x

5 Pesepakbola Paling Tua yang Torehkan Gol di Liga Champions

Senin, 19 Februari 2018 17:39 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Joko Sedayu
5 Pesepakbola usia tua yang cetak gol di Liga Champions.

Banyak pemain pesepakbola yang sudah berusia 30 tahun keatas ketajamannya di lapangan hijau sudah berkurang karena faktor usia. Namun ada juga beberapa pemain bola yang sudah berusia 40 tahun ke atas masih moncer di lapangan hijau, bahkan mampu mencatatkan gol.

Hal tersebut rupanya tak berlaku bagi beberapa pemain yang pernah mencetakkan gol mereka ke gawang lawan meski sudah tidak muda lagi. Apalagi gol-gol mereka di cetak di kompetisi Liga Champions, yang mempertemukan banyak tim terbaik Eropa.

Baca Juga

Di usia yang tak lagi muda, lima pemain ini mampu membuktikan ketajamannya di lapangan hijau dengan menjebol gawang lawan. Berikut INDOSPORT merangkum lima pesepakbola berumur yang cetak gol di Liga Champions.


1. 1. Francesco Totti

Legenda AS Roma, Francesco Totti.

Francesco Totti memulai karier sepakbolanya pada 1983. Pada waktu itu ia bergabung bersama Fortitudo Luditor, untuk di level junior.

Kemudian ia memulai karier profesionalnya di level junioe bersama Lodiagani pada 1986-1989. Kemudiam pada 1992 Totti hijrah ke AS Roma dan baru pensiun pada 2017 lalu.

Sudah lama berkarier, tentunya berbagai rekor sudah ia torehkan. Salah satunya adalah rekor sebagai pesepakbola tertua yang mencetak gol di Liga Champions.

Kala itu Roma tengah berhadapan dengan CSKA Moskow pada Selasa (25/11/14) di babak penyisihan Grup E Liga Champions musim 2014/15.

Totti berhasil menyarangkan golnya pada menit ke-43. Dan menjadi pencetak gol tertua di Liga Champions pada usia 38 tahun, 3 hari.


2. 2. Ryan Giggs

Paul Scholes dan Ryan Giggs (kiri).

Legenda Manchester United, Ryan Giggs, juga tak mau kalah. Ia menduduki urutan kedua sebagai pencetak gol tertua.

Di usia yang ke-37 tahun, Giggs masih mampu menunjukkan aksi apiknya di lapangan hijau. Terbukti saat ia berhasil mencatatkan golnya ke gawang Benfica pada Rabu (14/09/11), saat MU melakoni partai tandangnya di Liga Champions musim 2011/12.

Pasca pensiun, Giggs menjadi asisten manajer di Manchester United. Kini ia terikat kontrak untuk menjadi melatih Tim Nasional Wales.


3. 3. Filippo Inzaghi

Filippo Inzaghi selebrasi saat masih jadi pemain.

Mantan striker Timnas Italia, Inzaghi berada di urutan ketika setelah Ryan Giggs. Ia mampu mencetak golnya di Liga Champions pada saat usianya menginjak 37 tahun 87 hari. Ia berhasil cetak gol saat laga AC Milan melawan Real Madrid pada Rabu (03/11/10) di babak penyisihan Liga Champions musim 2010/11.

Inzaghi mencetak gol perdana di laga kala itu dengan bereaksi cepat terhadap bola lepas di area kotak penalti lawan, meski akhirnya kedua tim harus puas dengan skor imbang 2-2.


4. 4. Javier Zanetti

Javier Zanetti dalam jumpa pers di Jakarta.

Pemain belakang Timnas Argentina, Javier Zanetti, juga ambil andil. Di usianya yang menginjak 37 tahun 72 hari, Zanetti mampu merobek gawang lawan di laga Inter Milan melawan Tottenham Spurs pada Rabu (20/10/10) lalu dalam lanjutan Liga Champions musim 2010/11. 

Di permainan yang berakhir dengan skor 4-3 itu, awalnya Inter unggul dengan skor 4-0 di babak pertama. Kemudian Gareth Bale mengamuk dan mencetak hattrick-nya di babak kedua.

Pasca pensiun, kini Zanetti menjadi wakil presiden klub Inter Milan. Zanetti pada Rabu, 14 Februari 2018 lalu berada di Bandung untuk meresmikan akademi sepakbola Persib yang bekerja sama dengan Inter Milan.


5. 5. Laurent Blanc

Laurent Blanc

Blanc menjadi pemain kelima yang catatkan namanya di daftar pencetak gol tertua. Ia mencetak gol kala MU sedang berkunjung ke markas klub asal Yunani, Olympiakos, pada Rabu (23/10/02) di Liga Champions musim 2002/03.

Mantan pemain bertahan Timnas Prancis itu kini tengah menganggur setelah sebelumnya menjadi manajer klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain pada periode 2013-2016.

Liga ChampionsRyan GiggsLaurent BlancFilippo InzaghiJavier ZanettiFrancesco TottiKualifikasi Liga Champions

Berita Terkini