x

Rekam Jejak Taufik Suparno, Pemain Keturunan Jawa di Timnas Singapura

Rabu, 21 Maret 2018 10:08 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala

Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Timnas Singapura U-23 dalam rangka persiapan menuju Asian Games 2018. Kedua tim akan saling bentrok di Stadion Nasional Singapura, Rabu (21/03/18) pukul 18.00 WIB. 

Timnas Indonesia sendiri mengincar kemenangan pada laga malam nanti. Selain itu, pelatih Luis Milla juga akan melakukan beberapa eksperimen di laga nanti. 

"Laga uji coba kali ini, kami ingin memenangkan pertandingan. Lalu kami ingin mencoba pemain yang menunjukkan performa bagus (saat pemusatan latihan), seperti Zulfiandi dan Irfan Jaya. Keduanya, kami akan berikan kesempatan lawan Singapura," kata Luis Milla usai latihan.

Baca Juga

Singapura yang berstatus tuan rumah juga tentu tak ingin kehilangan muka kala tampil di hadapan pendukung sendiri. Sejumlah pemain terbaik telah disiapkan pelatih Fandi Ahmad. Namun tak ada pemain berdarah Indonesia, Taufik Suparno. 

Taufik Suparno lahir dari pernikahan campuran antara seorang pria asal Indonesia (Jawa) dengan perempuan asli Singapura. Taufik sendiri memang sejak kecil tinggal di Singapura dan akhirnya membela Timnas Singapura. 


1. Mengawali Karier di Tampines Rovers

Penyerang Timnas Singapura keturunan Indonesia Taufik Suparno.

Taufik Suparno yang lahir pada 31 Oktober 1995 mengawali kariernya sebagai pemain profesional di klub Tampines Rovers. Sebelum berusia 16 tahun, Taufik Suparno menjadi bagian dari National Football Academy Singapura. 

Sempat bergabung dengan Young Lions, Taufik akhirnya kembali ke Tampines Rovers dan menjadi bagian Tampines saat melawan Bali United dan Persija di kompetisi Asia. 


2. Dipanggil ke Timnas Singapura

Penyerang Timnas Singapura keturunan Indonesia Taufik Suparno.

Taufik Suparno pertama kali dipanggil ke Timnas Singapura di usia 20 tahun. Pelatih Timnas Senior Singapura saat itu, Bernd Stange, memanggil Taufik untuk memperkaut Timnas Singapura.

Taufik menjadi bagian Timnas Singapura di kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Jepang dan Suriah. Namun, ia tak diturunkan dalam dua pertandingan itu. 


3. Sultan Selangor Cup

Stadion Singapore National

Taufik Suparno yang biasa berposisi sebagai penyerang juga kembali dipanggil ke Timnas Singapura pada bulan Mei 2017 lalu. Saat itu, ia menjadi bagian skuat Singapura untuk turnamen Sultan Selangor Cup. 


4. SEA Games 2017

Bendera Singapura.

Pada perhelatan SEA Games 2017 lalu, nama Taufik Suparno menjadi satu dari 20 nama skuat Timnas Singapura U-23. 

Namun dari empat pertandingan yang dijalani Timnas U-23 Singapura di Grup A. Taufik Suparno hanya diturunkan satu kali.  

Uji CobaIndonesia U-23SingapuraSingapura U-23Bola InternasionalTaufik Suparno

Berita Terkini