x

PSM 2-3 Persela: Stadion Andi Mattalata Jadi Saksi Bisu Kekalahan Perdana Juku Eja

Jumat, 6 April 2018 20:46 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
PSM Makassar vs Persela Lamongan.

Rekor kemenangan beruntun PSM Makassar akhirnya terhenti. Sialnya, rekor tersebut gagal berlanjut ketika mereka bermain di kandang sendiri, yakni Stadion Andi Mattalata pada paken ketiga Liga 1 2018.

Bermain selama 90 menit, armada Juku Eja harus menyerah dengan skor 2-3 oleh sang tamu, Persela Lamongan.


1. Babak Pertama

Skuat Persela Lamongan.

Bermain di hadapan publik yang didominasi pendukung PSM Makassar ternyata tidak menyurutkan mental menyerang penggawa Persela Lamongan.

Malahan sejak wasit menitup peluit dimulainya babak pertama, Laskar Joko Tingkir sudah mendominasi penguasaan bola. Hasilnya, cukup delapan menit saja mereka berhasil unggul atas PSM.

Berawal dari penetrasi Diego Assis di sisi kanan gawang PSM, dengan cerdik ia melepaskan umpan di depan kotak penalti. Loris Arnaud yang lepas dari penjagaan pun dengan mudah menyundul bola ke dalam gawang. Skor 1-0, Persela unggul atas PSM.

Baca Juga

Tertinggal lebih dulu dari tim tamu ternyata membuat pertahanan PSM semakin tidak terarah. Terbukti, di menit ke-26, Rivky Mokodompit kembali memungut bola dari gawangnya sendiri.

Kali ini gol Persela datang dari sepakan keras kaki kiri Shohei Matsunaga, setelah menerima umpan mendatar dari Diego Assis. Skor 2-0, Persela semakin unggul atas PSM.

Di masa injury time babak pertama, PSM sempat memperkecil ketertinggalannya setelah Marc Klok yang menjadi eksekutor tendangan bebas melepaskan tembakan yang langsung masuk ke gawang Persela.

Skor 2-1 untuk keunggulan Persela tetap bertahan hingga akhir 45 menit babak pertama.


2. Babak Kedua

Selebrasi dari gelandang serang PSM Makassar, Zulham Zamrun.

Sekembalinya dari ruang ganti, Persela yang masih unggul kembali menunjukkan permainan menyerang yang merepotkan lini pertahanan skuat besutan pelatih Robert Rene Alberts.

Hanya butuh 17 menit bagi Persela untuk kembali memperlebar keunggulannya atas tuan rumah. Shohei Matsunaga kembali sukses mencatatkan namanya di papan skor.

Menjadi eksekutor tendangan bebas, tendangan Shohei sebenarnya tidak terlalu keras dan arahnya sudah terbaca. Hanya saja Mokodompit melakukan kesalahan dengan mencoba menghalau menggunakan kaki. Tindakannya itu pun berujung pada bola masuk ke dalam gawang.

Tidak mau menanggung rasa malu di hadapan publik sendiri, PSM mencoba mengarahkan sisa-sisa tenaganya untuk setidaknya bisa membuat laga berakhir imbang.

Di menit ke-77, Zulham Zamrun yang mendapat umpan terobosan mencoba melakukan tendangan spekulasi yang ternyata tidak mampu dihalau dengan baik oleh kiper Dwi. Skor menjadi 2-3, Persela tetap ungul.

Upaya PSM untuk bisa menyamakan kedudukan pun harus pupus setelah wasit meniup peluit panjang. Persela sukses meraih kemenangan perdananya di kompetisi Liga 1 2018.


3. Susunan Pemain

Pemain PSM Makassar saat berlatih.

PSM Makassar (4-4-2): Rivky Abdul, M. Fauzan, Zulkifli, Paulle, Asnawi, Pellu, Pluim, Klok, Rahmat, Guy.
Cadangan: Shahar, Hendra, Hasim, Zulham, Rasyid, Ferdinand Arsyad.
Pelatih: Robert Rene Alberts.

Persela Lamongan (4-5-1): Dwi, Wallace, Samsul, Arif, Birrul, Syahroni, Guntur, Baasith, Shohei, Diego, Loris.
Cadangan: Ridwan, Eky, Jodi, Fahmi, Sendy, Sugeng, Ghifari.
Pelatih: Aji Santoso.

Persela LamonganPSM MakassarReviewLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini