x

Selain Andika Yudhistira, 3 Pesepakbola Indonesia Ini Pernah Terseret Kasus Pelecehan Seksual

Selasa, 27 Maret 2018 16:24 WIB
Penulis: Fery Andriawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Hilton Moreira, Greg Nwokolo dan Maldini Pali.

Dunia persepakbolaan Indonesia kembali dicoreng dengan aksi tidak terpuji dari salah satu eks pemain Timnas bernama Andika Yudhistira Lubis. Pesepakbola yang pernah berbaju PSMS Medan ini tertangkap hampir melakukan pemerkosaan terhadap wanita berinisial ABS.

Sebelumnya, Andika juga pernah ditangkap lantaran melakukan aksi kriminal lainnya, seperti tindak pidana pencurian, penipuan dan perampokan. Bahkan, pesepakbola yang telah pensiun ini pernah masuk ke dalam penjara dan dihukum selama Sembilan bulan.

Kasus yang membawa nama Andika Yudhistira ini bukanlah hal yang pertama kali terjadi di Indonesia. Sejak dulu, sudah ada beberapa nama atlit yang tertangkap oleh pihak yang berwenang dikarenakan hal serupa.

Siapa saja mereka? INDOSPORT akan membahasnya.


1. Hilton Moreira

Hilton Moreira saat latihan.

Pada tahun 2012 lalu, Hilton Moreira pernah terlibat kasus pelecehan seksual. Kala itu, pesepakbola asal Brasil ini masih memperkuat salah satu klub besar Indonesia, Sriwijaya FC.

Dilansir dari Liputan 6, Hilton harus berurusan dengan pihak kepolisian karena dituduh melakukan tindakan asusila terhadap salah satu pramugari di maskapai penerbangan terkemuka bersama dengan temannya yang bernama Leandro.

Menurut penuturan korban, tindakan itu terjadi di apartemen korban pelecehan di Apartemen The Colour, Modernland, Cikokol, Tangerang pada 20 Februari 2012. 

Namun dengan tegas Hilton membantahnya. Menurutnya saat itu ia bersama rekannya memang datang ke kamar pramugari berinisial LS lantaran diundang.

"Namun ketika melihat gelagat yang tidak beres dengan AZ yang diduga homoseks, saya dan dan teman langsung pergi. Setelah itu saya tidak tahu apa yang terjadi di apartemen tersebut."

"Bahwa saya mabuk dan melakukan pelecehan seksual adalah tak benar, karena saya tak sama sekali minum alkohol,” ujarnya seperti dilansir dari Republika.co.id


2. Greg Nwokolo

Greg Nwokolo.

Selain Hilton Moreira, pesepakbola naturalisasi Indonesia bernama Greg Nwokolo juga diduga terseret tindak pidana pelecehan seksual dengan penganiayaan.

Baca Juga

Pada tahun 2013 lalu, Greg masih berbaju Arema FC. Ia diketahui melakukan hal tidak terpuji kepada seorang wanita bernama Rahelia Gaby. Menurut pengakuan sang perempuan, ia sempat dianiaya sebelum pemerkosaan itu terjadi.

Namun, pemain kelahiran Nigeria tersebut membantah keras pernyataan dari Rahelia Gaby. Ia mengatakan, “Tuduhan itu (penganiayaan) tidaklah benar dan hanya fitnah atau kabar bohong”, ujar Greg yang saat ini berkostum Madura United, seperti yang dilansir dari website resmi Arema FC.


3. Tiga Pemain Sriwijaya

Maldini Pali.

Skandal pelecehan seksual juga pernah menimpa tiga pesepakbola asal klub Sriwijaya FC pada tahun 2017 lalu. Mereka adalah Marco Sandy, Maldini Pali dan Hendra Sandi Gunawan seperti dilansir dari Palembang Express.

Menurut laporan pihak kepolisian, ketiganya diduga terlibat aksi tidak terpuji terhadap seorang wanita berinisial IT. Korban mengatakan jika kejadian bermula di sebuah hotel di Ilir, Palembang. Beruntung bagi para pemain karena kasus itu berujung dengan damai.

Greg NwokoloSriwijaya FCMaldini PaliHilton MoreiraLiga IndonesiaArema FC

Berita Terkini