x

Pantang Menyerah, Ini 4 Tim yang Menciptakan Comeback di Liga 1 2018

Senin, 9 April 2018 20:38 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Logo Liga 1.

Liga 1 2018 sudah berlangsung selama tiga pekan. Dan dalam empat pertandingan yang sudah dijalani masing-masing tim, tidak ada satupun tim yang berhasil meraih poin sempurna.

Persipura yang kini memimpin klasemen dengan tujuh poin misalnya, pernah mengalami satu hasil imbang dengan dua lainnya berujung kemenangan.

Baca Juga

Fakta tersebut, setidaknya menunjukan harapan besar bahwa kompetisi Liga 1 musim ini akan berlangsung lebih kompetitif. Belum laga fakta bahwa dalam beberapa pertandingan terjadi persaingan yang sengit.

Beberapa tim menunjukan semangat pantang menyerah dengan mampu membalikkan keadaan setelah sempat tertinggal. Beberapa tim tersebut bahkan melakukannya saat menghadapi lawan yang unggul di atas kertas.

Berikut INDOSPORT merangkum beberapa partai yang menyajikan comeback gemilang di Liga 1 musim ini.


1. Sriwijaya 3-1 Persib Bandung

Situasi pertandingan Sriwijaya FC vs Persib Bandung.

Pada pertandingan pekan kedua, Minggu (01/04/18) tersaji laga besar mempertemukan Sriwijaya FC menghadapi Persib Bandung.

Sriwijaya yang berlaku sebagai tuan rumah, harus rela tertinggal lebih dahulu setelah penyerang Persib, Ezechiel N'Douassel berhasil mengelabuhi penjaga gwang Teja paku Alam sebelum dengan bebas melesatkan bola ke gawang.

Satu gol N'Douassel itu akhirnya membawa tim tamu menyudahi babak pertama dengan keunggulan. Namun di babak kedua semua berubah, baru dua menit berjalan, Esteban Vizcarra langsung membuat Sriwijaya menyamakan kedudukan lewat gol cantiknya dari luar kotak penalti.

Belum sempat mengambil nafas, Maung Bandung kembali harus merasakan pil pahit dua menit berselang. Markho Sandy berhasil membawa Sriwijaya berbalik unggul lewat lesatan kerasnya ke sudut sempit sisi kanan gawang Persib yang dikawal I Made Wirawan.

Asa Persib untuk meraih setidaknya satu poin dalam laga itu akhirnya pupus setelah Manu Dzhalilov mencetak gol ketiga Sriwijaya pada menit ke-66. Laga pun berakhir dengan kemenangan comeback Sriwijaya 3-1 atas Persib bandung.


2. PSMS 3- 1 Persija Jakarta

Duel udara antara Marko Simic dan Reinaldo Lobo.

Belum sekalipun mengantongi tiga poin di dua laga awal, PSMS harus kedatangan lawan tangguh dari Ibu Kota, Persija Jakarta.

Di atas kertas, skuat Djajang Nurdjaman kalah secara komposisi pemain tamunya tersebut. Meskipun begitu, PSMS mengawali laga dengan terus menekan Macan Kemayoran. Tim tamu yang tampil dengan mayoritas pemain terbaiknya kala itu bahkan sempat unggul pada menit ke-23 lewat sepakan voli Rohit Chand.

Lebih banyak diserang di babak pertama, Ayam Kinantan justru bisa menyuri dua gol memanfaatkan bola mati jelang babak pertama berakhir.

Pertama lewat gol bunuh diri Marko Simic pada menit ke-42, setelahnya di menit ke-44 giliran tandukan Reinaldo Lobo membuat Ayam Kinantan mengakhiri paruh pertandingan dengan keunggulan.

Comeback PSMS dalam laga itu semakin sempurna setelah kapten mereka kala itu, Suhandi berhasil menambah gol lewat aksi spektakuler di menit ke-54.

Suhandi yang berdiri di dalam kotak penalti, mendapatkan sodoran bola dari belakang. Masih membelakangi gawang, pemain 26 tahun itu sempat mengangkat bola sedikit ke atas sebelum menyudahinya dengan tendangan salto yang tak terbendung penjaga gawang Persija Andritany. PSMS pun menag dengan skor 3-1.


3. Persebaya 1-2 Barito Putera

Situasi pertandingan Persebaya Surabaya vs Barito Putera.

Menghadapi klub yang diasuh legenda hidup Persebaya, Jackson F. Tiago, Bajul Ijo berambisi meraih poin penuh di kandangnya sendiri.

17 menit pertandingan berjalan, mereka sudah mampu unggul lewat lesatan gol Abu Rizal Maulana.

Bermain dalam dukungan ribuan bonek yang memadati stadion Gelora Bung Tomo, Barito Putera yang belum sekalipun meraih kemenangan di dua laga awal Liga 1 ternyata mampu tampil menyerang usai tertinggal.

Menit ke-27, legiun asing mereka, Douglas Packer berhasil membuat klub asal Kalimantan itu menyamakan kedudukan 1-1 hasil yang akhirnya bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, alih-alih kembali unggul, Persebaya justru harus merasakan kekalahan di kandang sendiri. Laskar Antasari mampu melakukan comeback pada menit ke-70 lewat mantan pemain Timnas Indonesia U-19 Paulo Sitanggang.

Di sisa pertandingan, Bajul Ijo memang lebih sering melancarkan serangan, namun sayang, pertahanan rapat Barito berhasil menggagalkan semua peluang yang tercipta. Persebaya pun harus merasakan kekalahan akibat comeback Barito dengan skor 1-2.


4. Borneo FC 2-1 Arema FC

Borneo FC vs Arema FC

Terakhir adalah Borneo FC tatkala menjamu Arema FC di Stadion Segiri, sebagai laga terakhir Gojek Liga 1 2018 pekan ketiga. Dalam laga yang tersaji pada Senin (09/04/18) sore ini, terdapat aksi comeback yang dilakukan klub yang dimiliki oleh Nabil Husein tersebut.

Di pertandingan tersebut, Singo Edan sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Thiago Furtuoso  pada menit 34. Arema unggul 1-0 hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, permainan skuat Dejan Antonic lebih terbuka. Hal tersebut terbukti dengan dua gol yang berhasil mereka lesakkan lewat sepakan Titus Bonai pada menit 58 dan Lerby Eliandry pada menit 70. 

Persebaya SurabayaPersib BandungPersija JakartaSriwijaya FCPSMS MedanLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini