x

Termasuk Persib, 4 Klub Ini Bisa Buat Kejutan di Liga 1 2018

Jumat, 23 Februari 2018 18:53 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
4 Klub Bisa Buat Kejutan di Liga 1 2018.

Dalam hitungan beberapa hari lagi, kompetisi sepakbola tertinggi Tanah Air, Liga 1 musim 2018. PT Liga Indonesia Baru sebelumnya menyebut bahwa laga perdana Liga 1 2018 akan dimulai pada 10 Maret 2018 mendatang.

Berbeda dari musim lalu, Liga 1 musim 2018 ini memiliki tiga kontestan baru yang promosi dari Liga 2 2017. Ketiga klub itu antara lain Persebaya Surabaya, PSMS Medan, dan PSIS Semarang.

Ketiga klub itu masuk menggantikan Persiba Balikpapan, Pergegres Gresik United, dan Semen Padang yang harus terdegradasi ke Liga 2, setelah di musim 2017, ketiga menduduki peringkat terbawah klasemen Liga 1.

Persebaya, PSMS, dan PSIS merupakan tim promosi Liga 2 di Liga 1 musim 2018.

Selain menampilkan kontestan baru, kompetisi Liga 1 musim 2018 pun dipercaya juga ikut menyajikan banyak kejutan. Buka tanpa sebab memang, mengingat 18 klub peserta telah melakukan banyak persiapan, mulai dari melakukan pemusatan latihan hingga mendatangkan pemain-pemain baru.

Kondisi itu jelas membuat peta kekuatan masing-masing klub berbeda dengan performa mereka di musim lalu, sehingga tidak menutup kemungkinan mereka mampu membuat kejutan dalam urusan perebutan gelar juara.

Baca Juga

INDOSPORT sendiri telah merangkum sejumlah klub yang memiliki peluang emas untuk bisa bertengger di posisi puncak klasemen Liga 1 musim 2018. Klub mana saja yang dimaksud? Berikut pembahasannya:


1. Sriwijaya FC

Selebrasi Hamkah Hamzah usai mencetak gol kedua untuk Sriwijaya FC.

Pada ajang Liga 1 musim 2017 lalu, Sriwijaya FC mengalami masa-masa yang tidak terlalu bagus. Bagaimana tidak, dari total 34 pertandingan yang mereka jalani, Laskar Wong Kito hanya mampu 11 kemenangan saja, sedangkan sisanya sembilan kali hasil imbang, dan 14 kekalahan.

Atas hasil tersebut, mereka hanya bisa finis di peringkat sembilan dengan koleksi 42 poin. Parahnya lagi, tiga orang harus kehilangan pekerjaan karena performa buruk Sriwijaya, yakni Widodo C. Putro, Osvaldo Lessa, dan Hartono Ruslan.

Seolah tidak ingin mengulangi kejadian yang sama di Liga 1, Sriwijaya habis-habisan dalam mempersiapkan diri untuk Liga 1 musim 2018. Untuk posisi pelatih, mereka sukses mendatangkan Rahmad Darmawan, sosok pelatih yang sudah memiliki segudang prestasi di Tanah Air.

Tak hanya arsitek permainan, Sriwijaya FC juga berhasil mendatangkan pemain-pemain bintang. Sebut saja seperti Adam Alis, Esteban Viscara, hingga Makan Konate. Mereka juga mampu menarik minat MVP Piala AFC 2017 asal Tajikistan, Manuchekhr Dzhalilov.

Kondisi itu membuat Sriwijaya tentu menjadi salah satu tim di Liga 1 2018 yang patut diperhitungkan memiliki peluang besar untuk meraih gelar juara pada akhir musim nanti.


2. PSMS Medan

Skuat PSMS Medan.

Berstatus tim promosi dari Liga 2, bukan berarti PSMS Medan bisa disebut anak bawang, yang nantinya hanya bisa menjadi lumbung gol klub-klub lain yang memang sudah lama di kasta tertinggi sepakbola Tanah Air.

