x

Termasuk Lawan Liverpool, Ini 5 Gol Man United Paling Dikenang di Saat Fergie Time

Sabtu, 10 Maret 2018 08:09 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Juni Adi

Jelang menjamu rivalnya Liverpool, Manchester United kedatangan sosok spesial ke hotel tempat mereka menginap di  Lowry Hotel, Manchester, pada Jumat (09/03/18).

Sosok tersebut adalah peraih total 49 trofi bagi Setan Merah sepanjang tahun 1986-2013, Sir Alex Ferguson. Pria yang akrab disapa Fergie tersebut diyakini hadir untuk memberikan masukan kepada Jose Maourinho, dan juga seluruh pemain yang akan menghadapi musuh bebuyutannya dari Merseyside.

Meski telah mendapatkan trofi bersama Mourinho, namun tidak bisa dipungkiri sosok Fergie masih sulit untuk tergantikan di Old Trafford. Selain kemampuan dan kharismanya, satu hal yang melekat dari pria asli Skotlandia tersebut adalah keajaiban yang sering dibawanya bagi Setan Merah.

Baca Juga

Keajaiban tersebut sering kali muncul di menit-menit akhir pertandingan, saat wasit memberikan tambahan waktu setelah 90 menit waktu normal berakhir.

Dalam waktu-waktu tersebut, dibawah asuhannya Man United acapkali mencetak gol kemenagan. Tidak mengherankan setelahnya muncul istilah Fergie Time, merujuk pada keajaiban yang sering dibawanya pada menit akhir itu.

Untuk mengenang sosok kelahiran 31 Desember 1941 itu, berikut INDOSPORT merangkumkan beberapa gol kemenagan Man United yang dicetak pada fase Fergie Time yang dua diantara dilesatkan ke gawang Liverpool.


1. Robin van Persie, vs Manchester City 2012/13

Robin van Persie saat berseragam Manchester United

Di musim terakhir Fergie menukangi Manchester United, dirinya masih sempat mempersembahkan keajaiban Fergie Time.

Berlangsung di Stadion Etihad 9 Desember 2012, Man United yang sudah unggul 2-1 harus rela kemasukan pada menit ke-86 lewat gol Zabaleta, skor pun imbang 2-2.

Namun disaat skor imbang tersebut, muncul juru selamat dalam sosok pemain berkostum nomor 20 Robin Van Persie.

Mengeksekusi tendangan bebas di depan kiri kotak penalti Citizen, pemain Timnas Belanda tersebut dengan manis menghujamkan bola ke sudut kanan bawah gawang Joe Hart pada menit ke-90.

Tim tamu pun menang dramatis 2-3. Seluruh pemain Manchester City tertunduk lesu meratapi kekalahan dari tetangga tuanya itu.


2. Paul Scholes, vs Manchester City 2009/10

Caption

Bermain di kandang rival sekotanya Manchester City yang kala itu baru menjelma menjadi tim bertabur pemain bintang, skuat asuhan Alex Ferguson kesulitan mencetak gol sampai memasuki perpanjangan waktu babak kedua.

Namun keajaiban Fergie Time tiba-tiba muncul menaungi Setan Merah. Lewat tandukan legenda hidupnya, Paul Scholes mereka bisa mengamankan tiga poin penuh pada satu menit sebelum laga berakhir, atau tepatnya di menit ke-90+3.

Selain kemenagan dramatis, dalam laga tersebut juga menghadirkan sebuah momen yang sulit dilupakan publik sepakbola. Yaitu ketika Gary Neville mencium bibir paul Scholes dengan mesra di tengah lapangan.


3. Michael Owen, vs Manchester City 2009/10

Owen saat masih aktif bermain di Manchester United.

Satu lagi partai derby Manchester di musim 2009/10 juga menghadirkan drama menit akhir. Tidak seperti setelahnya yang nihil gol sebelum menit akhir, laga ini berlangsung sengit dengan total tujuh gol tercipta.

Saling berbalas gol hingga skor imbang 3-3 di menit ke-90. Wasit memberikan tambahan enam menit. Waktu yang cukup banyak itu nyatanya menguntungkan buat anak asuh Alex Ferguson.

Tepat dimenit akhir pertandingan, secara dramatis pemain Man United kala itu Michel Owen berhasil menyarangkan bola ke gawang yang dikawal Shay Given.

Partai di Stadion Old Trafford itupun berakhir dengan kemenangan Manchester Merah 4-3. terima kasih buat gol legenda Liverpool itu.


4. John O'Shea, vs Liverpool 2006/07

Gol O'Shea ke gawang Liverpool.

Pertandingan memasuki menit ke-90, Setan Merah mendapatkan sebuah tendangan bebas di sudut kanan luar kotak penalti Liverpool.

Dieksekusi oleh Cristiano Ronaldo yang kala itu masih berseragam United, bola yang disepaknya sempat menimbulkan skrimit di dalam kotak penalti The Reds.

Bola yang sempat dihalau penjaga gawang Liverpool, Pepe Reina tersebut meluncur tepat ke arah kaki John O'Shea. Dan pemain timnas Irlandia itu menendang bola ke gawang musuhnya tersebut tanpa ampun.

Satu kosong, United unggul dan mengakhiri laga di Anfield dengan kemenangan.


5. Rio Ferdinand, vs Liverpool 2005/06

Wayne Rooney mendapatkan apresiasi dari Rio Ferdinand pasca mencetak gol jarak jauh ke gawang Newcastle United, 2005 silam.

Bermain di Old Trafford pada 22 Januari 2016, Setan Merah hanya mampu bermain imbang 0-0 sampai menit ke-90. Namun di penghujung laga tersebut, mereka mendapatkan tendangan bebas.

Dieksekusi Ryan Giggs dari sisi kanan pertahan Liverpool, bola yang melambung ditanduk oleh Rio Ferdinand yang datang dari belakang.

Mengarah keras ke gawang Liverpool yang dikawal Pepe Reina, bola yang sempat ditepis itu tak kuasa untuk tidak masuk dan menyentuh jala gawang pasukan Rafael Benitez kala itu. 1-0 Setan Merah menundukan The Reds.

Manchester UnitedLiverpoolManchester CitySir Alex FergusonLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini