x

10 Pemain Asing Termahal di Liga 1 2018: Persib Mendominasi

Selasa, 20 Maret 2018 14:41 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Jaimerson da Silva Xavier, Ezechiel N'Douassel, dan Loris Arnaud.

Liga 1 2018 sebentar lagi akan bergulir, tepatnya pada 23 Maret 2018. Persiapan tim-tim peserta pun tidak main-main. Ke-18 klub peserta berlomba-lomba membangun skuatnya dengan pemain terbaik yang bisa mereka datangkan. 

Dalam beberapa tahun terakhir sepakbola Indonesia mengalami kemajuan dengan makin banyaknya sponsor yang bersedia mengucurkan dana investasi untuk klub-klub sepakbola. Walau kebanyakan hanya kerjasama jangka pendek, setidaknya ini sudah menjadi sinyal yang sangat bagus bagi modernisasi sepakbola Indonesia. 

Baca Juga

1. Kualitas Pemain Asing Meningkat

Ezechiel N'Douassel dan Jonathan Bauman.

Dengan kualitas klub dan liga yang terus meningkat, maka pemain-pemain yang direkrut pun semakin bagus, terutama para pemain asing. Di musim 2018 ini, PT LIB memberlakukan regulasi kuota empat pemain asing dengan komposisi tiga non-Asia dan satu pemain Asia. 

Seperti musim lalu, pemain asing yang didatangkan musim ini pun tak kalah berkualitas dan mahal. Jika musim lalu ada Michael Essien, Sissoko, hingga Didier Zokora, maka musim ini ada Marko Simic, Danny Guthrie, N'Diaye, Jonathan Bauman, Loris Arnaud, Jaimerson, hingga Milos Krkotic. 

Dua nama terakhir adalah pemain asing teranyar yang datang ke Liga 1 untuk pertama kalinya. Jonathan Bauman direktut oleh Persib, sementara Milos Krkotic oleh Bali United. Kedua pemain ini bahkan sampai harus mendepak bintang musim sebelumnya. Bauman 'menyingkirkan' Essien, sedangkan Milos sebagai pengganti Kevin Brands. 


2. Danny Guthrie

Danny Guthrie saat berseragam Newcastle.

Dari semua nama, Danny Guthrielah pemain termahal yang didatangkan musim ini. Merujuk situs Transfermarkt, mantan bintang Newcastle United yang kini membela panji Mitra Kukar itu dihargai 750 ribu euro atau jika dirupiahkan menjadi Rp 12,6 miliar.


3. Berikut ini adalah daftar 10 pemain asing bernilai pasar terbesar di Liga 1 musim 2018 versi situs Transfermarkt:

Jaimerson da Silva Xavier, Ezechiel N'Douassel, dan Loris Arnaud.
No Nama Pemain Klub Negara Nilai Pasar
1. Danny Guthrie Mitra Kukar  Inggris Rp 12,6 miliar
2.  Jaimerson Persija Jakarta Brasil Rp 11,8 miliar
3.  Ezechiel N'Douassel   Persib Bandung Chad Rp 11 miliar
4. Mahamadou N'Diaye Sriwijaya FC Mali Rp 8,7 miliar
5. Wiljan Pluim PSM Makassar  Belanda Rp 5,2 miliar
6. Loris Arnaud Persela Lamongan Prancis Rp 5,2 miliar
7. N'Guessan Yessoh PSMS Medan Pantai Gading Rp 5,2 miliar
8. Jonathan Bauman Persib Bandung Argentina Rp 5,2 miliar
9 Bojan Malisic Persib Bandung Serbia Rp 5 miliar
10. Milos Krkotic Bali United Montenegro Rp 4 miliar
Persib BandungPersija JakartaLiga IndonesiaEzechiel N'DouasselWillem Jan PluimDanny GuthrieJonathan BaumanMilos Krkotic.

Berita Terkini