x

Setelah Egy Maulana Vikri, Indra Sjafri Siap 'Ekspor' Pemain Indonesia ke Polandia

Kamis, 15 Maret 2018 16:02 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi

Mantan pelatih Bali United, Indra Sjafri baru saja kembali dari Polandia untuk mendampingi Egy Maulana Vikri yang melakukan tanda tangan kontrak bersama klub Lechia Gdansk.

Dalam kesempatan itu, Indra dan juga rombongan Egy bertemu langsung dengan presiden klub, Adam Mandziara. Rupanya dalam pertemuan itu tidak hanya membahas soal karier Egy Mualana, tetapi juga pembinaan sepakbola jangka panjang. 

Baca Juga

1. Kerja Sama dengan Akademi Lechia Gdansk

Indra Sjafri dan Egy Maulana Vikri

Indra Sjafri menjelaskan jika ada kesepakatan kerja sama antara pihaknya,  dan akademi Lechia Gdansk untuk melakukan pembinaan pemain muda Indonesia terpilih di masa mendatang atau paling cepat satu tahun ke depan. 

"Saya berharap seperti itu juga (ada pemain lain yang menyusul Egy). Saya sedang membangun akademi dan akan kerjasama dengan akademi Lechia. Nanti kami akan kembangkan bagaimana untuk menyalurkan pemain saya ke sana. Mungkin tahun depan satu atau dua pemain kita pikir pantes kirim ke sana," beber mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 itu.


2. Memajukan Sepakbola Nasional

Indra Sjafri di Gdansk, Polandia

Keinginan Indra Sjafri itu tidak lepas dari usaha memajukan sepakbola nasional. Pasalnya belum lama ini ia telah meresmikan sekolah bola miliknya, yakni Indra Sjafri Football Academy yang menampung anak usia 12-16 tahun.

Melalui akademi tersebut, Indra Sjafri juga bermimpi membawa Indonesia tampil di Piala Dunia. Sehingga ia berharap para pemain yang lahir dari akademinya bakal membantu PSSI dalam membentuk Timnas Indonesia yang tangguh.

"Tidak sembarang pemain yang bisa masuk akademi ini. Harus berkualitas. Kami ingin pada Piala Dunia 2034, Indonesia bisa jadi tuan rumah. Pekerjaan ini kan tidak mungkin hanya dilakukan PSSI saja," tutup Indra terkait alasan mendirikan ademi tersebut.


3. Handal Orbitkan Pemain Muda

Indra Sjafri dalam preskon pengumuman pencopotan dari pelatih Timnas U-19.

Indra sjafri selama ini memang dikenal sebagai pelatih yang handal mengorbitkan pemain muda. Sebelum Egy Maulana Vikri yang dipoles di Timnas U-19, pelatih asal Padang, Sumatera Barat itu terlebih dahulu mengenalkan pemain bertalenta seperti Evan Dimas, Ilham Udin Armayn, Muhammad Hargianto, Zulfiandi, Paulo Sitanggang, Hansamu Yama, Yabes Roni dan masih banyak lainnya seperti  yang muda saat ini Witan Sulaiman dan kawan-kawan dari Timnas U-19.

Belum lama ini, Indra Sjafri juga mengatakan akan membawa satu pemain ke Eropa tepatnya Belanda atau Italia untuk diproyeksikan menjadi pemain berikutnya setelah Egy Maulana Vikri yang berkarir di Eropa.

Indra SjafriBola InternasionalEgy Maulana VikriLechia Gdansk

Berita Terkini