x

Sanksi Denda Arema Terkait Kerusuhan Penonton Bisa Tembus Setengah Miliar Rupiah

Selasa, 17 April 2018 21:11 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Lanjar Wiratri
kerusuhan yang melibatkan oknum Aremania di akhir pertandingan Arema FC vs Persib.

Arema FC kini bersiap menunggu palu komisi disiplin PSSI terkait kerusuhan penonton dalam laga pekan keempat Liga 1 kontra Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan Malang, Minggu (15/04/18), malam lalu.

Baca Juga

Sanksi berat sudah pasti menimpa tim berlogo kepala singa itu, setelah terjadi penyerbuan suporter ke tengah lapangan untuk melakukan berbagai aksi kekerasan. Di akhir pertandingan, Aremania merangsek masuk dari segala penjuru stadion dan membuat situasi menjadi kacau tak terkendali.


1. Denda Setengah Miliar?

kerusuhan yang melibatkan oknum Aremania di akhir pertandingan Arema FC vs Persib.

Upaya mengejar para pemain dan wasit sampai ke ruang ganti tak berhasil, Aremania lalu melemparkan benda-benda yang ditemukannya untuk dilemparkan ke tribun VIP Stadion Kanjuruhan.

"Sanksi sudah pasti di depan mata. Semoga dengan sanksi ini menjadikan tim semakin siap menyambut tantangan lebih berat lagi ke depan," beber Media Officer tim, Sudarmaji.

Jika diperkirakan, denda terkait berbagai aksi Aremania bisa menembus setengah miliar rupiah. Hal itu jika merujuk Bab Kedua dalam Kode Disiplin PSSI 2018, yang mengatur tentang tingkah laku buruk penonton.


2. Rincian Perkiraan Denda 1

Aremania jadi korban akibat insiden yang terjadi di laga Arema FC melawan Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Kasus :

Penonton membakar kertas-kertas di berbagai penjuru stadion, serta menyalakan flare dan kembang api ketika laga berakhir. Aksi itu dilanjutkan dengan penyalaan smoke bomb saat berupaya mengepung anggota tim di pintu keluar saat akan meninggalkan stadion.

Jenis Tindakan :
Penggunaan benda-benda yang mengandung api atau dapat mengakibatkan kebakaran (kembang api, petasan, bom asap, flare dan sebagainya.

Sanksi :
Rp 200 juta untuk diatas lima kali penyalaan


3. Rincian Perkiraan Denda 2

Aremania jadi korban akibat insiden yang terjadi di laga Arema FC melawan Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Kasus :
Gagal merangsek ruang ganti tim, penonton di lapangan lalu melemparkan benda-benda apa saja yang dibawa dan ditemui. Tak hanya botol air mineral, suporter juga melemparkan sepatu, sandal hingga kertas menuju arah tribun VIP dan anggota keamanan.

Jenis Tindakan :
Kombinasi benda-benda dalam pelemparan misil meliputi botol minum atau kaleng minuman yang terisi maupun tidak terisi, gelas plastik atau kertas, batu atau benda keras lainnya.

Sanksi :
Rp 50 juta untuk satu sampai sepuluh benda yang dilemparkan


4. Rincian Perkiraan Denda 3

Insiden yang menimpa Mario Gomez di laga Arema FC vs Persib Bandung.

Kasus :
Serbuan suporter ke lapangan dari segala arah tribun stadion, sehingga menyebabkan satu menit sisa pertandingan tidak berlanjut setelah semua perangkat pertandingan dievakuasi ke ruang ganti.

Jenis Tindakan :
Memasuki lapangan permainan tanpa izin perangkat pertandingan panitia pelaksana.

Sanksi :
Rp 50 juta untuk dua sampai lima orang yang memasuki lapangan

Persib BandungLiga IndonesiaArema FCLiga 1

Berita Terkini