x

5 Rekor Salah di Liga Primer Inggris yang Dipecahkan Musim 2017/18

Selasa, 17 April 2018 06:43 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Wallpaper Mohamed Salah.

Pada jendela transfer musim panas kemarin, Liverpool berhasil mengamankan jasa dari pemain serba bisa Mohamed Salah.

The Reds harus mengeluarkan uang sebesar 42 juta euro atau setara dengan Rp716 miliar untuk menjemput Salah dari AS Roma ke Anfield.

Hadirnya mantan pemain Chelsea ini benar-benar membuat permainan Liverpool di musim ini lebih atraktif dan jauh lebih garang dari musim-musim sebelumnya.

Berposisi sebagai gelandang serang, namun nyatanya pemain ber-KTP Mesir tersebut dapat juga berperan sebagai penyerang tunggal maupun penyerang sayap.

Menariknya lagi, meski baru menjalani musim debutnya bersama Tim Merseyside Merah di musim 2017/18 ini, Salah langsung dapat menyetel dengan taktik pelatih Jurgen Klopp.

Bahkan, Salah di musim ini tercatat sudah banyak memecahkan beberapa rekor. Apa sajakah itu? Berikut INDOSPORT memaparkannya sesuai yang dilansir SKA:

Baca Juga

1. Top Skor dari Mesir dalam Sejarah Liga Primer Inggris

Mohamed Salah, pemain bintang Liverpool.

Saat ini, Mohamed Salah telah mengemas 30 gol dari 32 pertandingan yang ia mainkan bersama Liverpool di Liga Primer Inggris.

Jumlah ini tidak hanya menjadikan Salah sebagai top skor sementara Liga Primer Inggris 2017/18, tetapi juga membuatnya menjadi sebagai pencetak gol terbanyak dari Mesir di sepanjang sejarah Liga Primer Inggris.

Torehan gol yang dicapai oleh Salah melampaui mantan pemain Timnas Mesir lainnya, Ahmed Hossam Hussein Abdelhamid atau lebih dikenal dengan nama Mido yang pernah bermain di Liga Primer Inggris dari tahun 2005 hingga 2010 lalu.

Mido, mantan striker asal Mesir yang pernah bermain bagi Tottenham Hotspur.

Selama 5 tahun di Liga Primer, Mido mampu mencetak 22 gol dari 92 pertandingan yang ia mainkan bersama empat klub yang berbeda.

Dengan kompetisi Liga Primer Inggris musim ini yang belum benar-benar berakhir, ditambah Salah masih dalam usia yang produktif, yakni 25 tahun, jelas Salah masih bisa menambah pundi-pundi golnya lebih banyak lagi.


2. Dominasi Pemain Terbaik Bulanan Liga Primer Inggris

Mohamed Salah terpilih jadi pemain terbaik Liga Primer Inggris bulan November 2017.

Di kompetisi Liga Primer Inggris, mereka sering memberikan penghargaan individu setiap bulannya, yakni pemain terbaik, pencetak gol terbaik, dan juga pelatih terbaik.

Nah, Mohamed Salah sendiri sudah meraih pemain terbaik bulanan Liga Primer Inggris atau lebih dikenal dengan nama Premier League Player of the Month sebanyak tiga kali.

Pertama kali, Salah mendapatkannya di bulan November 2017, lalu dua kali lagi ia dapatkan pada bulan Februari dan Maret tahun 2018 ini.

Lagi-lagi, Salah memecahkan rekor sebagai pemain yang mampu mendominasi raihan gelar individu tersebut lebih dari satu kali di satu musim.

Karena sejak gelar individu ini dimulai sejak Agustus 1994 silam, sampai kini belum ada pemain yang mendapatkan gelar tersebut lebih dari satu kali.

Sekedar informasi, gelar Premier League Player of the Month pertama kali diraih oleh legenda Timnas Jerman, Jurgen Klinsmann saat ia bermain bagi Tottenham Hotspur di musim 1994/95.


3. Pemain Kidal Tertajam

Mohamed Salah, pemain megabintang Liverpool.

Bisa dibilang pemain yang kidal atau mengandalkan kaki kirinya untuk menendang bola sangatlah langka, di Liga Primer Inggris sendiri sudah cukup banyak pemain yang berkaki kidal namun belum ada yang mampu mencetak banyak gol dalam satu musim.

Salah mampu mematahkan anggapan tersebut, di mana ia telah mencetak 22 gol dengan kaki kirinya.

Jumlah ini jelas lebih banyak dengan salah satu legenda Liverpool, Robbie Fowler yang mengemas 19 gol serta juga mantan penggawa Arsenal dan Man United, Robin van Persie yang mencetak 18 gol di musim 2012/13 dengan menggunakan kaki kirinya.

Robbie Fowler, mantan pemain  Liverpool.

4. Cemerlang di Musim Perdana

Fernando Torres, saat masih di Liverpool.

Sangat jarang ada pemain yang dapat langsung subur dalam mencetak gol saat menjalani musim perdana bersama klub barunya.

Karena pastinya mereka membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan kalaupun sukses, tentu sangat jarang juga ada yang bisa menyentuh angka dua digit yang mencapai lebih dari 20 atau 30 gol.

Hal ini justru berhasil kembali dipecahkan oleh mantan pemain Chelsea dan Fiorentina ini saat baru bermain bagi Liverpool di musim 2017/18 ini.

Sesuai data dari Transfermarkt, Salah saat ini sudah mencetak 40 gol dari 45 pertandingan yang ia mainkan bersama Liverpool di musim 2017/18.

Tentunya Salah masih bisa menambah jumlah golnya lebih banyak lagi, mengingat timnya masih bermain di 4 laga sisa Liga Primer Inggris 2017/18 dan 2 laga di semifinal Liga Champions, serta 1 laga lagi jika Liverpool sukses melaju ke babak final.

Tidak perlu membahas laga yang belum dimainkan Salah tersebut, jumlah gol yang dimilikinya saat ini saja sudah membuat ia tercatat sebagai pemain tersubur yang bermain di musim pertama bersama klub barunya.

Ia mampu melewati mantan pemain Liverpool, Fernando Torres yang mampu mencetak 33 gol di musim 2007/08 lalu.


5. Raja Gol Liverpool dalam Satu Musim

Mohamed Salah.

Masih dalam urusan mencetak gol, seperti yang telah disebutkan di atas, jumlah gol Salah di musim 2017/18 ini sudah mencapai angka 40 gol.

Lagi-lagi, Salah memecahkan rekor mantan pemain Liverpool, Robbie Fowler yang pernah menjadi raja gol Liverpool dalam satu musim di musim 1995/96.

Saat itu, Fowler mampu mengemas 36 gol di seluruh kompetisi dan 28 gol di Liga Primer Inggris. Jelas dua torehan gol Fowler untuk Liverpol di musim tersebut kini sudah dipecahkan oleh Mohamed Salah.

Apalagi, musim 2017/18 ini belum benar-benar berakhir dan Salah juga masih dalam keadaan yang sangat prima. Sehingga bukan tidak mungkin ia dapat kembali mencetak gol lebih banyak lagi.

LiverpoolChelseaFernando TorresLiga ChampionsRobin van PersieAS RomaMohamed SalahFiorentinaRobbie FowlerMesirLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini