Kemenangan telak tersebut tak lepas dari trigol penyerang Juan Martín Lucero (15', 53', dan 71'). Selain itu adapula dwigol dari Mohd Azammuddin (33' dan 41'), serta gol tunggal dari Pereyra Diaz (23') dan Mahalli (69').

Jika dilihat-lihat dari beberapa kemenangan terbesar Johor Darul Takzim, tampaknya membuat Persija Jakarta harus memainkan strategi yang pas dan meyakinkan agar tidak dilumat oleh sang lawan.

Persija JakartaAFCMalaysiaAFC CupKedah FAPiala AFCPahang FAMelaka UnitedLiga Super MalaysiaBola InternasionalLiga MalaysiaJohor Darul Ta'zim

Berita Terkini