x

Esteban Vizcarra Resmi Naturalisasi, 3 Bintang Timnas Indonesia Ini Terancam Tergusur

Sabtu, 17 Maret 2018 07:26 WIB
Editor: Isman Fadil
Esteban Gabriel Vizcarra

Pesepakbola asal Argentina, Esteban Vizcarra yang saat ini memperkuat klub Liga 1, Sriwijaya FC, akhirnya berhasil merampungkan proses naturalisasi dan resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Pemain 31 tahun itu sudah menerima surat pemberitahuan dari Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Kabar tuntasnya proses naturalisasi Vizcarra disampaika langsung oleh Manajer Sriwijaya FC, Ucok Hidayat. Ucok mengatakan, surat yang menyatakan jika Vizcarra resmi jadi WNI itu diterima manajemen pada hari ini, Jumat (16/03/18).

"Semua proses sudah selesai dan Vizcarra sudah resmi menjadi WNI," ungkapnya.

Baca Juga

Vizcarra sendiri sudah memendam hasrat menjadi WNI sejak masih berseragam Arema FC. Namun baru setelah hijrah ke Sriwijaya musim ini, keinginan tersebut bisa terpenuhi berkat dukungan dari pihak klub.

Manajer Sriwijaya FC, Ucok Hidayat (kanan) berjabat tangan dengan Esteban Vizcarra.

Selain itu, Vizcarra juga sempat mengungkapkan keinginannya untuk berseragam Timnas Indonesia. "Ya ada keinginan (membela timnas), tapi saya sekarang fokus sama tim (Sriwijaya FC) dulu," ujar Vizcarra.

Pada Liga 1 2017, Vizcarra mencatatkan 29 pertandingan dan mencetak 7 gol untuk Arema FC. Andai Vizcarra diberikan kesempatan Luis Milla untuk memperkuat Timnas Indonesia, pastinya ada beberapa pemain yang menjadi langganan timnas bakal tergusur oleh kehadiran Vizcarra. Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT mengulasnya untuk pembaca setia.


1. Irfan Bachdim

Striker Timnas Indonesia, Irfan Bachdim saat men-dribble bola

Irfan Bachdim merupakan pemain andalan Bali United di Piala Presiden dan Piala AFC 2018. Pemain 29 tahun ini menjadi andalan Bali United di musim lalu. Di Liga 1 2017, Irfan membuat 30 pertandingan dan mencetak sembilan gol.

Namun menjelang musim ini permainan Irfan tampak menurun. Faktor cedera saat melawan usai bermain di kualifikasi Liga Champions Asia dinilai menjadi penyebabnya. Jika Irfan belum juga menemukan peforma terbaiknya, bukan tidak mungkin posisinya di timnas senior bakal digantikan Vizcarra.


2. Boaz Solossa

Striker Boaz Solossa menjadi salah satu pemain senior yang dipanggil Luis Milla untuk lawan Islandia. Foto: Herry Ibrahim

Selain Irfan, nama penyerang Persipura Jayapura, Boaz Solossa juga bisa saja tidak mendapatkan panggilan Timnas Indonesia. Pasalnya, pemain 32 tahun ini dinilai mengalami penurunan produktivitas gol di timnas maupun Persipura karena sudah termakan usia.

Terakhir, adik kandung Ortizan Solossa mencetak gol untuk Skuat Garuda pada saat Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam 2-1 di Piala AFF 2016.


3. Andik Vermansah

Andik Vermansah

Nama terakhir yang mungkin tergusur dari skuat Timnas Indonesia ialah Andik Vermansah. Pemain 26 tahun itu belum menunjukan peforma terbaiknya saat membela klub maupun timnas.

Di Liga Super Malaysia musim 2018, Andik belum mencetak sebiji gol pun maupun assists di 3 pertandingan bersama Kedah FA. Di level timnas, Andik sudah mengecap 12 pertandingan dengan torehan 2 gol dan assists

Namun sudah lama Andik tidak mencetak gol dan assists untuk timnas. Terakhir, mantan pemain Persebaya Surabaya membuat gol dan assists untuk timnas terjadi di Piala AFF 2016 lalu.       

Boaz SolossaIrfan BachdimAndik VermansahTimnas IndonesiaEsteban VizcarraLiga Indonesia

Berita Terkini