x

Pastikan Gelar, Man City, Barca, PSG dan Juventus Butuh Berapa Kemenangan?

Jumat, 13 April 2018 16:01 WIB
Editor: Gerry Crisandy
Mengukur peluang juara empat pemuncak klasemen liga top Eropa.

Bayern Munchen menjadi kubu pertama di lima liga top Eropa yang berhasil meraih gelar juara.

Kemenangan 4-1 saat mengunjungi Augsburg, Bayern menambah panjang dominasi domestiknya menjadi titel Bundesliga keenam beruntun.

Dengan lima laga tersisa, Bayern dapat mengalihkan fokusnya pada dua kompetisi lainnya: Liga Champions Eropa dan DFB Pokal.

Lalu bagaimana dengan pemuncak-pemuncak klasemen lainnya? Berikut INDOSPORT mengestimasi peluang dan kemungkinan-kemungkinan juara tim-tim yang berada di baris teratas tabel liga-liga domestik Eropa.

Baca Juga

1. Liga Primer Inggris -- Manchester City

Manchester City saat ini memimpin 13 poin di puncak klasemen Liga Primer Inggris.

Kekalahan Manchester City dari sang rival sekota, Manchester United, merusak pesta kepastian gelar Liga Primer Inggris di Etihad. 

Sempat unggul dua gol terlebih dahulu, The Citizens hanya mampu tertunduk saat dua gol Paul Pogba dan gol pembalik kedudukan Chris Smalling mengunci tiga poin untuk tim tamu.

Dengan selisih 13 poin dengan enam laga tersisa, Manchester City harus memenangkan tiga pertandingan berikutnya -- Tottenham Hotspur (A), Swansea (H) dan West Ham (A) -- untuk memastikan gelar juara -- dengan mengandaikan The Red Devils juga menyapu bersih laga-laganya.

Kemenangan di Etihad melawan The Hammers pada 29 April mendatang berpotensi besar menjadi pengunci titel anak-anak asuh Pep Guardiola musim ini.


2. La Liga Spanyol -- Barcelona

Barcelona berjarak 11 poin dari posisi kedua, Atletico Madrid.

Barcelona saat ini memimpin 11 poin dari Atletico Madrid di peringkat dua dengan tujuh pertandingan untuk dimainkan.

Untuk memastikan titel juara, seandainya Atletico Madrid juga memenangkan seluruh laga tersisa, Barcelona harus meraup poin penuh di empat laga berikutnya.

Hal tersebut tentu tidak mudah, sebab di laga keempat, Barcelona harus menjalani laga bertajuk 'El Clasico' melawan musuh bebuyutan, Real Madrid, pada 6 Mei. Tiga lawan lainnya adalah Valencia (H), Celta Vigo (A) dan Deportivo La Coruna (A).

Seandainya Barcelona gagal melewati jegalan Los Blancos, Barcelona terpaksa memastikan gelar di laga kandang melawan Villareal tiga hari berselang. 

Sebaliknya, Blaugrana juga berpeluang memastikan titel di hadapan Real Madrid bila berakhir sebagai pemenang di peluit akhir.


3. Ligue 1 Prancis -- Paris Saint-Germain

PSG dapat memastikan gelar Ligue 1 Prancis pada laga berikutnya melawan AS Monaco.

Di enam laga tersisa, pemuncak klasemen Ligue 1 Prancis, Paris Saint-Germain, berada 14 poin dari AS Monaco.

Dengan fakta bahwa PSG akan berhadapan dengan Monaco di laga berikutnya pada 16 April di Stadion Parc des Princes. Pertemuan ini dapat menjadi perayaan gelar liga domestik Les Parisiens, merebut gelar yang sebelumnya berada di tangan Monaco.

Seandainya menelan kekalahan, PSG harus memenangkan bentrokan-bentrokan melawan Caen (A), Bordeaux (A) dan Guingamp (H) untuk membuat posisinya tak terkejar -- bila Monaco juga memenangkan tiga laganya.


4. Serie A Italia -- Juventus

Mengalami perlawanan kuat dari Napoli, Juventus sepertinya terpaksa baru dapat memastikan gelar di laga akhir.

Sedikit mengejutkan, persaingan terketat untuk gelar jawara lima liga top Eropa, berada di Serie A Italia.

Empat poin adalah ruang yang membatasi pemuncak klasemen dengan Napoli, dengan tujuh laga masih harus dijalani.

Juventus dan Napoli masih akan saling berhadapan di Allianz Stadium pada 23 April mendatang. Selain itu keduanya juga masih dinanti oleh lawan-lawan berat lainnya.

Juventus masih harus menyambangi Inter Milan (A) dan AS Roma (A), sementara Napoli akan melewati AC Milan (A) dan Fiorentina (A).

Dengan keadaan saat ini, pertemuan keduanya akan memegang peranan penting dalam hasil perebutan Scudetto. Jangan heran bila perebutan gelar akan terus berkecamuk hingga laga terakhir pada 21 Mei mendatang.

Manchester CityBarcelonaLaLiga SpanyolSerie A ItaliaParis Saint-GermainJuventusLigue 1 PrancisLiga Primer InggrisBola Internasional

Berita Terkini