Setidaknya hal tersebut sudah mereka buktikan selama mengikuti perhelatan turnamen pramusim Piala Presiden 2018. Meski baru pertama kali menjadi peserta, pasukan Ayam Kinantan mampu merebut gelar juara keempat.

Meskipun gagal melangkah ke babak final, PSMS menjadi satu-satunya tim promosi Liga 2 yang mampu melangkah hingga babak semifinal, setelah PSIS Semarang tersingkir di penyisihan grup dan Persebaya Surabaya ditaklukkan PSMS di babak perempatfinal.

Salah satu momen keperkasaan PSM di Piala Presiden 2018 adalah ketika mereka melakoni laga kedua penyisihan Grup A menghadapi Persib Bandung. Bermain di Stadion Gelora Bandung Lautan Api yang dipenuhi ribuan Bobotoh, PSMS mampu meraih kemenangan 2-0.

Untuk menghadapi Liga 1 2018, PSMS sendiri sudah memiliki modal bagus. Selain memiliki Frets Butuan yang haus gol di lini depan, PSMS juga memiliki Abdul Rohim, kiper luar biasa yang selalu mampu menggagalkan peluang lawan untuk mencetak gol.


3. Persib Bandung

Skuat Persib Bandung.

Finis di peringkat 13 dengan koleksi 11 kekalahan, 14 kali hasil imbang, dan hanya menuai sembilan kemenangan jelas bukanlah prestasi terbaik yang dimiliki oleh Persib Bandung pada kompetisi Liga 1 musim 2017 lalu.

Berkaca dari rentetan hasil buruk musim lalu, manajemen klub berjuluk Maung Bandung itu pun mengambil langkah cepat untuk memperbaiki tim, dimulai dari mencari sosok yang dinilai pantas menjadi pelatih utama.

Setelah gagal mendatangkan Rahmad Darmawan yang dibajak Sriwijaya FC, Persib akhirnya merekrut pelatih asal Argentina, Roberto Carlos Mario Gomez, yang sebelumnya melatih klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT).

Meskipun menjadi nama baru dalam dunia persepakbolaan Indonesia, Gomez memiliki catatan impresif dalam kariernya sebagai seorang pelatih. Ia mampu membawa JDT sejak 2015 hingga 2017 menjadi kampiun Liga Super Malaysia. Bahkan pada 2016, Gomez membuat JDT menjadi klub pertama yang meraih gelar jaura liga tanpa pernah sekalipun menuai kekalahan.

Melihat catatan impresif tersebut, Gomez tentu diharapkan bisa memberi sentuhan tangan dinginnya agar Persib dapat bangkit di Liga 1 2018, terutama setelah Maung Bandung mendapatkan Bojan Malisic dan Victor Igbonefo.


4. Persebaya Surabaya

Pemain Persebaya Surabaya saat jalani latihan.

PSMS Medan bukan satu-satunya klub promosi dari Liga 2 yang harus diwaspadai dalam kompetisi Liga 1 2018. Pasalnya, masih ada nama Persebaya Surabaya yang bisa menjadi kuda hitam dan ancaman klub-klub lain dalam meraih gelar juara.

Bukan tanpa sebab memang bila Persebaya bisa menjadi kandidat juara Liga 1 2018, pasalnya langkah mereka bisa ke Liga 1 tak lepas dari posisi mereka yang menjadi kampiun Liga 2 2017.

Bukti lain kehebatan Persebaya di antara klub-klub langganan Liga 1 lainnya adalah ketika tampil di Piala Presiden 2018. Tergabung di Grup B, armada Bajul Ijo mampu melangkah ke perempatfinal dengan status juara grup.

Padahal di grup tersebut, Persebaya dengan tim-tim yang telah mengarungi Liga 1 2017, yakni Madura United, PS TNI, dan Perseru Serui.

Satu hal yang paling menarik dari skuat Persebaya untuk Liga 1 2018 adalah banyaknya pemain-pemain yang sempat memperkuat Persipura Jayapura. Sebut saja seperti Nelson Alom, Yohanes Pahabol, Robertino Pugliara, Osvaldo Haay, dan Ricky Kayame.

Persebaya SurabayaPersib BandungSriwijaya FCPSMS MedanLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini