x

Singapura U-23 0-3 Timnas U-23: Garuda Muda Pecundangi Tuan Rumah

Rabu, 21 Maret 2018 20:26 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Juni Adi
Singapura U-23 vs Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 berhasil pecundangi lawannya Singapura U-23 di pertandingan uji coba, pada Rabu (21/03/18). Bermain di Stadion Nasional, Singapura, tim asuhan Luis Milla tampil perkasa.

Tak tanggung-tanggung, tim berjuluk Garuda Muda tersebut berhasil mengalahkan tuan rumah dengan skor 3-0. Febri Haryadi tampil sebagai bintang lapangan dengan memberikan satu gol spektakuler dan satu asisst.

Baca Juga

1. Babak I

Febri Hariyadi dalam balutan seragam Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia U-23 langsung mengambil inisiatif untuk menekan lini pertahanan Singapura sejak menit awal pertandingan. Meski bermain di markas Singapura, tak membuat mental para pemain Indonesia menurun.

Tim besutan Luis Milla itu memanfaatkan sisi sayapnya untuk membongkar lini pertahanan tim tuan rumah. Mengingat, Singapura hanya memainkan tiga pemain di pos pertahanan mereka pada laga ini.

Sayangnya, sejumlah serangan Indonesia masih belum mampu menemui sasaran hingga pertandingan memasuki menit ke-15. Beberapa percobaannya masih membentur pemain bertahan Singapura.

Pada menit ke-17, barulah Tim Garuda Muda mendapatkan tendangan ke arah gawang. Febri Haryadi yang menjadi pertama dalam mengancam gawang tim tuan rumah melalui sepakan keras jarak jauhnya. Namun usahanya hanya berbuah sepak pojok.

Peluang emas didapatkan Ezra Walian pada menit ke-24, di mana dirinya berlari bebas dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper lawan. Namun tendangannya masih bisa dihalau dengan kaki kiper Zharfan Rohaizad.

Ezra Walian kembali melakukan percobaannya sepuluh menit berselang. Kali ini melalui tandukkannya usai memanfaatkan umpan dari I Putu Gede. Namun sundulan Ezra masih mudah diantisipasi dengan baik oleh kiper lawan.

Sebelum turun minum, Indonesia berhasil merobek jala gawang Singapura lewat gol spektakuler Febri dari luar kotak penalti. Setelah menipu satu pemain lawan, Febri langsung meluncurkan tembakan keras yang tak terbendung. Namun, hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama usai, skor 1-0 bertahan hingga turun minum.


2. Babak II

Ilustrasi jersey Timnas Indonesia.

Unggul satu gol di babak pertama, tak membuat Indonesia mengambil inisiatif bertahan. Muhammad Hargianto dan kawan-kawan tetap menampilkan permainan menyerang.

Beberapa percobaan Tim Garuda Muda akhirnya berujung manis pada menit ke-51. Kali ini giliran Hargianto yang memperlihatkan tendangan fantastisnya dari luar kotak penalti. Tendangan kerasnya itu pun membawa Indonesia unggul 2-0 atas Singapura.

Indonesia kembali menambah pundi-pundi golnya melalui kaki pemain pengganti Septian David Maulana. Momen itu bermula dari kecepatan solo run Febri Haryadi dari sisi kiri dan melakukan penetrasi ke lini tengah.

Ia pun memberikan umpan terukur kepada David Maulana, yang tidak mendapatkan pengawalan ketat. Alhasil, David Maulana berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 untuk kemenangan Indonesia.

Serangan Indonesia memang cukup mematikan dari sisi kiri lapangan, di mana Febri selalu merepotkan pemain bertahan Singapura. Beberapa pemain tim tuan rumah tak mampu menandingi kecepatan Febri.

Tim Garuda Muda tetap melancarkan serangan sebelum pertandingan usai. Sayangnya, mereka gagal memanfaatkan peluangnya dan tak mampu menambah keunggulannya hingga peluit panjang tanda berakhirnya laga.


3. Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-23 dalam sesi latihan di Singapura.

Indonesia (4-2-3-1)

Awan Setho; I Putu Gede, Andi Setyo, Ricky Fajrin, Rezaldi; Hargianto (C), Zulfiandi; Osvaldo Haay, Saddil Ramdani, Febri Haryadi; Ezra Walian.

Pelatih: Luis Milla

Singapura (3-4-3)

Zharfan; Shahrin, Illyas (C), Faizal; Zulqarnean, Umar, Hami, Syahrul; Justin; Ikhsan, Naufal.

Pelatih: Fandi Ahmad

Timnas Indonesia U-23Singapura U-23Febri HariyadiBola InternasionalLiga IndonesiaMuhammad HargiantoSeptian David Maulana

Berita Terkini