x

Tak Ada Wasit Inggris, FIFA Umumkan 36 Wasit Piala Dunia 2018

Jumat, 30 Maret 2018 09:24 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Logo Piala Dunia Rusia 2018.

Otoritas sepakbola dunia, FIFA, Jumat (30/03/18) menungumumkan 36 nama wasit dan 63 asisten wasit yang akan memimpin 64 pertandingan yang akan berlangsung di Piala Dunia 2018 Rusia musim panas nanti.

Yang mengejutkan adalah, dari daftar nama wasit yang akan memimpin Piala Dunia di Rusia nanti, tidak ada nama wasit asal Inggris.

Baca Juga

1. Eropa Terbanyak

UEFA.

Komposisi 36 wasit tersebut terdiri dari 10 wasit berasal dari Eropa, enam dari Afrika, enam dari Asia, enam dari Amerika Utara, Enam dari Amerika Selatan dan dua dari Oceania.

Memiliki kuota terbanyak, wasit dari Eropa berasal dari negara-negara seperti Belanda, Rusia, Turki, Spanyol, Serbia, Prancis, Slovenia, termasuk juga tiga negara yang sudah menggunakan Video Assistant Reffree (VAR) pada kompetisinya yaitu Jerman, Italia dan Polandia.


2. Tidak Ada Wasit Inggris

Wasit asal Inggris, Mark Clattenburg.

Yang menarik dari apa yang diumukan FIFA, tidak terselip satupun nama wasit maupun asisten wasit yang berasal dari Inggris. Hal tersebut merupakan pertama kalinya terjadi sejak terakhir di Piala Dunia 1938.

Sebenarnya ada nama wasit asal Inggris Mark Clattenburg yang sempat masuk nominasi FIFA untuk menjadi salah satu pengadil di Rusia nanti.

Terlebih reputasi Clattenburg di kancah internasional sudah tidak bisa dipandang sebelah mata. Wasit yang terkenal kontrovesial di Liga Primer Inggris itu tercatat pernah memimpin laga puncak Final EURO 2016.

Namun nama Clattenburg  akhirnya terpental, lantaran dirinya memilih untuk meninggalkan tugasnya di Liga Primer Inggris untuk menjadi direktur wasit di kompetisi sepakbola Arab Saudi.

Asosiasi sepakbola Inggris, FA sempat mengajukan nama lain untuk menggantikan Clattenburg. namun permintaan itu ditampik langsung oleh FIFA.


3. VAR

Wasit dan VAR

Total 99 ofisial pertandingan yang terpilih tersebut dalam waktu dekat diharuskan menghadiri dua minggu seminar persiapan di pusat teknis Federasi Sepakbola Italia (FIGC) di Coverciano.

Hal tersebut dilakukan salah satunya untuk memberikan para wasit pelatihan penggunaan VAR.

Seperti diketahui sebelumnya, Presiden FIFA, Gianni Infantino telah mengumumkan bahwa VAR akan secara resmi digunakan di Piala Dunia 2018, sekalipun masih ada pro kontra di belakangnya.

RusiaPiala DuniaPiala Dunia 2018WasitBola InternasionalVideo Assistant Referees (VAR)

Berita Terkini