x

Deretan Pemain Asing yang Dikabarkan Akan Dinaturalisasi PSSI

Senin, 5 Maret 2018 07:56 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Logo PSSI

Dalam beberapa tahun terakhir Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sedang gencar-gencarnya melakukan naturalisasi pemain asing yang memiliki darah Indonesia. Mereka diharapkan bisa membawa Tim Nasional Indonesia kembali menjadi mengaum di daratan Asia.

Pasalnya pemain asing ini rata-rata tersebar di daratan Eropa. Selain itu pengalamannya bermain di kompetisi yang lebih kompetitif menjadi salah satu nilai penting agarr bisa ditularkan kala berseragam merah putih. Sebenarnya ini adalah langkah baik untuk menangkap talenta-talenta berbakat dan matang bagi Indonesia sendiri. Namun nyatanya ada beberapa pemain asing yang dikabarkan akan dinaturalisasi oleh PSSI.

Pesepakbola Naturalisasi

Hal itu mencuat dari para pemain asing sendiri yang menyatakan siap bila dibutuhkan Tim Nasional Indonesia. Tentu ini sinyal bagus untuk para pesepakbola nasional agar persaingan membela Skuat Garuda menjadi kompetitif.

Oleh karenanya INDOSPORT coba merangkum beberapa nama yang dikabarkan akan dinaturalisasi oleh PSSI. Berikut selengkapnya.


1. Marc Anthony Klok

Ilustrasi Marc Klok berseragam Tim Nasional Indonesia.

Pemain PSM Makassar Marc Anthony Klok mengaku pernah diminta membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Hal itu disampaikan secara blak-blakan kepada media Belanda Elf Voetbal.

Pemain 24 tahun mengaku serius ingin bergabung dengan Timnas Indonesia. Ia ingin segera berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dan siap membela Merah Putih di pentas Internasional.

"Saya sudah menyerah dengan Timnas Belanda, ini adalah kesempatan bagus untuk bergabung ke Timnas Indonesia," jelas Klok dikutip dari Elf Voetbal.

Dirinya yakin bisa segera dinaturalisasi PSSI dengan cara jalur akselerasi. Dimana tinggal di Indonesia selama lima tahun berturut-turut. Namun PSSI belum mengambil sikap terhadap keinginan pemain kelahiran Amsterdam ini.


2. Joey Suk

Joey Suk pemain naturalisasi yang ingin membela Timnas Indonesia.

Gelandang asal Belanda yang kini tengah memperkuat Go Ahead Eagles Joey Suk memang masuk dalam daftar 24 pesepakbola berbakat keturunan Indonesia yang berkarier di Eropa Barat. Joey Suk juga sudah pernah diproyeksikan untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). 

Terbaru adalah Joey Suk memperlihatkan sedang mengenakan seragam latihan Tim Nasional Indonesia di akun Instagram pribadinya. Foto tersebut berlatarbelakang di tempat fitnes

Gelandang kelahiran Deventer, Belanda, 8 Juli 1989, ini sempat dipanggil PSSI pada tahun 2011 untuk Timnas U-23 bersama dengan Stefano Lilipaly, Diego Michiels dan Ruben Wuarnabaran untuk Pra Olimpiade Zona Asia 2012.

Namun sayang, Joey Suk urung memperkuat Timnas Indonesia lantaran konflik yang merundung PSSI kala itu. Saat ini performa pemain 28 tahun tersebut sedang menanjak. Sehingga ada baiknya PSSI memanggil Joey Suk untuk membicarakan proses naturalisasi selanjutnya.


3. Marko Simic

Ilustrasi Marko Simic berseragam Tim Nasional Indonesia.

Penyerang kebanggaan Persija Jakarta Marko Simic baru-baru ini menyatakan sikapnya jika Tim Nasional Indonesia membutuhkannya. Hal itu diutarakannya usai Simic membawa Macan Kemayoran juara di Piala Presiden 2018.

"Bila saya diminta PSSI untuk bermain di timnas Indonesia, itu akan menjadi kebanggaan. Bermain untuk timnas merupakan kebanggaan bagi pemain pemain sepakbola. Kalau Indonesia membutuhkan saya, saya ada di sini," ujar Simic.

Pernyataannya ini juga dia ungkapkan ke media resmi Federasi Sepakbola Kroasia (CFF) bernama Hrvatski Nogometni Savez (HNS). Para netizen pun juga banyak membanjiri kolom komentar di akun resmi PSSI untuk segera menaturalisasi dirinya.

Namun hingga kini PSSI belum memberikan sikap atas apa yang diutarakan oleh Pemain 30 tahun ini. Pada prosesnya Simic harus menetap dulu selama lima tahun berturut-turut di Indonesia untuk bisa dinaturalisasi oleh PSSI.


4. Nick Van Der Velden

Nick van der Velden saat mengontrol bola.

Gelandang Bali United Nick Van Der Velden juga dikabarkan akan dinaturalisasi oleh PSSI. Hal itu terkuak dari ucapan pelatih Tim Nasional Indonesia Luis Milla.

Pemain asli Belanda ini dianggap sebagai salah satu gelandang yang komplet. Sehingga sangat cocok dengan skema yang diinginkan oleh Luis Milla di Skuat Garuda.

Sang pemain sendiri juga mengaku kalau dirinya bermimpi bisa membela Tim Nasional Indonesia. Bahkan menjadi suatu kehormatan kala berseragam resmi Merah Putih.

PSSI sendiri hingga kini tetap dingin dengan apa yang diungkapkan oleh Luis Milla dan juga Nick van der Velden. Di sisi lain pemain kelahiran Amsterdam ini telah menginjak usia 37 tahun. Jadi tak ada harapan baginya untuk bisa membela Tim Nasional Indonesia.

PSSINaturalisasiLiga IndonesiaMarc KlokJoey SukMarko SimicNick Van der Velden

Berita Terkini