x

Termasuk Persib, 6 Klub Liga 1 Diperkuat Pemain Bergelar Sarjana

Selasa, 13 Maret 2018 13:49 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Abdurrahman Ranala
Termasuk Persib, enam klub Liga 1 punya pemain yang berkuliah dan bergelar sarjana.

Kompetisi sepakbola kasta teratas Indonesia Liga 1 2018 resmi dimulai pada 23 Maret mendatang. Selain itu kompetisi ini juga direncanakan berakhir pada 2 Desember nanti.

Sejumlah klub pun saat ini masih mematangkan skema permainan demi mengarungi Liga 1 2018. Bahkan ada beberapa klub yang belum memenuhi kuota pemain asing.

Logo Liga 1.

Padahal pendaftaran pemain (baik asing atau lokal) pada periode pertama jatuh pada 29 Maret. Sehingga diharapkan semua klub bisa memenuhi regulasi yang sudah disepakati bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Baca Juga

Namun setelah ditelusuri, ternyata ada beberapa klub Liga 1 yang pemainnya tidak melupakan dunia pendidikan. Bahkan ada diantara beberapa dari mereka sedang berkuliah dan ada yang sudah lulus lalu mendapat gelar sarjana.

Berikut ini INDOSPORT coba menyajikan kepada pembaca. Simak.


1. Persipura Jayapura

Ricardo Salampessy (kanan) dan Boaz Solossa.

Klub dari Indonesia Timur Persipura Jayapura memiliki beberapa pemain yang tak lupa akan pendidikan. Bahkan beberapa dari mereka menyandang gelar sarjana.

Sebut saja penyerang tajam Boaz Solossa. Pemain 31 tahun ini menyandang gelar sarjana usai lulus dari Universitas Cenderawasih, Papua. Boaz lulus pada 2013 lalu.

Lalu ada bek kenamaan Mutiara Hitam, Ricardo Salampessy. Pemain 34 tahun ini juga menyandang gelar Sarjana Administrasi Negara (S.Adm). Salampessy lulus dari Universitas Cenderawasih pada 2017.


2. Persebaya Surabaya

Feri Pahabol ketika meayakan gol perdana bersama Persebaya.

Klub promosi di Liga 1 2018 Persebaya Surabaya tak mau ketinggalan. Mereka juga merekrut salah satu pemain yang telah menempuh pendidikan di bangku kuliah.

Dia adalah Ferinando Pahabol. Pemain kelahiran Kabupaten Yahukimo ini juga menyandang gelar Sarjana Ekonomi (S.E) usai menempuh pendidikan di Universitas Cenderawasih tahun 2015.


3. Barito Putera

Bijahil Chalwa dan Rony Beroperay.

Klub yang diarsiteki oleh Jacksen F Thiago ini juga memiliki pemain menjadikan pendidikan sebagai yang utama. Pemain yang dimaksudkan adalah Rony Beroperay, yang kini berusia 26 tahun.

Pria kelahiran Kabupaten Biak Numfor ini menyandang gelar Sarjana Fisika (S.Si). Rony juga merupakan lulusan Universitas Cenderawasih pada 2015 lalu.

Selain itu ada nama Bijahil Chalwa yang juga menyandang gelar sarjana tahun 2018. Dirinya menyelesaikan kuliah dengan mengambil Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi di Universitas Budi Utomo, Malang.


4. Madura United

Raphael Maitimo, saat debut bersama Madura United.

Pemain naturalisasi Indonesia Raphael Maitimo juga memiliki gelar Sarjana Ekonomi Perdagangan. Pemain anyar Madura United mendapatkan gelar tersebut dari Rotterdam University of Applied Sciences.

Dirinya mendapatkan gelar tersebut usai mengikuti program khusus untuk atlet profesional.


5. PSM Makassar

Syaiful Syamsudin.

Kiper PSM Makassar Syaiful Syamsudin juga telah menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dari Universitas Negeri Makassar pada tahun 2017.

Bahkan Syaiful tak menutup kemungkinan untuk terus melanjutkan pendidikan hingga Magister (S-2) dan Doktor (S-3). Tentu saja ini harus diapresiasi oleh pencinta sepakbola.


6. Persib Bandung

Kiper Anyar Persib Bandung, Imam Arief Fadillah.

Kiper Persib Bandung Imam Arief Fadilah juga telah mendapatkan gelar Sarjana Manajemen (S.Mn) dari Universitas Pasundan. Sebab pada Oktober 2017 lalu, Imam telah melaksanakan sidang.

"Saya masuk kuliah sekitar tahun 2007, baru bisa selesaikan sekarang setelah 10 tahun kuliah, karena dulu mainnya di luar Bandung. Saat ini Alhamdulillah rencanannya Oktober ini sidang (skirpsi)," kata Imam.

Tiga pemain Persib Bandung dapatkan beasiswa.

Selain Imam, ternyata ada tiga wonderkid Maung Bandung, yakni Febri Hariyadi, Gian Zola, dan Billy Keraf. Mereka mendapat beasiswa pendidikan dari Universitas Sangga Buana pada September 2017.

Tentunya masih banyak lagi para pesepakbola Tanah Air yang tengah menempuh bangku perkuliahan. Sebab pendidikan memang penting untuk masa depan sang pemain itu sendiri.

Persebaya SurabayaPersib BandungBarito PuteraPersipura JayapuraRaphael MaitimoPSM MakassarPersepam Madura UnitedFebri HariyadiMadura United FCFeri PahabolLiga IndonesiaYohanes Ferinando PahabolImam Arief FadillahLiga 1Rony Beroperay

Berita Terkini