x

Update Bintang Indonesia di Klub Luar Negeri: Jadi Cadangan, Ezra Walian Saksikan Klubnya Tersungkur

Selasa, 13 Maret 2018 08:54 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
Kiprah para pemain Indonesia di luar negeri, salah satunya Ezra Walian.

Di 2018, beberapa bintang sepakbola Indonesia memutuskan untuk memperkuat klub luar negeri, mulai dari negara tetangga hingga Eropa. Kemampuan para pemain Indonesia memang sudah banyak dilirik klub luar negeri.

Sehingga ini menjadi sebuah bukti kalau keahilan para pemain Indonesia di atas lapangan tidak perlu diragukan. Tentu saja ini bisa menjadi sebuah pintu untuk membuat para pemain lokal berkiprah di luar negeri.

Baca Juga

Oleh karenanya INDOSPORT membeberkan kiprah para pemain Indonesia yang berkancah di luar negeri. Berikut update terkini dari para pemain Indonesia yang bermain di klub luar negeri.


1. Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn (Selangor FA)

Ilham Udin dan Evan Dimas.

Dua pemain andalan Tim Nasional Indonesia Evan Dimas Darmono dan Ilham Udin Armaiyn pada pekan lalu gagal membawa klub asal Malaysia Selangor FA menang.

Selangor FA kalah dari Perak FA 0-3 di Liga Super Malaysia. Evan Dimas dipercaya untuk turun sejak menit pertama demi mengawal lini tengah sedangkan rekan senegara Evan Dimas, yakni Ilham Udin Armaiyn juga turun di pertandingan ini sebagai pemain cadangan.


2. Ferdinand Sinaga (Kelantan FA)

Striker Kelantan FA Ferdinand Sinaga.

Mantan penyerang PSM Makassar Ferdinand Sinaga kali ini kembali gagal membawa klub barunya Kelantan FA menang di ajang Liga Super Malaysia. Mereka kalah tipis 0-1.

Ferdinand sendiri dipercaya untuk turun sejak menit pertama dan bermain selama 90 menit. Namun sayang hingga akhir pertandingan, ia tak mampu membawa timnya menang.


3. David Laly (Felcra FC)

Pemain Felcra FC David Laly.

Gelandang muda Indonesia, David Laly, pada pekan lalu juga turun sejak menit pertama membela Felcra FC. Dirinya bahkan juga bermain penuh di pertandingan. Namun pada laga tersebut David Laly hanya bisa membawa timnya imbang 1-1 melawan UiTM.


4. Achmad Jufriyanto (Kuala Lumpur FA) dan Andik Vermansyah (Kedah FA)

Andik Vermansah saat menjalani latihan bersama Kedah FA.

Bek anyar Kuala Lmpur FA Achmad Jufriyanto pada Jumat (10/03/18) lalu berhasil memberikan kemenangan bagi klubnya yang menghadapi tim yang diperkuat Andik Vermansah, yakni Kedah FA. Laga tersebut bisa dibilang sengit sebab skor akhir adalah 4-3 untuk keunggulan tim yang dibela Achamd Jufriyanto.


5. Terens Puhiri (Port FC)

Pemain Port FC Terens Puhiri.

Penyerang sayap pinjaman dari Borneo FC, Terens Puhiri, pada pekan lalu hanya bisa ikut merasakan kemenangan timnya Port FC. Sebab Terens tak dimainkan karena kabarnya tengah dibekap cedera.

Tim yang bermain di kasta teratas Liga Thailand itu menang tipis 0-1 dari lawannya. Kemenangan itu membuat tim yang dibela Terens Puhiri belum menderita kekalahan hingga partai ke lima ini.


6. Ryuji Utomo (PTT Rayong)

Ryuji Utomo berseragam PTT Rayong

Eks bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo, hanya bisa melihat rekan-rekannya di PTT Rayong membantai tim Udon Thani FC dengan skor 5-1. Sebab Ryuji sendiri dikabarkan sedang mengalami cedera.


7. Ezra Walian (Almere City)

Ezra Walian

Almere City kembali gagal memenangkan pertandingan. Pada pekan ke-29 Eerste Divisie, mereka kalah dari Telstar dengan skor 2-3. Namun pemain naturalisasi Indonesia Ezra Walian hanya duduk di bangku cadangan selama 90 menit penuh.


8. Sandy Walsh (SV Zulte-Waregem)

Sady Walsh saat bermain di Zulte Waregem melawan Anderlecth

Pemain berdarah Belanda-Indonesia, Sandy Walsh, berhasil membawa timnya, SV Zulte-Waregem meraih kemenangan 2-0 atas Sporting Club Lokeren di pekan ke-30 Liga Utama Belgia. Sandy sendiri bermain 90 menit penuh sebagai bek kiri.


9. Joey Suk (Go Ahead Eagles)

Joey Suk pemain naturalisasi yang ingin membela Timnas Indonesia.

Calon pemain naturalisasi Indonesia, Joey Suk, hanya bisa membawa tim Go Ahead Eagles bermain imbang mealwan AZII pada pekan ke-29 Eerste Divisie. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini bermain penuh dalam laga tersebut.

IndonesiaFerdinand SinagaEvan DimasAchmad JufriyantoIlham Udin ArmaiynDavid LalyAndik VermansahRudolf Yanto BasnaRyuji Utomo PrabowoBola InternasionalTerens Owang PuhiriEzra WalianTerens PuhiriSandy WalshJoey Suk

Berita Terkini