x

Pemain Asing JDT Sebut Jakmania Jadi Sumber 'Masalah'

Rabu, 11 April 2018 11:02 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Marko Simic mendapatkan tarikan dibajunya saat menggiring bola.

Dukungan langsung dari puluhan ribu Jakmania di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta pada Selasa (10/04/18) membuahkan hasil positif. Tim kebanggaan mereka, Persija Jakarta sukses mencukur tim tamu, Johor Darul Takzim (JDT) dengan skor telah 4-0 di babak penyisihan Grup H Piala AFC.

Kehadiran Jakmania tersebut tentu saja menjadi pelecut semangat bagi pemain Macan Kemayoran. Terbukti kebisingan mereka mampu memecah konsentrasi pemain JDT khususnya di 20 menit awal babak pertama, hingga berujung tiga gol Marko Simic di menit ke-8, 12 dan 19. 

Baca Juga

1. Pujian untuk Jakmania

Koreo The Jakmania di SUGBK.

Hal itu sudah diakui oleh gelandang JDT, Harris Harun. Pemain asing JDT asal Singapura itu mengatakan riuhnya Jakmania menciptakan sebuah 'masalah' untuk timnya lantaran membuat komunikasi antar pemain tidak berjalan efektif. 

Meski demikian, Harris tetap melontarkan pujian terhadap Jakmania karena mereka menghidupkan atmosfer pertandingan dan menjadikan laga kemarin malam jadi salah satu yang laga terbaik yang pernah dijalani.  

"Atmosfer Jakmania memang mantap dalam pandangan kita. Kita memang sempat gak dengar suara satu pemain dengan lainnya di 5-10 menit awal (akibat riuhnya stadion), jadi bagi kita atmosfer mantap di sini," tuturnya seraya tersenyum usai laga malam tadi.


2. Cetak Rekor Penonton

The Jakmania Gelora Bung Karno

Apa yang disampaikan Harris Harun memang benar adanya. Selama 90 menit, Stadion GBK seolah tak pernah hening dari nyanyian dan teriakan yel-yel Jakmania. Bahkan, kehadiran Jakmania tersebut membuat Persija memecahkan dan menorehkan rekor baru di Piala AFC.

Jumlah penonton yang hadir di GBK saat Persija vs JDT diketahui jadi yang terbanyak sepanjang gelaran Piala AFC. Catatan itu sekaligus mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang pada laga final edisi 2010 antara Qadsia SC melawan Al Ittihad yang ditonton 58.604 orang.

Menurut laporan panitia pelaksana pertandingan, Jakmania yang membanjiri Stadion GBK kemarin malam adalah sekitar 60.157. Hal ini sekaligus menempatkan Persija sebagai klub yang memiliki basis fans terbesar di Piala AFC.

Selain rekor yang luar biasa, Jakmania juga memberikan tontonan menarik pada laga malam ini. Mereka melakukan koreografi 3D dengan logo macan yang menggambarkan kekuatan dan keberingasan Macan Kemayoran.Di samping gambar macan tampak percikan api dan tulisan now you see me yang seolah menunjukkan kekuatan Persija dan Jakmania yang sebenarnya.


3. Fan Malaysia Terpukau

Riko Simanjuntak, gelandang sayap Persija Jakarta.

Melihat koreografi 3D di tribune Stadion Utama Gelora Bung Karno, salah satu akun suporter Malaysia bernama @malayantiger.my. Akun tersebut bahkan terkagum-kagum dan tak sungkan bilang hebat.

"3D Koreo by The Jak Mania. Superb," tulis akun tersebut disertai emoticon api.

Persija JakartaBola InternasionalJohor Darul Ta'zimPiala AFC 2018

Berita Terkini